Inilah Waktu Efektif untuk Belajar

Cadiak.id - Beberapa minggu lagi mungkin teman-teman akan menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) atau Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Ujian Nasional (UN). Nah, biasanya banyak dari kita yang mengandalkan sistem kebut semalam. Tapi, perlu diperhatikan , bahwa kalau sistem belajar seperti itu sangat tidak efektif, karena justru keesokan harinya kita akan menjadi lupa dengan apa saja yang sudah kita pelajari semalam.

Waktu Efektif untuk Belajar

Dalam menghadapi SBMPTN, CPNS 2019, ataupun Ujian Nasional, kita harus bisa menggunakan waktu belajar seefektif mungkin agar mendaptkan hasil yang memuaskan, bukan untuk orang lain tetapi untuk diri kita sendiri, jangan terus-menerus menerapkan sistem kebut semalam jika ingin hasil yang terbaik.

Untuk melaksanakan hal tersebut kamu harus mengetahui waktu-waktu yang sekiranya efektif untuk belajar, jadi kamu bisa membuat jadwal kapan kamu harus belajar dan kapan waktunya kamu harus istirahat. Berikut ini waktu efektif yang bisa kamu terapkan untuk menghindari sistem belajar kebut semalam:
  1. 4 pagi – 6 pagi : Ini adalah waktu yang paling efektif untuk kamu mulai belajar, karena pada jam ini otak kita masih berfungsi 100%;
  2. 6 pagi – 7. 30 malam: Pada jam ini, otak kita hanya berfungsi sekitar 60%, karena sudah 13 jam kita gunakan untuk beraktifitas, pastikan untuk mengambil break 1 – 2 jam agar terhindar dari rasa capek dan jenuh;
  3. Di atas jam 7.30 malam: Pada jam ini sudah bisa dikatakan waktu yang kurang efektif untuk belajar, karena daya otak kita hanya berfungsi 20%, sudah waktunya untuk kita beristirahat.

Masih tertarik untuk belajar kebut semalam setelah tahu waktu-waktu efektif untuk kamu belajar? Semoga semakin semangat belajarnya ya!

Disadur dari laman https://indihomestudy.com/sample/news/details/1a26165c-9099-4e23-8390-6d72960ee09c