Tips Jitu Mengajar Daring Untuk Guru - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

4/16/2021

Tips Jitu Mengajar Daring Untuk Guru

Daftar Isi [Show]

Adakah Tips Jitu Mengajar Daring Untuk Guru? Melihat kondisi pandemi yang masih belum berakhir. Tentu sistem belajar berubah dari konvensional (tatap muka), menjadi daring atau online.

Tips Jitu Mengajar Daring Untuk Guru
Hal ini tentu menuntut para guru untuk melakukan inovasi agar murid bisa menangkap dengan mudah materi yang sudah dijelaskan.

Tidak hanya berlaku bagi kalangan siswa yang sering mendapat kendala dalam melaksanakan pembelajaran daring.

Akan tetapi, kalangan guru pun ikut mengalami keluhan serta kendala ketika menyampaikan bahan ajaran kepada para muridnya.

Berbagai bentuk upaya yang sering dilakukan oleh guru untuk menyampaikan pembelajaran. Baik melalui aplikasi zoom, dengan tatap muka serta melalui aplikasi whatsapp, atau dengan mengirimkan rekaman suara.

Akan tetapi, kondisi tersebut masih dirasa kurang maksimal. Sehingga masih banyak kalangan murid yang belum mengerti dengan materi yang dijelaskan.

Jika anda selaku guru mengalami kendala tersebut, maka tidak ada salahnya menerapkan beberapa tips yang sudah kami sediakan dibawah ini. Apa saja?

1. Melihat Kondisi Murid Saat Pembelajaran

Sosok guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam menyatukan persepsi pembelajaran bagi kalangan murid.

Bahkan terkadang dalam kondisi yang demikian, murid hanya bersikap acuh terhadap pembelajaran yang diterapkan secara daring (jarak jauh).

Hal tersebut terjadi lantaran guru tidak melakukan pendekatan yang menciptakan kenyamanan dalam belajar.

2. Menggunakan Bahasa Yang Menarik Dan Asik

Berperan sebagai seorang pengajar, maka guru atau pendidik harus pintar dan cerdas dalam berkomunikasi dengan kalangan siswa dengan latar belakang yang berbeda.

Terlebih lagi, sekolah yang menjadi tempat mengabdi berada di pedalaman atau di kampung-kampung. Maka dari itu, pelajari dan dekati siswa dengan bahasa yang mudah dicerna dan dimengerti.

3. Memberikan Tugas Yang Menarik Untuk Dikerjakan di Rumah

Terkadang para siswa merasa jenuh dengan begitu banyaknya tugas yang bersifat esay. Sehingga mereka merasa enggan atau bahkan tidak mengerjakan tugas yang diberikan tersebut.

Maka dari itu, guru patut memberikan tugas yang bisa mengedukasi pemikiran murid. Salah satunya ialah dengan memperhatikan keahlian dari masing-masing murid.

4. Produktif Menghubungi Para Murid

Dengan menjadi seorang guru, maka mungkin saja merasa terganggu apabila siswanya tidak haidr dalam kelas online yang diadakan.

Sehingga, guru harus berperan aktif dalam mengawasi murid meski berada pada jarak jauh. Apalagi bagi guru yang mengajar di Sekolah Dasar.

Inti dari beberapa poin yang kami jelaskan di atas, ialah menuntut guru untuk mengenal dan memahami sisi baik dari murid. Ketahui kemampuan masing-masing murid, serta berikan tugas yang sesuai dan memang disenangi oleh murid yang bersangkutan.

Dengan demikian, akan tercipta suatu proses belajar mengajar yang komunikatif, bahkan murid tidak akan malu bertanya jika mereka belum paham dengan materi yang dijelaskan.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga bisa menjadi referensi yang benar-benar dibutuhkan.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done