Apa yang dimaksud dengan Kurikulum Merdeka dan mengapa kita memerlukannya? - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

2/19/2022

Apa yang dimaksud dengan Kurikulum Merdeka dan mengapa kita memerlukannya?

Daftar Isi [Show]

 Apa yang dimaksud dengan Kurikulum Merdeka dan mengapa kita memerlukannya?

Cadiakid, Apa yang dimaksud dengan Kurikulum Merdeka dan mengapa kita memerlukannya? Tepat pada tanggal 11 Februari 2022 kemarin, Menteri Nadiem telah meluncurkan Kurikulum Merdeka. Namun tentu banyak dari kita yang masih belum mengetahui apa itu kurikulum merdeka dan mengapa kita memerlukannya ? Artikel ini akan membahas hal tersebut.

Apa itu Kurikulum Merdeka ?

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Mengapa kita butuh Kurikulum Merdeka?

Berbagai studi nasional maupun internasional menunjukkan bahwa Indonesia telah mengalami krisis pembelajaran (learning crisis) yang cukup lama. Studi-studi tersebut menunjukkan bahwa banyak dari anak-anak Indonesia yang tidak mampu memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar. Temuan itu juga juga memperlihatkan kesenjangan pendidikan yang curam di antarwilayah dan kelompok sosial di Indonesia. Keadaan ini kemudian semakin parah akibat merebaknya pandemi Covid-19. Untuk mengatasi krisis dan berbagai tantangan tersebut, maka kita memerlukan perubahan yang sistemik, salah satunya melalui kurikulum. Kurikulum menentukan materi yang diajarkan di kelas. Kurikulum juga mempengaruhi kecepatan dan metode mengajar yang digunakan guru untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Untuk itulah Kemendikbudristek mengembangkan Kurikulum Merdeka sebagai bagian penting dalam upaya memulihkan pembelajaran dari krisis yang sudah lama kita alami.

Apa yang perlu orang tua siapkan ketika Kurikulum Merdeka sudah diterapkan? 

Dukungan dari orang tua merupakan salah satu kunci keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, secara konkret orang tua bisa menjadi teman dan pendamping belajar bagi anak. Memahami kompetensi yang perlu dicapai anak pada fasenya. Orang tua dapat pula mempelajari buku-buku teks yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka melalui buku.kemdikbud.go.id. Kemendikbudristek terus berupaya untuk menghadirkan dan menyediakan buku-buku yang lebih asik, tidak terlalu padat, dan lebih banyak ilustrasi menarik dengan tema yang lebih menyentuh dan relevan.

Demikianlah, pembahasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan Kurikulum Merdeka dan mengapa kita memerlukannya semoga bermanfaat bagi rekancadiak!




Share with your friends

Sampaikan komentar Anda dengan bijaksana. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda, sesuai UU ITE.
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami.
Done