Tata Cara Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

4/15/2021

Tata Cara Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana

Daftar Isi [Show]

Tata Cara Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana pada dasarnya sudah dijelaskan pada situs resmi penerimaan.polri.go.id. Akan tetapi, berperan sebagai salah satu referensi, tidak ada salahnya jika disini kami mengulasnya kembali.

Tata Cara Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana
Seperti yang kita ketahui Sekolah Inspektur Poisi Sumber Sarjana atau yang disingkat SIPSS, merupakan proses penerimaan sebagai anggota Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua.

Info lebih lanjutnya, SIPSS merupakan lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri Sumber Sarjana, serta merupakan unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri.

Nah pada artikel kali ini, kami akan berbagi tentang penerimaan calon anggota SIPSS Tahun 2021. Yang pendaftarannya sudah dimulai bulan Januari lalu, dengan harapan agar informasi ini bisa dijadikan referensi dalam mempersiapkan diri untuk mendaftar menjadi calon anggota SIPSS.

Setidaknya, ada 4 macam seleksi yang ditetapkan dalam penerimaan anggota Polri. Beberapa diantaranya ialah SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana), AKPOL (Akademi Kepolisian), Bintara dan Tamtama.

Sedangkan untuk Polri sendiri, merupakan singkatan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia. Serta merupakan lembaga Kepolisian Nasional Indonesia dengan tanggung jawab langsung di bawah Presiden.

Polri mempunyai beberapa tugas kepolisian apda seluruh wiayah NKRI. Teruntuk anda yang sudah menamatkan diri sebagai sarjana ataupun pascasarjana sesuai dengan kebutuhan, maka bisa ikut serta dalam mendaftar Seleksi anggota SIPSS.

Yang menjadi pertanyaan disini ialah, bagaimana tata cara mendaftar SIPSS? Dirangkum dari website resmi Polri.go.id, setidaknya ada 7 poin yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya ialah :

  • Pendaftar bisa membuka laman website penerimaan anggota Polri pada alamat penerimaan.polri.go.id
  • Berikutnya, pendaftar bisa memilih jenis seleksi SIPSS pada laman utama (jika masih mengalami kesulitan, maka bisa dibantu oleh panitia Polda setempat sebagai Panda).
  • Poin ketiga, peserta mengisi form registrasi yang terkait dengan identitas pendaftar, memasukkan NIK yang sudah terdaftar di Dukcapil, identitas orang tua, serta keterangan lain sesuai format dalam website.
  • Pendaftar diwajibkan memberikan data yang valid dan akurat pada form registrasi online. Cek kembali dengan teliti semua data yang dimasukkan dalam form registrasi.
  • Setelah berhasil mengisi semua form registrasi, maka selanjutnya pendaftar akan memperoleh nomor registrasi online, sekaligus username dan password. User dan password tadi bisa diperguakan untuk login menuju halaman dashboard pendaftar yang berisi fitur pngecekan informasi perkembangan, tahapan seleksi, serta nilai dari keseluruhan tahapan seleksi yang diikuti peserta.
  • Pendaftar akan memperoleh hasil cetak form registrasi online yang nantinya dipergunakan untuk verifikasi di Polda setempat sebagai Panda.
  • Batas waktu untuk verifikasi paling lambat 4 (empat) hari, terhitung sejak dilakukan pendaftaran online. Jika melebihi batas 4 (empat) hari, maka secara otomatis data pendaftar online akan terhapus. Jika pendaftar akan melakukan proses verifikasi, maka harus mengulangi pendaftaran online dari awal.

Demikianlah ulasan terkait Tata Cara Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana. Semoga bisa membantu!




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done