Sosialisasi Program Sekolah Penggerak Pdf - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

3/01/2021

Sosialisasi Program Sekolah Penggerak Pdf

Jika anda sedang mencari file Sosialisasi Program Sekolah Penggerak Pdf, sudah tepat jika anda membuka artikel ini. Pasalnya disini kami akan menampilkan preview terkait dengan file yang anda cari tersebut. Sehingga bisa dibaca, dibuka, atau bahkan di unduh pada perangkat masing-masing.

Sosialisasi Program Sekolah Penggerak Pdf
Apa yang dimaksud dengan Sekolah Penggerak? Jika dirangkum dari file preview, sekolah penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik, yakni dengan mewujudkan profil Pelajar pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM unggul. Baik kepala sekolah ataupun guru.

Sedangkan visi yang diprioritaskan ialah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, serta berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.

Program Sekolah Penggerak ini akan mengakselerasi sekola untuk bergerak 1 hingga 2 tahap lebih maju. Sedangkan waktu yang ditargetkan ialah selama 3 tahun ajaran.

Program Sekolah Penggerak akan menyatukan kolaborasi antara Kemdikbud dengan Pemerintah daerah. Akan tetapi akan diikuti pula oleh PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB. Baik itu sekolah negeri ataupun swasta.

Nah bagi anda yang penasaran dengan isi Sosialisasi Program Sekolah Penggerak Pdf. Dibawah ini kami sudah melampirkannya untuk anda. Simak baik-baik ya!


Jika dilihat dari rincian yang tertera di dalam file. Kesemua isi sangatlah sederhana. Akan tetapi arahan tersebut bisa memberikan hasil maksimal dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Dalam Program Sekolah Penggerak tersebut, berisi lima intervensi yang saling terkait serta tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Lima intervensi yang dimaksud ialah :

Pendampingan konsultatif dan asimetris. Program kemitraan antara Kemendikbud dan pemerintah daerah. Dimana Kemendikbud memberikan pendampingan implementasi Sekolah Penggerak.

Penguatan SDM Sekolah. Penguatan ini berfokus pada kepala sekolah, pengawas sekolah, penilik, dan guru melalui program pelatihan dan pendampingan intensif one to one dengan pelatih ahli yang disediakan oleh Kemdikbud.

Pembelajaran Dengan Paradigma Baru. Pembelajaran ini akan berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter sesuai nilai-nilai Pancasila, yakni melalui kegiatan pembelajaran di dalam dan luar kelas. Sedangkan untuk pendidikan vokasi, akan bekerja sama dengan industri.

Perencanaan Berbasis Data. Manajemen berbasis sekolah, yakni perencanaan berdasar pada refleksi diri satuan pendidikan.

Digitalisasi Sekolah. Pada tahap ini, akan menerapkan beberapa platform digital dengan tujuan untuk mengurangi kompeksitas, meningkatkan efisiensi, menambah inspirasi, serta pendekatan yang customized.

Pada dasarnya, semua poin yang sudah kami sebutkan diatas, bisa dilihat dan dibaca langsung pada lampiran file yang sudah kami sediakan.

Sehingga untuk memahami lebih lanjut terkait dengan poin-poin tersebut, bisa dibaca secara langsung melalui file pdf yang dimaksud.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done