Cara Mengecek Bantuan Guru Honorer di info.gtk.kemdikbud.go.id

Bagaimana Cara Mengecek Bantuan Guru Honorer di info.gtk.kemdikbud.go.id? Langkah sekaligus beberapa poin yang harus dilakukan sebenarnya bisa di cek langsung pada laman resmi kemdikbud.

Cara Mengecek Bantuan Guru Honorer di info.gtk.kemdikbud.go.id

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, pemerintah menyalurkan bantuan guru honorer dan informasi secara lengkap bisa di cek di info.gtk.kemdikbud.go.id.


Dalam hal ini, guru honorer termasuk dalam bagian dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) non PNS yang juga menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU).


Menurut yang dijelaskan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud melalui akun Instagramnya, penyaluran BSU akan dilakukan secara bertahap hingga akhir November 2020. Akses informasi bisa anda peroleh dengan langsung melakukan pengecekan di link yang sudah kami sebutkan diatas.


Bagaimana denganbantuan dosen? Nah informasi terkait dengan bantuan dosen, bisa dicek melalui link pddikti.kemdikbud.go.id. Link tersebut akan memberikan informasi mengenai status pencairan, rekening, dan juga bank penyalur BSU Kemdikbud Rp 1,8 juta.


Pertanyaannya, bagaimana cara mengecek bantuan guru honorer di info.gtk.kemdikbud.go.id? Cara dan langkah yang harus anda lakukan diantaranya :

  • Kunjungi atau langsung klik info.gtk.kemdikbud.go.id. Tujuannya ialah untuk autentifikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Guru honorer yang membuka informasi GTK, diharuskan menggunakan akun PTK yang sudah diverifikasi.
  • Langkah kedua jika link sudah terbuka, maka langsung saja logon ke GTK atau bisa pula menggunakan SSO setelah mengklik info.gtk.kemdikbud.go.id. Pada saat anda login, pastikan menggunakan email yang aktif, tidak boleh memasukkan alamat surel orang lain, serta jika anda pengaturan ulang, bisa menghubungi Manajemen Dapodik.
  • Umumnya, bagi anda yang login langsung ke GTK, akan menemui link info.gtk.kemdikbud.go.id/?s=999&pesan= . Untuk mengetahui bantuan guru honorer, bisa memasukkan langsung akun dan password PTK pada Dapodik.
  • Bagi guru yang login dengan SSO, maka akan menemui alamat ptk.datadik.kemdikbud.go.id. Apabila sudah tersambung dengan link tersebut, segera masukkan username dan password untuk mengetahui bantuan guru honorer. Tentu alamat ini bisa diakses setelah mengklik link info.gtk.kemdikbud.go.id.


Bagaimana cara mencairkan bantuan guru honorer? Apa saja syarat yang harus dipersiapkan? Nah setelah dilakukan pengecekan di info.gtk.kemdikbud.go.id serta dinyatakan menerima bantuan guru honorer sebesar Rp 1,8 juta.


Maka PTK non PNS bisa segera mencairkan bantuan tersebut dengan membawa kelengkapan dokumen berupa :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Surat Keputusan Penerima BSU yang bisa diunduh di info GTK dan PDDikti.
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang diberi materai dan tanda tangan.
  • Proses akhir setelah melakukan pengecekan, maka PTK non PNS penerima bantuan guru honorer bisa datang langsung ke bank penyalur.


Sembari membawa dokumen yang sudah disebutkan (TKP, NPWP,dll), PTK non PNS bisa melakukan aktivasi rekening dan menerima BSU.