Siapkan Beberapa Poin Penting Ini Agar Bisa Ikut Seleksi CPNS 2021

Apa saja yang harus disiapkan untuk ikut Seleksi CPNS 2021? Menurut yang kami rangkum dari beberapa sumber, setidaknya ada 7 poin yang harus anda persiapkan sedari dini. Apa saja?

Siapkan Beberapa Poin Penting Ini Agar Bisa Ikut Seleksi CPNS 2021

Seperti yang kita ketahui, seleksi CPNS 2021 akan segera dibuka. Kemenpan RB pun sudah mengabarkan bahwa pendaftaran CPNS akan segera dibuka sekitar bulan April hingga Mei 2021.


Dalam hal ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar bisa lolos tahapan seleksi administrasi. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak daftar berikut :


Tulis Lamaran Sesuai Format

Dari masa ke masa, setiap instansi memang sudah menyiapkan format surat lamaran. Maka dari itu, para pelamar CPNS harus mengunduh format tersebut serta menyalinnya secara persis.


Surat Tanda Akreditasi

Beberapa instansi juga akan meminta surat tanda akreditasi ijazah bagi pelamar yang tidak ada keterangan akreditasi. Surat ini tentunya bisa anda persiapkan dari sekarang jika memang berniat untuk daftar sebagai CPNS.


Untuk tahapan selanjutnya, pelamar juga harus mawas diri. Apabila instansi mensyaratkan akreditasi jurusan minimal B, maka jika jurusan anda hanya terakeditas, maka jangan daftar pada instansi tersebut. Sebab sudah bisa dipastikan anda akan gugur saat seleksi administrasi.


Perhatikan Syarat TOEFL

Beberapa istansi juga ada yang memberikan syarat TOEFL yang dilampirkan ketika menjalani seleksi administrasi berkas.


Dari sini, para pelamar CPNS harus memberikan syarat TOEFL tersebut sesuai yang diinginkan oleh pihak instansi. Secara umum, ada yang cukup prediction TOEFL, namun ada pula yang ingin di atasnya.


Maka dari itu, pelamar CPNS harus memastikan seperti apa yang diinginkan oleh instansi. Jika masih kurang jelas, maka bisa ditanyakan melalui jalur komunikasi apapun ke instansi yang dimaksud.


Perhatikan Syarat Usia

Poin ini juga sangatlah penting, sebab beberapa instansi juga mempunyai syarat khusus usia. Yang artinya, pelamar harus menentukan akan memilih instansi apa yang sesuai dengan usianya.


Pilih Formasi Sesuai Syarat Pendidikan

Pada poin ini, para pelamar CPNS juga harus jeli dan teliti dalam memilih formasi. Sebab formasi yang dipilih harus sesuai dengan ijazah yang disyaratkan.


Tidak sedikit pelamar CPNS yang pernah ditolak dikarenakan ijazahnya adalah S1 Pendidikan. Namun tetap saja melamar pada suatu formasi jabatan yang bukan mensyaratkan S1 pendidikan.


Sebagai contoh, formasi tersebut mensyaratkan S1 Sastra Indonesia, namun pelamarnya melamar dengan S1 pendidikan bahasa Indonesia. Maka secara otomatis pelamar akan gugur saat seleksi administrasi berkas.


Scan Ijazah dan Transkrip Yang Jelas

Hal ini tentu harus anda lakukan supaya petugas yang mengecek berkas tidak mengalami kesulitan saat memberi penilaian. Ditakutkan jika scan tidak jelas, maka akan digugurkan pada seleksi administrasi berkas.


Foto Sesuai Background Yang Dipersyaratkan

Mayoritas instansi mensyaratkan lapmpiran pas foto dengan ukuran tertentu. Sehingga anda pun harus jeli dalam mengamati syarat yang ditentukan.


Usahakan foto yang dilampirkan menggunakan background seperti yang dianjurkan. Sebab bisa saja hanya masalah background, justru lamaran anda gagal di seleksi berkas.