Cara Verivikasi Akun PTK di Dapodik 2021

Cara Verivikasi Akun PTK di Dapodik 2021
Cara Verivikasi Akun PTK di Dapodik 2021 


Akun PTK sangat penting untuk dilakukan verivikasi agar bisa digunakan oleh para guru di dalam aplikasi dapodik. 

Seperti yang anda ketahui sendiri, aplikasi dapodik merupakan salah satu aplikasi yang harus digunakan oleh para guru untuk melihat berbagai macam data tentang pendidikan. 

Diharapkan para guru dapat mengoperasikan aplikasi yang satu ini untuk kebutuhan yang diperlukan. 

Verivikasi akun PTK sangat penting dilakukan setelah anda membuat akun PTK. Hal ini bertujuan agar anda bisa melakukan pengecekan pada laman info GTK di tahun pelajaran 2020/2021. Sangat penting bagi setiap PTK untuk melakukan verivikasi akun PTK sebelum batas waktu yang telah ditentukan. 

Bagi PTK yang belum melakukan verifikasi akun maka tidak akan bisa melakukan pengecekan. Untuk verifikasi ini wajib dilakukan jika ingin mengecek laman info GTK di tahun pelajaran 2020/2021. 

Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dengan melakukan verifikasi, diantaranya dapat melihat akun PTK yang sudah digunakan untuk login dan sudah terverifikasi. 

Pastikan anda telah memiliki email aktif supaya dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran dan memperoleh verivikasi data yang diberikan. Dengan begitu, anda natninya akan dapat login setelah melakukan verivikasi. Anda harus update email dan juga password. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk verivikasi akun PTK pada dapodik versi 2021: 

  • - Langkah pertama yaitu mengunjungi situs https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id
  • - Kemudian klik login menggunakan SSO. 
  • - Apabila sudah, anda bisa login dengan menggunakan email dan juga password yang sudah didaftarkan dengan menggunakan username dan juga email aktif beserta passwordnya. Bila sudah lalu klik masuk. 
  • - Apabila terdapat beberapa pilihan dengan nama yang sama, anda bisa memilih tulisan PTK yang paling atas. 
  • - Selanjutnya klik menu biodata agar menu akun dapat terlihat. 
  • - Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah klik akun untuk melakukan verifikasi dengan klik verifikasi sekarang. 
  • - Bila sudah nantinya akan muncul email yang telah anda daftarkan sebelumnya di dapodik dan untuk mendapatkan kode verifikasi bisa klik lanjutkan. 
  • - Nantinya anda akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan verifikasi melalui email anda. Setelah itu, klik lanjutkan dan klik simpan. 
  • - Apabila sudah berhasil akan terlihat status verifikasi “SUDAH” 
  • - Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah melakukan sinkronisasi dapodik agar data verifikasi akun PTK dapat terkirim dan masuk ke dalam aplikasi dapodik local. Pada langkah yang satu ini dapat dilakukan oleh operator dapodik sekolah. 

Bagi anda yang ingin melakukan verifikasi PTK bisa mengikuti beberapa tips di atas supaya berhasil. Pastikan anda menjalankannya dengan baik dan benar, dalam langkah tersebut terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan. 

Salah satunya adalah email yang digunakan untuk verifikasi harus benar-benar aktif. Hal ini dikarenakan pemberitahuan verifikasi nantinya akan dikirimkan melalui email. 

Selain itu, password juga jangan sampai dilupakan, akan mengalami masalah dalam proses verifikasi bilamana anda tidak hafal password akun email anda. Paling tidak anda harus mengubahnya dan jika tidak berhasil anda harus membuat email baru. 

Mungkin itu saja beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara verifikasi akun PTK yang baik dan benar. Anda bisa mengikuti beberapa tips yang sudah dijelaskan supaya berhasil dalam proses verifikasi. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.