Manajemen dan Sumber Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19

Manajemen dan Sumber Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19



Sistem pembelajaran online sekarang sudah diterapkan dari rumah, dimana masing-masing siswa harus belajar dari rumah masing-masing dengan menggunakan media seperti smartphone, laptop atau media lainnya. 

Hal ini sudah ditetapkan oleh Kemendikbud mengingat adanya Covid-19 yang masih belum usai hingga sekarang ini. 

Belajar jarak jauh juga memiliki tujuan tersendiri, supaya siswa tidak sepenuhnya diliburkan atau tidak mendapatkan pelajaran sama sekali. 

Mereka akan tetap mendapatkan pembelajaran meskipun berada di rumah. Para siswa harus tetap mengikuti anjuran yang sudah ditentukan oleh Kemendikbud mengenai sistem pembelajaran yang dilakukan di rumah masing-masing. 

Manajemen dan Sumber Belajar Daring 


Dalam sistem pembelajaran yang dilakukan oleh para siswa terdapat manajemen yang harus dilakukan oleh pendidik kepada muridnya. Berikut manajemen yang harus dilakukan guru terhadap siswanya dalam sistem pembelajaran secara online: 

Memberikan Materi Pembelajaran Yang Efektif 


Guru harus memberikan materi pembelajaran yang efektif, meskipun melakukan sistem dari jarak jauh, peserta didik harus tetap mendapatkan pembelajaran yang efektif selayaknya seperti di sekolah. 

Hanya saja terdapat perbedaan dari cara mengajarnya saja yang disampaikan secara online melalui media yang digunakan oleh para siswa dan guru. 

Melakukan Interaksi Yang Baik 

Interaksi yang baik sangat diperlukan antara guru dan murid, hal ini ditujukan agar para siswa tidak bosan saat guru memberikan pengajaran secara daring. 

Banyak kejadian siswa yang tidur dan meninggalkan pelajaran akibat sistem pembelajaran yang dilakukan secara online. Guru harus bisa melakukan interaksi seefektif mungkin terhadap pendidiknya. 

Memberikan Tugas Kepada Para Peserta Didik 

Tugas yang diberikan kepada para peserta didik ditujukan agar siswa tetap belajar di rumah meskipun tidak menjalani pelajaran secara langsung di sekolah. 

Tugas diberikan melalui media masing-masing dan dikirimkan melalui media yang digunakan oleh para siswa. Akan tetapi, dalam pemberian tugas sebaiknya jangan terlalu berlebihan agar siswa tidak kesal akan pembelajaran secara online hanya karena tugas yang diberikan oleh pesertanya. 

Membantu Kebutuhan Peserta Didik 

Peserta didik mengalami masalah kendala untuk kuota yang harus dikeluarkan dalam sistem pembelajaran secara online. Apabila dari pihak pendidik mampu untuk memberikan kebutuhan para peserta didik bisa memberikannya. 

Kuota internet menjadi salah satu kendala yang menjadi keberatan para peserta. Apalagi jika kedua orang tua mereka mengalami kekurangan akan kuota internet yang dibutuhkan. 

Manajemen yang ditentukan oleh guru anda harus dipatuhi dengan baik supaya sistem pembelajaran yang dilakukan bisa berjalan secara efektif. 

Sistem pembelajaran modern ini juga sudah diatur dalam Pemendikbud no 22 tahun 2016 tentang standar proses dengan prinsip sebagai berikut! 
  • - Peserta didik dari diberi tahu menjadi peserta didik mencari tahu. 
  • - Dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar. 
  • - Dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah. 
  • - Dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasi kompetensi. 
  • - Pembelajaran parsial menuju terpadu. 
  • - Pebelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif. 
  • - Peningkatan dan kesemimbangan antara keterampilan fisikal. 
  • - Pembelajaran yang berlangsung di rumah, sekolah, dan di masyarakat. 
  • -Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran. 
Beberapa prinsip pembelajaran tersebut kini sudah berjalan. Anda harus bisa memanfaatkan sistem pembelajaran modern supaya kedepannya bisa menjadi lebih baik. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manajemen dan sumber belajar daring. Semoga bermanfaat untuk anda, terima kasih.