Panduan Penyedia Sarana dan Prasarana Pencegahan Covid-19 Selama PJJ

Semenjak munculnya Covid 19 menyebabkan banyak sekali dampak yang ditimbulkan akibat virus yang satu ini. Salah satunya adalah sistem pembelajaran anak-anak yang menjadi terganggu karena harus belajar dari jarak jauh. 

Banyak dari mereka yang kurang nyaman dalam sistem pembelajaran jarak jauh. Baik itu karena faktorpembelajaran yang tidak masuk dengan mudah, keuangan untuk membeli kuota internet, dan beberapa faktor lainnya. 

Meski begitu, semuanya sudah ditentukan oleh pemerintah dan harus mematuhi sistem pembelajaran dari jarak jauh. 

Namun dalam sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) juga harus dilaksanakan dengan baik secara maksimal. Hal tersebut guna mencegah terjadinya penularan Covid-19 supaya cepat usai berlalu. 

Berbagai macam sarana dan prasarana harus dipersiapkan, beberapa panduan untuk menyiapkan sarana dan prasarana Covid-19 adalah sebagai berikut! 

Belajar Dari Rumah 


Panduan Penyedia Sarana dan Prasarana Pencegahan Covid-19 Selama PJJ



Panduan belajar yang pertama adalah belajar dari rumah masing-masing para siswa dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. 

Siswa tidak boleh beribur ataupun keluar rumah selama pembelajaran berlangsung. Untuk sistem pembelajaran online di rumah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang sudah ada. 

Melalui sistem pembelajaran di rumah, akan lebih efektif guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. 

Untuk belajar di rumah, masing-masing siswa tetap diperintahkan untuk menggunakan seragam ketika pembelajaran online dilaksanakan. 

Supaya lebih efektif, anda bisa menyiapkan ruangan khusus untuk belajar online di rumah masing-masing. Dengan begitu, anda akan tetap fokus mendapatkan pelajaran yang diberikan oleh guru anda. 

Menggunakan Media Sebagai Sistem Pembelajaran 

Media yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh adalah smartphone, hal ini dikarenakan hampir setiap siswa memiliki smartphone untuk belajar dalam jarak yang jauh. 

Ada juga yang menggunakan komputer atau laptop dalam sistem pembelajaran jarak jauh yang dilakukan, biasanya para mahasiswa yang menggunakan media yang satu ini untuk sistem pembelajaran jarak jauh. 

Bagi anda yang menggunakan smartphone, pastinya dari masing-masing sekolah sudah memberikan arahan mengenai sistem pembelajaran yang harus dilakukan. 

Beberapa diantaranya memiliki nomor yang bisa dihubungi seperti nomor whatsapp, aplikasi untuk sistem pembelajaran online, dan lain sebagainya. 

Pembelajaran secara online akan bersifat sementara bilamana dampak yang ditimbulkan masih kurang efektif. Meski anda melakukan pembelajaran secara online, anda harus tetap mendengarkan perintah dari guru anda masing-masing. 

Jangan sampai anda menyepelekan akan hal tersebut. Anda akan tetap mendapatkan nilai dari setiap guru meski belajar secara online. 

Kuota Internet 

Belajar jarak jauh tentu membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli kuota internet. Tanpa adanya kuota internet, sistem pembelajaran tidak akan bisa berjalan dengan lancar. 

Tidak semua siswa memiliki kondisi yang baik dalam sistem pembelajaran yang dilaksanakan. Khususnya perihal ekonomi kedua orang tua mereka bilamana ada yang mengalami kekurangan. 

Pastinya akan keberatan apabilia tidak ada kuota internet yang dimiliki para siswa untuk mengikuti sistem pembelajaran secara online. 

Untuk itu, kuota internet sebaiknya disediakan dari pihak sekolah untuk mempermudah para siswa dalam menjalankan sistem pembelajaran secara online. 

Melihat kondisi pandemi yang belum usai sampai sekarang ini, anda harus tetap mengikuti peraturan yang ditentukan oleh pemerintah pusat. Tetap ikuti anjuran sistem pembelajaran jarak jauh dari sekolah masing-masing. 

Harapan besar bagi semua orang agar pandemic Covid-19 segera berakhir. Dengan begitu, sistem pembelajaran bisa terjadi seperti semula kembali di setiap sekolahan yang ditempati para siswa masing-masing. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terima kasih.