Tahapan Registrasi Akun LTMPT Agar Bisa Daftar SNMPTN

Memasuki awal tahun 2021, sekaligus menjadi tonggak sejarah bagi siswa kelas XII yang ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN). Apalagi pendaftaran yang dilakukan melalui jalur Seleksi nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Tahapan Registrasi Akun LTMPT Agar Bisa Daftar SNMPTN
Tepat pada tanggal 4 Januari 2021 lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah meluncurkan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2021 secara virtual melalui kanal Youtube LTMPT Official.

Selain membahas tentang SNMPTN 2021, LTMPT juga mengulas tentang Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (ABMPTN) 2021.

Pada pemaparannya, Ketua LTMPT menjelaskan secara lengkap informasi mengenai skema SNMPTN 2021. Tentu saja, jalur tersebut diperuntukkan bagi siswa kelas XII yang eligible atau mempunyai hak untuk mendaftar (siswa yang mempunyai prestasi di sekolah).

Terlepas dari itu, siswa yang eligible juga harus melakukan registrasi untuk mempunyai akun LTMPT, yaitu terhitung sejak 4 januari 2021 pukul 15.00 WIB.

Prof. Nasih selaku Ketua LTMPT, menyebut jika registrasi akun khusus diperuntukkan bagi lulusan 2021 dan akan mengikuti SNMPTN 2021. Penutupan pendaftaran ini direncanakan pada tanggal 1 Februari 2021. Setidaknya ada waktu 27 hari untuk mempersiapkan diri.

Terkait dengan alur registrasi serta verifikasi akun sekolah, ada beberapa poin yang patut diperhatikan. Beberapa diantaranya mencakup :

  • Sekolah mendaftarkan akun menggunakan NPSN dan kode registrasi yang ada di Pusdatin
  • Pihak sekolah melakukan verifikasi dan validasi akun
  • Selanjutnya, Sekolah melakukan aktivasi akun menggunakan email

Bagaimana dengan alur registrasi dan verifikasi akun siswa? Ada 3 poin yang harus dilakukan. Beberapa diantaranya ialah :

  • Siswa mendaftar akun menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir.
  • Siswa melakukan aktivasi akun menggunakan email.
  • Siswa melakukan verifikasi dan validasi akun.
Setelah melewati beberapa tahap diatas, maka proses selanjutnya ialah melakukan pengecekan pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PPDS). Langkah yang harus ditindaklanjuti ialah :
  • Login dengan akun yang sudah terdaftar
  • Cek informasi sekolah (data sekolah dan jurusan)
  • Menyelesaikan (finalisasi) data sekolah
  • Pemeringkatan siswa yang eligible dan finalisasi siswa eligible
  • Pengisian nilai siswa eligible dan finalisasi nilai.

Untuk PPDS sendiri, hanya bisa dilakukan oleh pihak sekolah. Sehingga kewenangan PPDS sepenuhnya diberikan pada sekolah untuk input data sesuai yang dibutuhkan.

Masih dalam keadaan login, bisa membuka laman https://ppds.ltmpt.ac.id dan login menggunakan akun LTMPT yang sudah terdaftar. Apabila tidak mempunyai akun, maka tidak akan bisa login sekaligus tidak bisa mendaftar SNMPTN 2021.

Mungkin hanya itu saja informasi yang bisa kami sampaikan. Jika informasi diatas masih kurang, maka bisa melakukan pengecekan langsung di laman resmi LTMPT.

Informasi terkait SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021, bisa diunduh melalui laman https:www.ltmpt.ac.id