Cara Cek Info GTK Dengan Cepat Tanpa Harus Login SIM PKB

Bagaimana Cara Cek Info GTK Dengan Cepat Tanpa Harus Login SIM PKB? Seperti yang kita ketahui, info GTK merupakan sebuah halaman web yang menaampilkan beberapa data diri seorang pendidik atau guru.

Cara Cek Info GTK Dengan Cepat Tanpa Harus Login SIM PKB

Data yang dimaksud sesuai dengan kondisi nyata unit kerja masing-masing. Serta menurut entrian pengelola data pada aplikasi secaea resmi di rilis oleh Kemdikbud, yakni Dapodik (Data Pokok Pendidikan).


Nah untuk bisa melihat info GTK tersebut, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Menurut yang kami rangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada alternatif yang bisa anda gunakan. Beberapa diantaranya ialah :

  • Pertama : Apabila status anda sebagai guru, maka anda bisa menggunakan user SIM PKB untuk melihat info GTK. Namun bisa juga melihat informasi tersebut melalui laman resmi info GTK Kemdikbud di http://info.gtk.kemdikbud.go.id. Untuk login anda bisa menggunakan NUPTK atau Akun PTK yang sudah terdaftar di aplikasi Dapodik.
  • Kedua : Apabila status anda sebagai seorang operator sekolah atau pengelola data sekolah, maka anda bisa menggunakan username Dapodik melalui laman managemen dapodik di laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id.


Untuk informasi yang lebih detail, berikut kami lampirkan cara sederhana mengecek info GTK melalui akun Operator Dapodik :

  • Kunjungi dan login ke halaman manajemen dapodik di https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Saat muncul halaman login, masukkan username dan password dapodik yang aktif.
  • Setelah masuk pda halaman manajemen dapodik, maka anda bisa memilih menu Kelola Data Pokok dan anda akan dibawa pada halaman baru dengan tampilan menu yang lebih komplit. Menu tersebut mencakup : Sekolah, Prasarana, Guru dan Tendik, Rombel dan Peserta Didik. Pada menu ini, anda bisa memilih menu Guru dan Tendik sehingga akan muncul daftar PTK yang ada dalam aplikasi Dapodik.
  • Langkah selanjutnya, pilih PTK yang akan di cek info GTK, yakni dengan menggeser list tersebut hingga pada bagian sebelah paling kanan muncul nama tabel biodata. Kemudian pilih tombol pada bagian bawah nama tabel tersebut.
  • Berikutnya akan muncul daftar biodata PTK yang terpilih pada halaman baru. Pada halaman identitas inilah (tepatnya pada bagian paling bawah biodata) terdapat menu info GTK. Anda cukup mengklik menu tersebut serta akan dibawa pada halaman untuk mengetahui info GTK.


Demikianlah cara mengecek info GTK dengan langkah cepat tanpa harus login SIM PKB dari akun guru satu per satu. Langkah ini tentunya akan mempermudah beban kerja operator sekolah yang mempunyai peranan untuk mengelola data.


Sekedar untuk tambahan informasi, mengetahui validitas data lebih awal akan mengurangi risiko kesalahan yang mungkin terjadi. Mulai dari salah ketik ataupun kesalahan fatal lain yang bisa saja terjadi.


Oleh karena itu, pencocokan data di Info GTK dengan profil GTK sangatlah penting. Tentu juga menjadi langkah awal untuk mengetahui validitas data anda.