81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Informasi Beasiswa Universitas Samudra Terbaru

Informasi Beasiswa Universitas Samudra Terbaru ini kami rangkum dari situs resmi kampus terkait. Akan tetapi, keterangan yang kami berikan mencakup beberapa hal. Baik itu dari segi jurusan, jalur penerimaan mahasiswa baru, dan juga ragam beasiswa yang disediakan oleh pihak kampus. Maka dari itu, akan sangat lebih baik jika anda menyimak rangkuman yang kami buat hingga paling akhir. Tujuannya ialah supaya informasi yang diperoleh tidak setengah-setengah.

Informasi Beasiswa Universitas Samudra Terbaru
Menurut yang kami lansir dari Wikipedia, Universitas samudra atau yang lebih dikenal dengan UNSAM (bisa pula disebut dengan Universitas Samudra Langsa), merupakan sebuah perguruan tinggi berkapasitas Negeri yang berlokasi di Kota langsa, Aceh, Indonesia. Diketahui, universitas ini mempunyai lima fakultas dan juga 25 macam program studi.

Beberapa diantara 5 fakultas tersebut diantaranya : Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Serta Fakultas Teknik. Jika dibahas lebih terperinci, berikut selengkapnya yang mungkin perlu diketahui :
  • Fakultas Ekonomi : Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan
  • Fakultas Hukum : Ilmu Hukum
  • Fakultas Pertanian : Budidaya Perairan, Agroteknologi, dan Agribisnis
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Sejarah, Geografi, Olah Raga, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan PGSD
  • Fakultas Teknik : Teknik Mesin, Sipil, Industri, Informatika, MIPA Matematika, Fisika, Kimia, Dan Biologi.

Sedangkan untuk seleksi jalur masuk, terdapat tiga jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Samudra (Unsam) dengan mekanisme seleksi yang berbeda. Jalur tersebut mencakup :
  • SNPTN : Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri diterapkan sebagai pengganti SNMPTN jalur undangan. Termasuk sebagai pola seleksi nasional berdasar pada nilai rapor dan prestasi yang dimiliki calon mahasiswa.
  • SBMPTN : Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dilihat secara teknis hampir sama dengan SNMPTN Jalur Ujian Tulis. Merupakan jalur yang menerapkan pola seleksi nasional dengan melihat hasil tes tertulis atau uji keterampilan.
  • SMMPTN : Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang berlaku untuk beberapa perguruan  tinggi di Indonesia Wilayah Barat, serta Perguruan Tinggi Swasta ternama di Indonesia.

Kembali pada topik yang kami tuliskan pada judul, apa saja jenis beasiswa yang didukung pada Universitas Samudra Langsa? Jika disimak pada website resmi, beasiswa yang disediakan ada tiga jenis. Pertama ialah bidikmisi, beasiswa PPA (peningkatan Akademik), dan juga beasiswa BBM. Keterangan singkatnya sebegai berikut :
  • BIDIKMISI merupakan jenis bantuan biaya pendidikan yang ditujukan bagi calon mahasiswa dari kalangan tidak mampu (ekonomi rendah/miskin).
  • Beasiswa PPA merupakan bantuan biaya yang diberikan pada peningkatan pemerataan dan kesempatan belajar. Tepatnya bagi para sarjana yang ingin menempuh jenjang sekolah yang lebih tinggi.
  • Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) ialah biaya yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik namun kurang mampu dari segi pembiayaan.

Untuk info lebih lengkap, silahkan anda simak pada link berikut : https://pmb.unsam.ac.id/