Daftar Tahapan dan Langkah Simulasi Mandiri CAT BKN - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

1/20/2021

Daftar Tahapan dan Langkah Simulasi Mandiri CAT BKN

Daftar Isi [Show]

Melihat rincian dari beberapa sumber, Daftar Tahapan dan Langkah Simulasi Mandiri CAT BKN sebenarnya sangatlah mudah. Yang terpenting anda sudah bisa login dan tercatat mempunyai akun pada laman tersebut.

Daftar Tahapan dan Langkah Simulasi Mandiri CAT BKN

Sekedar informasi, stasiun CAT BKN saat ini sudah tersebar pada hampir provinsi di Indonesia. Baik yang aktif digunakan untuk ujian CPNS ataupun sekedar ujian kompetensi pegawai.

CAT BKN sendiri menjamin tiga poin yang mencakup : proses cepat, akuntabel, dan juga transparan. Untuk keterangan lebih lanjut, simak daftar berikut :

  • Cepat : CAT BKN menjamin hasil yang didapat oleh peserta ujian bisa diketahui secara langsung tanpa harus menunggu lama. Nilai ujian akan langsung keluar setelah mengikuti ujian.
  • Akuntabel : Hasil ujian melalui CAT BKN bisa dipertanggungjawabkan. Aksi peserta pada setiap soal termonitor dalam sistem yang akan mempermudah dalam audit apabila terjadi hal tidak terduga selama ujian berlangsung.
  • Transparan : Proses ujian dengan CAT BKN bisa dipantau (dilihat) oleh semua pihak. Pergerakan nilai dari awal pengerjaan hingga selesai bisa diikuti dan jawaban peserta bisa dilacak.

Yang menjadi poin pertanyaan ini ialah, Seperti apa langkah simulasi mandiri CAT BKN? Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk bisa mengikuti tes simulasi CAT BKN.

  • Kunjungi laman http://cat.bkn.go.id/simulasi , pada laman awal soal, pada bagian pojok kanan bawah akan tertera sisa waktu yang bisa dipergunakan peserta untuk mengerjakan soal. Pada simulasi ini, peserta akan mendapat 100 soal, terdiri dari 30 Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 35 soal Tes Intelegensi Umum (TIU), dan 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sedangkan untuk waktu pengerjaan selama 90 menit.
  • Simulasi CAT BKN menyajikan tes berupa TWK, TIU, dan TKP secara berurutan.
  • Dalam soal yang tampil, pilih salah satu jawaban yang dinilai paling tepat. Selanjutnya klik “Simpan dan Lanjutkan”.
  • Ketika mengalami masalah atau kesulitan menjawab pertanyaan, anda bisa mempersingkat waktu dengan melewati soal tersebut untuk dijawab nanti. Klik “Lewatkan Soal Ini”.
  • Terus menjawab pertanyaan hingga akhir. Apabila sudah menjawab soal, maka nomor soal akan berubah menjadi hijau. Sedangkan untuk soal yang belum terjawab akan berwarna merah. Poin yang perlu diperhatikan saat menjawab soal ialah sistem skoring. Soal terjawab mendapat skor 4, jawaban salah skor -1, dan tidak terjawab skor 0.
  • Jika anda sudah merasa yakin pada keseluruhan jawaban, klik “Selesai Ujian” pada bagian pojok kanan atas.
  • Kemudian akan muncul pernyataan konfirmasi bahwa jika anda mengakhiri tes, maka dinyatakan selesai mengikuti simulasi ujian serta tidak bisa memperbaiki lembar kerja. Akan tetapi, jika anda menekan tidak, maka peserta bisa kembali ke lembar kerja untuk melanjutkan jawaban atau memperbaiki jawaban.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan berisi konfirmasi nilai TWK, TIU, TKP, serta nilai total dari simulasi tes CAT tersebut.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done