Cara Mengecek Nomor KIP

Cara Mengecek Nomor KIP
Cara Mengecek Nomor KIP 


KIP (Kartu Indonesia Pintar) merupakan bentuk pelaksanaan program Indonesia pintar yang menjadi program unggulan dari presiden Republik Indonesia. KIP telah diresmikan pada tahun 2014 silam bersamaan dengan Kartu Indonesia Sehat juga. 

KIP ditujukan untuk membantu biaya pendidikan siswa dengan cara memberikan bantuan uang secara langsung sesuai dengan jumlah nominal yang telah ditentukan. Untuk jumlah nominal yang didapatkannya sesuai dengan jenjang pendidikan yang ditempuh oleh para siswa. 

Melalui program PIP ini, para siswa diharapkan dapat menempuh pendidikan minimal 12 tahun atau sama halnya dengan lulus tingkat SMA. 

Tujuan ini akan sangat membantu para siswa mendapatkan pendidikan yang layak. KIP sendiri didapatkan dari pihak pusat, dimana para siswa harus bisa masuk dalam PIP jika ingin mendapatkan bantuan dari pemerintah. 

Nomor KIP tersebut kemudian harus diinputkan ke dalam aplikasi Dapodik yang membuktikan bahwa siswa tersebut sedang bersekolah. Dengan memilih salah satu alasan mengapa siswa tersebut layak mendapatkan PIP. 

Bagi siswa yang sudah memiliki KIP dan sudah diinput di Dapodik, anda dapat mengecek validasi data. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwasanya data diri siswa di Dapodik sehingga bisa memperoleh bantuan dana dari pihak pusat. 

Selain itu, pengecekan tesrsebut juga ditujukan untuk melihat apakah data siswa di KIP dengan di Dapodik sudah sama atau belum. Hal ini dikarenakan telah banyak beberapa kasus yang telah terjadi akibat tidak melakukan pengecekan. Biasanya ejaan nama-nama siswa yang kurang tepat menjadikan kegagalan dalam proses penerimaan bantuan tersebut. 

Cara Mengecek Nomor KIP 


Anda juga dapat mengecek nomor KIP secara online dengan mengunjungi situs resmi dari PIP. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek nomor KIP! 

  • Kunjungi halaman website program Indonesia Pintar atau PIP melalui situs resmi secara langsung. Anda bisa membukanya melalui browser apa saja baik itu google chrome, mozila, uc browser, dan lain sebagainya. 
  • Input nomor KIP siswa, nomor KIP yang diinput berada pada bagian atas sebelah kanan kartu. Setelah itu, input setiap nomor KIP ke dalam kolom nomor KIP yang telah disediakan. 
  • Tekan saja tombol Inquiry yang berada di samping kanan. 
  • Data siswa akan muncul setelah tombol inquiry ditekan. Setelah itu, akan muncul secara otomatis data rinci dari para siswa yang memegang kartu KIP. Hal itu bisa dilihat dari nama, tempat tinggal, tanggal lahir hingga nomor KIP tersebut. 
  • Pastikan anda memperhatikannya dengan seksama mengenai informasi yang sudah didapatkan. Apabila nomor KIP anda sudah ditemukan, pastikan sesuai dengan data diri anda. Bilamana terjadi kesalahan, anda bisa melakukan perbaikan. 

Dalam melakukan input data nomor KIP harus benar. Apabila anda melakukan kesalalahan, maka akan berakibat fatal atau data tidak bisa terbaca. Hal ini akan sangat wajar karena setiap rangkaian digit nomor yang tertera dalam KIP tidak bisa diubah sedikitpun. Kesaalahan seperti ini seringkali terjadi. 

Dalam penulisan yang sering terjadi kesalahan yaitu antara angka 0 dan huruf o. biasanya hal ini seringkali terjadi dan membuat orang bingung untuk menentukannya. Sebagai operator juga akan kebingungan melihat hal tersebut. Perlu menggunakan aplikasi scanner barcode untuk mengatasi hal seperti ini. 

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengecek nomor KIP. Anda bisa mengikuti beberapa cara di atas supaya berhasil dalam melakukan pengecekan nomor KIP dengan baik dan benar.