Apa itu Google Form, Bagaimana Cara Memanfaatkannya Untuk Guru?

Apa itu Google Form, Bagaimana Cara Memanfaatkannya Untuk Guru? Menanggapi arahan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk belajar dari rumah, berdasarkan hal tersebut maka sebagai pendidik sudah seharusnya mengetahui tata cara untuk mendidik walaupun tidak dilakukan dengan tatap muka.
Apa itu Google Form, Bagaimana Memanfaatkannya Untuk Guru?
Saat ini telah banyak berbagai platform online yang menyediakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh Pendidik atau Guru maupun Dosen sebagai Latihan Soal Online, Ujian Online, PR Online atau hal-hal lainnya.

Salah satu platform online yang akan kita gunakan saat ini adalah Google Form. Google Form atau yang disebut Google Formulir adalah alat yang berguna untuk membantu anda merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisin.

Kelebihan membuat soal ujian online dengan Google Formulir
Platform ini memiliki banyak fitur otomatis yang dapat kita manfaatkan, apa saja ?
  1. Google Formulir sudah menyediakan format pertanyaan (bentuk soal) baik itu soal pilihan ganda maupun soal essai.
  2. Google Form juga sudah menyediakan jawaban otomatis (soal kuis) benar atau tidaknya jawaban yang diisi siswa sehingga guru tak perlu repot memeriksa satu-persatu mana yang benar dan mana yang salah.
  3. Guru bisa menentukan skor/point dalam satu soal/pertanyaan.
  4. Dalam pembuatan soal, Anda bisa menambahkan gambar atau video.
  5. Bagaimana dengan huruf arab? bisa juga membuat soal dengan huruf arab.
  6. Hasil ulangan siswa secara otomatis disimpan dalam format exel melalui spreadsheet google. form. Guru tidak usah membuat format hasil nilai baru di excel.
Lantas bagaimana cara memanfaatkan Google Form bagi guru ? Akan kami share di artikel selanjutnya! Cek disini Tutorial Cara Membuat Latihan Soal atau Ujian Online SD SMP SMA SMK