Langkah Mengetahui Akun SIMPKB Dan Mendaftar Seri PPPK - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

3/25/2021

Langkah Mengetahui Akun SIMPKB Dan Mendaftar Seri PPPK

Daftar Isi [Show]

Pada dasarnya, Langkah Mengetahui Akun SIMPKB Dan Mendaftar Seri PPPK sudah banyak di internet. Akan tetapi, tidak kesemuanya memberikan penjelasan yang lengkap.

Langkah Mengetahui Akun SIMPKB Dan Mendaftar Seri PPPK
Maka dari itu, agar anda tidak bingung, serta bisa langsung praktek. Dibawah ini kami akan bagikan faile pdf tentang panduan membuka akun SIMPKB serta mendaftar seri PPPK. Seperti apa dan bagaimana? Akan lebih baik jika anda menyimaknya hingga tuntas.

Sekedar untuk tambahan referensi, SIM PKB merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan.

Sistem ini memang secara khusus disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendkbud) yang ditujukan untuk kalangan guru di Indonesia.

Terhitung sejak tahun 2017 silam, Ditjen GTK membuat peraturan tentang wajibnya tenaga pendidik untuk memiliki SIM PKB.

Langkah ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam hal memberikan fasilitas terbentuknya para guru yang profesional.

Nah, dengan melalui SIM PKB ini, maka seorang guru bisa menempuh pendidikan profesi (mencakup pretest, psotest, serta kegiatan PPG lainnya), sekaligus memperoleh benefit berupa tunjangan.

Meski hanya ditujukan untuk seluruh guru di Indonesia, akan tetapi terdapat syarat yang menjadi dasar supaya seorang guru bisa ikut mendaftar.

Untuk bisa ikut daftar, maka seorang guru harus terdaftar terlebih dahulu pada komunitas guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang berada di bawah naungan Kemdikbud.

Bagi anda yang memang merasa penasaran dengan preview Langkah Mengetahui Akun SIMPKB Dan Mendaftar Seri PPPK, bisa dilihat pada lampiran dibawah ini.


Lanjut tentang informasi SIM PKB, pada dasarnya platform ini dipergunakan utnuk menghimpun guru yang sudah terdaftar di dalam GTK.

Nantinya, GTK bisa memberikan fasilitas dalam melaksanakan PKB (Pengembangan Keprofesioan yang Berkelanjutan). Sedangkan untuk fungsinya, ialah menjadi sumber informasi untuk mengelola data serta menjadi pusat layanan pelaksanaan PKB.

Beberapa fungsi dari PKB sendiri mencakup :

  • Membantu para guru untuk meningkatkan kompetensi guna mencapai standar kompetensi yang sudah ditetapkan oleh undang-undang.
  • Memaksimalkan kompetensi guru di tengah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni sehingga menjadi fasilitator pada proses pembelajaran.
  • Meningkatkan komitmen guru guna mengemban tugas serta fungsi pokok secara profesional.
  • Menumbuhkan kecintaan terhadap profesinya sebagai guru.
  • Mengemban citra, harkat, sekaligus martabat sebagai seorang guru.

PKB sendiri, ditujukan untuk guru yang tiga atau sepuluh kelompok kompetensinya memperoleh nilai UKG di atas KKM.

Intinya, guru bisa mengikuti tes awal sebelum membuat akun di SIM PKB. Apabila sudah masuk ke sekolah serta belum terdaftar di dapodik, maka bisa menghubungi pihak ketua tim MGMP atau KKG.

Jika melihat keterangan singkat di atas, tentu sedikit banyak anda sudah paham dengan SIM PKB. Sehingga bisa dengan mudah mengikuti langkah yang tertera pada preview yang kami sediakan.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami rangkum. Semoga bisa membantu!




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done