Mengenal Portal Rumah Belajar Dan Fitur Utama Yang Disediakan - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

4/09/2021

Mengenal Portal Rumah Belajar Dan Fitur Utama Yang Disediakan

Bagi anda yang belum Mengenal Portal Rumah Belajar Dan Fitur Utama Yang Disediakan, tentu sudah tepat dengan membaca artikel ini. Sebab disini kami akan menjelaskan secara rinci informasi terkait dengan portal belajar online tersebut.

Mengenal Portal Rumah Belajar Dan Fitur Utama Yang Disediakan
Seperti dikutip dari laman resmi https://belajar.kemdikbud.go.id, Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar sekaligus fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas.

Rumah Belajar sendiri, hadir sebagai bentuk inovasi dan pengembangan pembelajaran pada era industri 4.0 yang bisa dimanfaatkan oleh siswa ataupun guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Dengan memanfaatkan dan menggunakan Rumah Belajar, maka guru dan siswa bisa belajar dari mana saja, kapan saja, bahkan dengan siapa saja.

Uniknya, semua konten yang tersedia pada Rumah Belajar, bisa diakses dan dipergunakan secara gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun.

Melihat dari laman resmi, setidaknya 4 fitur utama yang paling diandalkan. Akan tetapi, selain itu ada pula beberapa fitur yang menjadi pendukung.

Berfokus pada fitur utama, khususnya empat poin yang sudah kami sebutkan. Beberapa diantaranya mencakup : Kelas Maya, Sumber Belajar, Bank Soal, dan Laboratorium Maya.

Nah, agar anda memperoleh informasi yang lebih lengkap. Berikut kami jelaskan satu persatu terkait dengan beberapa fitur utama Rumah Belajar tersebut.

1. Kelas Maya

Kelas maya sendiri merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan secara khusus untuk memberikan fasilitas pda proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa.

Dengan memanfaatkan fitur ini, maka kalangan guru bisa memberikan bahan belajar yang bisa diakses serta dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital, kapan saja dan dimana saja.

Dalam laman kelas maya, terdapat kelas favorit dan juga kelas terbuka. Baik guru ataupun siswa, bisa dengan bebas memilih kelas mana yang akan dikunjungi.

2. Sumber Belajar

Hampir sama dengan kelas maya, sumber belajar merupakan fitur yang menyediakan materi ajar bagi siswa dan guru berdasar dengan kurikulum.

Disini materi ajar disajikan secara terstruktur, yakni dengan tampilan yang lebih menarik. Pasalnya materi yang dimaksud bisa berbentuk audio, video, dan juga laman interaktif.

3. Bank Soal

Sama dengan namanya, bank soal merupakan fitur yang berisi kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasar pada topik ajar.

Bahkan didalamnya terdapat pula beberapa akses soal latihan, ulangan, atau bahkan ujian. Kalangan siswa bisa dengan mudah mengakses kumpulan soal sesuai dengan jenjang sekolah masing-masing.

Bank soal menyediakan materi untuk jenjang SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA (Sekolah Menengah Atas), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), dan SLB (Sekolah Luar Biasa).

4. Laboratorium Maya

Selayaknya laboratorium konvensional, Laboratorium maya menyediakan fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik.

Bahkan pengemasannya pun bersama lembar kerja siswa sekaligus teori praktikum.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum, semoga bisa menjadi slaah satu referensi yang dibutuhkan.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done