Peranan E-Learning Untuk Kemajuan Dunia Kerja Dan Pendidikan

Apa Peranan E-Learning Untuk Kemajuan Dunia Kerja Dan Pendidikan? Proses pembelajaran elektronik atau yang lebih dikenal dengan sebutan E-Learning, merupakan suatu perkembangan dalam pelayanan pembelajaran yang dilakukan dengan sistem elektronik. Layanan ini bisa diakses oleh siapa dan dimana saja tanpa ada batasan waktu.

Peranan E-Learning Untuk Kemajuan Dunia Kerja Dan Pendidikan

Menurut ahli, E-Learning merupakan bentuk pembelajaran yang dirancang dengan tujuan menggunakan suatu sistem elektronik sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran.


Sekedar untuk tambahan informasi, sistem pembelajaran E-Learning menggunakan model belajar konvensional, kajian terhadap buku teks, CD-ROM, serta pelatihan dengan basis komputer. Dalam hal ini, metode pembelajaran disediakan melalui situs web (laman web) yang nantinya bisa memudahkan pengguna untuk mengakses.


Pada jaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini, E-Learning merupakan suatu metode yang sangat efisien digunakan oleh kalangan masyarakat modern. Khususnya yang kurang mendapatkan waktu untuk belajar secara konvensional.


Sebab penggunaan E-Learning tidak memerlukan keharusan untuk on-time seperti metode pembelajaran offline. Sehingga para pengguna E-Learning juga lebih fleksibel dalam mengatur waktu, dan kapan lebih tahu waktu yang pas untuk belajar.


Dirangkum dari beberapa sumber, setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan sistem E-Learning. Beberapa diantaranya ialah :

  • Lebih praktis dan fleksibel, sebab diakses dengan menggunakan situs web dan tidak harus membuang waktu untuk bertemu (bertatap muka) secara langsung.
  • Memperoleh pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, mendapatkan sistem pengajaran yang lebih menarik, sebab terdapat fasilitas berupa foto, audio, dan juga video.
  • Mempermudah untuk bisa melihat kemajuan penggunanya, hal ini dikarenakan sistem E-Learning bisa menyimpan progress data pengguna.
  • Lebih menghemat biaya, sebab tidak ada biaya buku ataupun fotokopi.
  • Lebih mudah dalam dokumentasi, sebab materi pembelajaran bisa disimpan dan bisa diakses kembali di lain waktu.
  • Sangat ramah lingkungan, sebab akan mengurangi penggunaan kertas dan samaph yang dihasilkan dari pengguna.


Untuk saat ini, E-Learning sudah banyak dicoba dan digunakan oleh banyak sekolah dari tingkat SD, SMA hingga universitas. Salah satu manfaat lain yang bisa diperoleh ialah, mengasah kemampuan siswa dan mahasiswa dalam menggunakan teknologi, khususnya dalam kegiatan belajar mengajar.


Terlepas dari sekolah dan universitas, E-Learning juga sudah banyak diterapkan pada perusahaan. Tujuannya ialah untuk memberikan pelatihan teknologi pada karyawan yang berada di beberapa lokasi.


Apalagi saat ini Indonesia sedang terdampak pandemi Covid-19 yang tidak kunjung mereda. Sehingga alternatif pembelajaran pun dialihkan pada metode sekolah online. Bahkan untuk pembelajaran tatap muka masih belum dianjurkan. Tujuannya ialah untuk memutus rantai penularan Covid-19.


Demikianlah sedikit ulasan tentang manfaat E-Learning. Semoga apa yang kami bahas, bisa menambah wawasan, sekaligus menjadi referensi yang memang dibutuhkan.