Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Kemendikbud - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

1/12/2021

Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Kemendikbud

Daftar Isi [Show]

Bagaimana Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Kemendikbud? Pertanyaan ini sebenarnya sudah terjawab dengan adanya penjelasan dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Na’im.

Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Kemendikbud

Beliau menjelaskan bahwa akun pembelajaran dengan domain belajar.id sudah bisa digunakan oleh siswa, guru, dan juga tenaga kependidikan selama masa belajar dari rumah. Jenis layanan pembelajaran yang bisa diakses menggunakan akun pembelajaran juga sangat bervariasi, mulai dari surat elektronik (email), penyimpanan, dan juga pembagian dokumen secara elektronik.


Selain beberapa poin diatas, akses yang diperoleh juga berupa pengelolaan administrasi pembelajaran secara elektronik, penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik, pelaksanaan proses pembelajaran secara daring. Baik itu secara sikronus ataupun asinkronus, serta Rumah belajar Kemendikbud untuk materi pembelajaran.


Ainun menjelaskan, daftar lengkap layanan pembelajaran bisa diakses menggunakan akun pembelajaran dan dapat dilihat di laman belajar.id.


Yang menjadi pertanyaan disini adalah, bagaimana cara mengakses dan mengaktifkan akun pembelajaran? Untuk lebih detailnya, mari kita simak langkah-langkah berikut ini :

  • Operator satuan pendidikan masuk ke laman Kemendikbud
  • Setelah masuk laman yang dimaksud, operatir satuan pendidikan memilih tombol unduh akun untuk mengunduh dokumen CSV yang berisi daftar nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) akun pembelajaran pada satuan pendidikan yang bersangkutan.
  • Selanjutnya, operator satuan pendidikan bisa mendistribusikan akun pembelajaran tersebut pada setiap pengguna (murid, guru, dll.) akun pembelajaran pada satuan pendidikan yang bersangkutan.
  • Untuk bisa mengaktifkan akun pembelajaran, pengguna dengan menggunakan user ID dan password akun pembelajaran, login pada laman email Google.
  • Berikutnya, pengguna harus menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan akun pembelajaran sekaligus mengganti password akun pembelajaran.
  • Selamat! Akun pembelajaran sudah siap digunakan untuk menikmati beberapa akses yang sudah disediakan.


Dijelaskan lebih lanjut, Ainun juga menyebut jika akun pembelajaran ini akan menjadi salah satu jalur komunikasi resmi antara Kemendikbud dengan peserta didik, pendidik, dan juga tenaga kependidikan.


Selain itu, akun pembelajaran juga akan dipergunakan untuk mengakses beberapa aplikasi resmi Kemendikbud. Baik itu berupa materi dan informasi dari Kemendikbud. Sebagai contoh ialah informasi mengenai bantuan pemerintah dan asesmen nasional yang nantinya akan dikirimkan ke alamat pos elektronik akun pembelajaran.


Pada pemaparan lanjutan, Ainun pun menegaskan bahwa Kemendikbud sangat berharap dan menyarankan penggunaan akun Pembelajaran bisa dimaksimalkan.


Sedangkan dari sisi keamanan akun pembelajaran, sudah diatur sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dalam rangka memberikan perlindungan terhadap kerahasiaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas akun pembelajaran ataupun kemungkinan terjadinya kelalaian dalam penggunaan dan/atau penyalahgunaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas akun pembelajaran.


Untuk saat ini, jumlah akun pembelajaran yang sudah disiapkan oleh Kemendikbud ialah : Akun admin 529.310, akun guru 2.850.424, dan akun siswa 27.008.332.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done