Sekolah Online ? Ini List nya!

Sekolah Online, Bisa ? Ini List nya! - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjelaskan sejumlah daerah meliburkan sekolah karena khawatir dengan penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19 di wilayah masing-masing. Oleh karena itu, Mendikbud bekerja sama dengan berbagai pihak untuk pembelajaran secara daring.

Sekolah Online ? Ini List nya!

Beberapa pihak yang fokus mengembangkan sistem pendidikan secara daring adalah Google Indonesia, Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, dan Zenius. Kemendikbud sendiri memiliki portal belajar sendiri, yakni Rumah Belajar.

Berikut ini daftar situs web E-Learning yang bisa dimanfaatkan siswa selama sekolah diliburkan karena virus corona COVID-19. 
  1. Rumah Belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id 
  2. Google G Suite for Education: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/ 
  3. Kelas Pintar: https://kelaspintar.id 
  4. Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office 
  5. Quipper School: https://quipper.com/id/school/teachers/ 
  6. Sekolah Online Ruangguru Gratis: https://ruangguru.onelink.me/blPk/efe72b2e 
  7. Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas 
  8. Zenius: https://zenius.net/belajar-mandiri

Dalam pelaksanaan mengikuti program belajar di situs-situs online di atas, alangkah lebih baiknya Anda tetap menyesuaikan kegiatan belajar di rumah dengan program pembelajaran jarak jauh yang diterapkan dari sekolah anak Anda. Hal ini dikarenakan beberapa sekolah punya aturan main sendiri terkait kegiatan belajar mengajar di rumah yang perlu dipahami orang tua. Jadi, sesuaikan dengan kegiatan belajar jarak jauh anak Anda sebelum mengikuti kelas belajar online.