Strategi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19 - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

1/09/2021

Strategi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19

Daftar Isi [Show]

Strategi pembelajaran apa yang harus digunakan saat masa pendemi seperti sekarang ini? Pendemi Covid-19 menuntut para guru untuk memutar otak dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Strategi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19

Bahkan semua guru ikut berkolaborasi supaya proses pembelajaran bisa berjalan tanpa henti, harus serba cepat, serta harus bisa memikat. Pasalnya yang lambat hanya akan menjadi penghambat.


Mempunyai peranan sebagai pendidik, harus menyiapkan mental dan kemauan untuk proses belajar saat ini. Terus maju dengan segala konsekuensi, atau harus mundur ke belakang dengan kekalahan pertempuran sebelum mencapai klimaksnya.


Sarana dan prasarana yang dianggap kurang mendukung, seperti halnya terbatasnya kuota internet, sinyal yang tidak stabil, atau bahkan aplikasi yang tidak memadai bisa membatasi ruang gerak guru dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat.


Yang juga tidak kalah penting, kemampuan wali murid dalam mengoperasikan ponsel yang belum maksimal, ikut andil dalam tidak sempurnanya pembelajaran melalui internet.


Sampai pada poin ini, masih beruntung semua wali murid mempunyai ponsel yang mendukung sambungan internet. Meski banyak yang seri lama, akan tetapi bisa dipakai untuk komunikasi melalui aplikasi Whatsapp.


Aplikasi perpesanan inilah yang akhirnya menjadi media untuk pembelajaran daring. Sebagai bentuk antisipasi sinyal yang terkadang tidak stabil, para guru juga menyiapkan jadwal tugas harian dalam bentuk hard copy sebagai pembelajaran offline.


Pada jadwal tersebut, tertera hari, tanggal, panduan belajar, dan juga tugas yang harus dikerjakan selama sehari. Sebagai bahan belajar offline, terdapat buku paket lama, LKS, dan buku muatan pelajaran. Untuk info lebih lengkap, berikut strategi pembalajaran daring yang mungkin bisa membantu!


Membuat Grup Perpesanan

Untuk saat ini, banyak sekali aplikasi perpesanan yang bisa anda manfaatkan untuk mendukung proses belajar mengajar secara online. Salah satu yang populer ialah Whatsapp.


Aplikasi ini memungkinkan para guru untuk membuat grup kelas yang nantinya akan menerima materi pembelajaran, pengumuman, soal ujian,atau materi-materi lainnya.


Dengan dibuatnya grup, tentu akan mempermudah anda dalam mengirim video ataupun file lain sebagai bahan pembelajaran. Intinya, anda tidak harus berulang kali mengirim file yang sama pada kontak berbeda.


Membuat Video Pembelajaran

Bagi guru yang terkendala dengan jarak dan waktu mengajar. Tentu bisa membuat video yang nantinya bisa dikirim dan dilihat oleh para murid.


Video yang dimaksud bisa berisi tentang materi pembalajaran. Seperti halnya penjelasan mengenai poin-poin terkait dengan mata pelajaran yang dimaksud.


Menyalin Materi Dalam Bentuk Hard Copy

Tidak hanya secara online saja, namun para guru juga bisa mengirimkan materi pembelajaran dalam bentuk fisik (hard copy).


Cara ini bisa dilakukan jika murid yang menjadi tanggung jawab anda, tidak punya akses ke internet. Baik itu terkendala ekonomi (tidak mampu membeli ponsel), ataupun faktor-faktor lain yang ikut berpengaruh.


Selain beberapa poin diatas, tentu masih banyak lagi strategi khusus yang bisa digunakan untuk proses belajar mengajar. Akan tetapi, kami hanya mengambil dari sisi paling mudah dan tentunya bisa diterapkan oleh semua guru di setiap wilayah.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done