Cara Download Rapor Mutu PMD Dikdasemen 2019

Cara Download Rapor Mutu PMD Dikdasemen 2019
Cara Download Rapor Mutu PMD Dikdasemen 2019


Rapor Mutu PMD Dikdasemen 2019 kini masih dipergunakan saat kondisi pembelajaraan yang masih dijalankan saat pandemi ini. 

Dalam halaman kemendikbud dinyatakan bahwa saat ni sekolah sudah bisa mendownload rapor mutu PMP Dikdasemen 2019. Dari setiap sekolah sudah wajib untuk memilikinya. 

Bagi sekolah yang belum memiliki rapor mutu tahun 2019 diwajibkan untuk melakukan pengiriman ulang dengan menggunakan aplikasi EDS (PMP) versi 2020.08.17 yang telah dirilis pada 1 September 2020 silam. 

Untuk pengiriman ulang bagi sekolah yang belum memiliki rapor mutu tahun 2019 diberi waktu satu bulan mulai dari 1 September – 30 September 2020. 

Telah dinyatakan pada halaman pmp.kemendikbud.go.id bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah telah merilis rapor mutu tahun 2019. 

Hal ini telah dinyatakan bahwa apresiasi kepada satuan pendidikan, pengawas, Dinas Pendidikan serta LPMP atas partisipasinya dalam mensukseskan program pemetaan mutu jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. 

Adapun ketentuannya sebagai berikut: 

  • Rapor mutu tahun 2019 telah dirilis dan dapat diakeses atau didownload melalui halaman resmi rapormutu.pmp.kemendikbud.go.id.Dinas pendidikan dan LPMP dapat mengakses rapor mutu menggunakan akun yang digunakan pada sistem manajemen PMP, satuan pendidikan juga dapat mengakses dengan user NPSN dan kata sandi menggunakan kode registrasi. 
  • Kepala LPMP sesuai dengan kewenangannya akan menindaklanjuti hasil rapor mutu tahun 2019 dengan melakukan pengolahan serta analis data mutu sehingga menghasilkan rekomendasi peningkatan yang efaktif. 
  • Perlu anda ketahui bahwasanya terdapat 33% sekolah belum memiliki rapor mutu, hal ini dikarenakan data tidak dapat diolah dan sekolah belum mengirimkan data. LDS LPMP, dinas pendidikan dan pengawas sekolah diharapkan dapat melakukan kewenangannya dalam mengidentifikasi permasalahan, layanan teknis, dan juga pemantauan terkait progress pengiriman data yang dilakukan sekolah. Daftar sekolah dapat diakses melalui website pmp.kemendikbud.go.id. 
  • Untuk sekolah yang tidak memiliki rapor mutu masih diberikan kesempatan untuk mengirimkan data menggunakan aplikasi versi 2020.08.17 selambat-lambatnya pada 1 Oktober 2020. Aplikasi tersebut dirilis dalam bentuk Patch dan Installer. Bagi sekolah yang sudah menginstal EDS versi sebelumnya dapat menggunakan Patch, sedangkan yang belum mengisi sama sekali atau telah melakukan Uninstall EDS harus menggunakan installer. 
  • Untuk pengaduan terkait rapor mutu dan penjaminan mutu pendidikan dapat disampaikan melalui kontak helpdesk atau email. 
  • Bagi yang belum mendownload rapor mutu bisa mengunduhnya melalui situs halaman rapormutu.pmp.kemdikbud.go.id. Anda nantinya akan diminta untuk mengisi username dan password saja untuk bisa login. Username dan password yang digunakan yaitu pada sistem manajemen PMP. Sementara untuk sekolah atau satuan menggunakan username NPSN dan kata sandi menggunakan kode registrasi. 

Apabila sudah memasukan username dan password anda bisa mengeklik saya bukan robot dan klik login untuk memasukinya. Anda sudah bisa mengunduh rapor mutu dengan klik unduh excel. 

Untuk sekolah yang khusus binaan yang belum memiliki rapor mutu 2019 bisa seera kirim ulang rapor mutu dengan menggunakan aplikasi PMP / EDS versi 2020.08.17. Dengan begitu, data nantinya akan tercantum secara keseluruhan. 

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara download rapor mutu 2019. Anda bisa mengikuti beberapa cara di atas bilamana belum mengetahuinya sama sekali. Dengan begitu, anda sudah bisa mengunduhnya dan menggunakan rapor mutu 2019 tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.