81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 UPDATE

Cadiak.id - Kementrian Pendidikan saat ini telah berhasil merancang dan menerbitkan Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018, buku ini diterbitkan dengan konstruksi Kurikulum 2013 yang diperbaharui terakhir tahun 2018. Buku ini terbagi atas 2 versi, yaitu versi siswa dan versi guru. Buku ini tersedia PDF yang berarti dapat dibaca tanpa perlu di cetak ataupun di fotocopy, guru dan siswa dapat membaca buku ini cukup dari smartphone masing-masing.

Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 UPDATE

Dalam disklaimer nya disampaikan bahwa Disklaimer: Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http:/./buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Buku siswa maupun buku guru dikembangkan dengan berdasar kepada asumsi bahwa belajar bahasa adalah bagaimana cara siswa membangun pengalaman baru di dalam kegiatan berbahasa dan bersastra berdasarkan pengalaman awalnya. Asumsi ini menekankan kepada prinsip bahwa sumber belajar bahasa yang otentik adalah pengalaman. Siswa akan belajar bahasa dengan baik jika yang dipelajarinya terkait dengan apa yang telah diketahuinya. Piaget, misalnya, melalui teori skemanya menjelaskan bahwa perkembangan intelektual anak mun cul melalui proses penciptaan pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan awal si anak. 

Buku teks pelajaran ini dirancang dengan berbasis teks dan pengalaman agar belajar bahasa Indonesia semakin meningkatkan kemampuan berbahasa dan bersastra melalui beragam teks. Untuk mendukung capaian tersebut buku ini juga dilengkapi dengan membiasakan siswa untuk membaca buku. Hal ini dimaksudkan agar literasi membaca tumbuh dengan baik. Para siswa harus tamat membaca buku paling sedikit 18 judul buku pengayaan (pengayaan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian), buku referensi, dan buku hasil penelitian. 

Materi yang akan dipelajari di kelas XII SMA/MA dan SMK/MAK sederajat meliputi surat lamaran, novel, editorial, dan artikel jurnal atau media Massa cetak. Di samping itu, terdapat materi berupa buku yang wajib dibaca siswa dan guru secara terprogram. 

Model penyajian buku menggunakan teks untuk tujuan-tujuan sosial dan fungsi komunikasi. Beberapa metode yang diterapkan di antaranya belajar berbasis metode ilmiah, belajar berbasis masalah, dan belajar berbasis tugas. Hal ini dimaksudkan agar isu-isu mutakhir kecakapan abad ke-21, 

Adapun detail terkait buku ini adalah sebagai berikut:
  1. Penulis: Maman Suryaman, Dr, M.Pd / Istiqomah, S.Pd., M.Pd. / Suherli, Prof, Dr, M.Pd.
  2. Editor: Yadi Mulyadi, S.S
  3. Penerbit: Buku Sekolah Elektronik (BSE)
  4. ISBN: 9786024271022
  5. Terbit: Juni 2018, 266 Halaman

Bagi guru dapat mendownload dan membaca Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 melalui tautan dibawah ini

Bagi siswa dapat mendownload dan membaca Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 melalui tautan dibawah ini:

Itulah ulasan dari kami mengenai buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 revisi 2018 tersebut, silahkan di download bagi yang membutuhkan semoga dapat bermanfaat! terimakasih.