Cara Gunakan Aplikasi Ujian Semester Untuk SMA

Cara Gunakan Aplikasi Ujian Semester Untuk SMA



Sistem pembelajaran secara online kini sudah diterapkan oleh para siswa, hal itu mengingat kondisi saat ini yang masih belum aman akan Covid-19. 

Para siswa kini harus belajar di rumah masing-masing dengan menggunakan teknologi yang ada seperti smartphone ataupun laptop. 

Untuk tingkat SMA, mereka menggunakan smartphone untuk metode pembelajaran yang dilakukan. 

Bukan hanya smartphone saja yang bisa diandalkan untuk pembelajaran online, anda juga haruas memiliki kuota internet agar bisa mengakses berbagai materi yang disampaikan oleh guru. 

Selain itu, siswa juga akan diperintahkan untuk menggunakan aplikasi yang diberikan oleh gurunya. Seperti halnya aplikasi untuk ujian semester SMA yang harus dimiliki untuk bisa mengikuti ujian. 

Aplikasi Yang Dapat Digunakan Untuk Ujian Semester Tingkat SMA 


Sebelum menggunakan aplikasi Ujian Semester yang akan digunakan untuk SMA, anda harus mengetahui terlebih dahulu aplikasi yang digunakan untuk ujian Semester. Ada banyak sekali aplikasi yang bermunculan, jangan sampai anda salah menggunakannya. Salah satu aplikasi ujian semester yang efektif digunakan adalah edubox. 

Edubox merupakan salah satu perangkat server yang memiliki ukuran mini dengan performansi optimal untuk kebutuhan kmputasi anda dalam memberikan pengalaman mengajar sekaligus ujian yang akan membuat siswa senang menggunakannya. Aplikasi yang satu ini cukup efektif digunakan di setiap sekolah-sekolah dalam menjalankan ujian semester untuk anak tingkat SMA. 

Aplikasi yan. g satu ini terdiri dari Ujian Sekolah Berbasi Komputer, dimana perangkat fisik pada jaringan di dalamnya dapat disambungkan dengan jaringan komputer yang ada di sekolah anda. Meskipun menggunakan perangkat yang sama juga tidak menjadikan masalah karena dapat digunakan secara intranet di dalam kelas. 

Cara Menggunakan Aplikasi Edubox Untuk Ujian Semester Tingkat SMA 


Bagi anda yang ingin membuat ujian semester untuk tingkat SMA dengan menggunakan aplikasi yang satu ini cukup mudah dilakukan. Buka terlebih dahulu aplikasi yang anda gunakan, kemudian klik tombol tambah ujian dan akan muncul menu form ujian baru. Anda bisa menuliskan ujian baru yang akan anda buat tersebut. Jangan lupa untuk menuliskan mata pelajaran yang akan diujikan. 

Seperti halnya anda akan membuat ujian matematika, anda bisa menuliskan isi lama ujian dnegan angka saja. Hal ini dikarenakan sudah diformat dalam satuan menit, seperti format yang ditulis 90 menit maka ujian tersebut akan berlangsung selama 90 menit. Untuk membuat ujian semester, maka anda harus memilih menu ujian semester. Di dalamnya ada banyak menu pilihan, pilih sesuai yang dibutuhkan. 

Anda juga dapat melakukan pengacakan soal pada ujian semester yang diterapkan. Di dalamnya terdapat fitur acak soal yang dapat digunakan untuk mengacak soal yang akan diberikan kepada siswa. Begitu juga dengan fitur lainnya yang memiliki fungsi sama seperti mengacak jawaban ataupun hal lainnya. 

Setelah ujian telah dilakukan, hasil nilai akan diperoleh setelah proses penjawaban soal selesai semuanya. Anda tinggal menggunakan fitur tampil nilai setelah ujian. Anda juga dapat melakukan rekap apakah nilai tersebut masuk ke dalam nilai yang lulus atau tidak. Anda bisa memahami fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut sendiri bila sudah menggunakannya secara langsung. 

Cara Menambahkan User Baru 

Dalam menggunakan aplikasi untuk membuat ujian semester tersebut tentu membutuhkan peran dari guru lain, kepala sekolah ataupun wali kelas. Anda bisa menambahkan user baru untuk ikut mengintai soal yang diberikan kepada siswa nantinya. 

Caranya sangat mudah, lihat menu bagian kiri, yakni berandam pengguna pelajaran tugas dan ujian. Klik saja menu pengguna dan akan ada menu daftar pengguna dan klik tombol unduh data dan juga tambah pengguna. Anda sudah bisa menambahkan user baru melalui menu tersebut. 

Anda juga dapat memasukan beberapa data penting seperti NIK/NIP/NISN, email, dan lain sebagainya. Setelah itu, user baru bisa ditambahkan ke dalam aplikasi yang anda gunakan untuk membuat ujian semester tersebut. 

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menggunakan aplikasi ujian semester untuk tingkat SMA. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.