CATAT! INFORMASI PPDB JAWA TIMUR 2021 - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

6/06/2021

CATAT! INFORMASI PPDB JAWA TIMUR 2021

Daftar Isi [Show]
Cadiakid – CATAT! INFORMASI PPDB JAWA TIMUR 2021 - Seperti yang kita ketahui, pada umumnya setiap tahunnya pada bulan Juli 2021 akan menjadi tahun ajaran baru pada setiap jenjang pendidikan. Namun, karena pandemi covid-19 ini semuanya menjadi membingungkan. Namun, jangan risau dan jangan khawatir wahai para pembaca semuanya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta pihaknya Kemendikbud akan selalu berupaya menjadikan pendidikan di Indonesia ini yang terbaik mungkin. Mengambil keputusan yang terbaik yang bisa.
 
CATAT! PPDB JAWA TIMUR 2021

 

Pendidikan menjadi hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh setiap anak atau pelajar. Mereka membutuhkan pendidikan dan ilmu pengetahuan guna untuk menjadi bekal mereka di masa mendatang. Pendidikan dan ilmu pengetahuan yang akan mereka dapatkan pada setiap jenjang pendidikan, akan mereka gunakan sebagai melanjutkan studi mereka ke jenjang yang lebih tinggi atau juga bisa mereka gunakan sebagai bekal untuk mewujudkan cita-cita dan impian mereka dimasa depan.

Pendidikan tidak hanya diperoleh saat didalam kelas oleh guru saja, namun orang tua juga haruslah mengajarkan ilmu lain atau ilmu kehidupan kepada anaknya saat mereka berada di rumah. Karena pendidikan tidak melulu hanya soal teori dan materi, namun juga harus dilakukan dengan praktik dan juga tindakan-tindakan agar bisa mengacu daya pikir dan juga jiwa sosialisasi mereka.

Karena pentingnya pendidikan bagi setiap pelajar, maka walaupun saat ini masih didalam kondisi pandemi covid-19, pendidikan haruslah selalu berlangsung seperti biasanya walaupun pastinya ada beberapa hal dan sistem yang dirubah untuk menyesuaikan kondisi yang ada saat ini. Mengapa harus tetap menjalankan pendidikan walaupun tengah berada di masa pandemi covid-19? Karena memang pendidikan merupakan sektor yang sangat penting bagi sebuah negara. Pendidikan akan menentukan kualitas dari warga negara tersebut. Jika pendidikan pada negara tersebut bagus, maka warga didalamnya juga akan bagus dan berkualitas. Namun sebaliknya jika pendidikan pada negara tersebut kurang bagus, maka warganya juga akan kurang bagus dan kurag berkualitas daripada warga negara yang lainnya.

Sebentar lagi memasuki tahun ajaran baru dan penerimaan siswa atau mahasiswa baru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara nasional tahun 2021. Tahun 2021, PPDB dilakukan melalui 4 jalur yakni Jalur Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas dan Jalur Prestasi.

Dalam pelaksanaannya, akan ada pemeringkatan yang dilakukan jika jumlah calon peserta didik yang melamar melebihi daya tampung sekolah. Dilansir dari laman resmi PPDB Jawa Timur (Jatim) 2021, ada kriteria pemeringkatan sesuai dengan jalur PPDB yang dipilih.

1. Jalur Afirmasi

Apabila pendaftar melebihi kuota daya tampung sekolah, maka pemeringkatan yang dilakukan berdasarkan urutan ini:

  1. Jarak Domisili Terdekat.
  2. Usia Calon Peserta Didik yang lebih tua.
  3. Waktu Pendaftaran.

2. Jalur Perpindahan Tugas Orangtua

Apabila pendaftar melebihi kuota daya tampung (pagu) sekolah, maka pemeringkatan berdasarkan urutan :

  1. Jarak domisili terdekat.
  2. Usia calon peserta didik yang lebih tua.
  3. Waktu pendaftaran.

3. Jalur prestasi hasil perlombaan

Jalur prestasi berdasarkan hasil perlombaan dan/atau penghargaan akademik dan non akademik, diperingkat berdasarkan urutan :

  1. Bobot prestasi (skoring).
  2. Rerata nilai rapor.
  3. Usia calon peserta didik yang lebih tua.

Sedangkan sistem skor berdasarkan :

  1. Skor prestasi berjenjang individu
  2. Skor prestasi berjenjang beregu dan skor prestasi tidak berjenjang individu
  3. Skor prestasi tidak berjenjang beregu
  4. Skor khusus Hafidz Qur’an. Sertifikat dikeluarkan oleh Pondok Pesantren/Lembaga Tahfidzul Qur’an, dan dilegalisir oleh kantor Kemenag Kabupaten/Kota

Delegasi sekolah yang dikirim di tingkat Provinsi/Nasional/Internasional, skor dihitung dengan cara:

  1. Delegasi Individu, setara dengan Juara III Prestasi Tidak Berjenjang (individu) sesuai tingkatannya.
  2. Delegasi Beregu, setara dengan Juara III Prestasi Tidak Berjenjang (beregu) sesuai tingkatannya.

4. Jalur Zonasi SMA

Pemeringkatan berdasarkan urutan :

  1. Jarak domisili terdekat.
  2. Usia calon peserta didik yang lebih tua
  3. Waktu pendaftaran

5. Jalur prestasi nilai akademik

Diperingkat berdasarkan urutan :

  1. Jumlah nilai akhir.
  2. Jika jumlah nilai akhir sama, maka diperingkat berdasarkan urutan perolehan rerata nilai rapor mata pelajaran:
    - Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
    - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    - Bahasa Indonesia
    - Matematika
    - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
    - Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
    - Bahasa Inggris
  3. Waktu pendaftaran.

Begitulah informasi CATAT! INFORMASI PPDB JAWA TIMUR 2021 kriteria pemeringkatan yang berlaku saat PPDB 2021 khususnya di Provinsi Jawa Timur. Semoga dapat bermanfaat.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done