Begini Panduan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Berdasarkan Surat Edaran Kemendikbud No 4 Tahun 2020


Begini Panduan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Berdasarkan Surat Edaran Kemendikbud No 4 Tahun 2020


Covid-19 menjadi salah satu ancaman yang mampu mengguncang seluruh dunia. Berbagai dampak telah terjadi akibat adanya Covid-19 ini, salah satunya adalah sistem pembelajaran yang menjadi terganggu. 

Sempat diliburkan secara masal, pendidikan di Indonesia terhenti sejenak sambil mencari soulusi pembelajaran yang efektif. 

Hingga pada akhirnya, kementrian pendidikan dan kebudayaan memerintahkan kepada seluruh siswa untuk belajar secara online. 

Dari pihak pusat juga telah mengeluarkan tata cara dalam pembelajaran dari rumah yang harus dilakukan oleh para siswa. 

Sistem pembelajaran dari rumah tentu berbeda seperti biasanya yang mengharuskan anda bertatap muka secara langsung dengan guru anda sendiri. 

Sistem pembelajaran dari rumah ini hanya bersifat sementara sambil menunggu pandemi ini benar-benar sudah hilang. 

Panduan Belajar di Rumah Menurut Surat Edaran Kemendikbud 


Sistem pembelajaran dari rumah kini sudah diterapkan semenjak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sudah diterapkan oleh pemerintah. 

Dimana semua siswa harus melakukan pembelajaran jarak jauh dari rumah masing-masing. Hal itu sudah ditetapkan dalam surat edaran Kemendikbud nomor 4 tahun 2020. 

“Saat ini layanan pembelajaran masih mengikuti SE Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 yang diperkuat dengan SE Sekjen Nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan BDR selama darurat Covid-19” ujar Chatarina. 

Tujuan dilakukannya sistem pembelajaran dari jarak jauh adalah untuk memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan sistem pelayanan selama darurat Covid-19, melindungi warga satuan pendidikan dan mencegah terjadinya penularan Covid-19. 

Poin Penting Panduan Belajar Dari Rumah 


Ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui dengan adanya sistem pembelajaran dari jarak jauh sebagai berikut: 

Metode Pelaksanaan BDR 

Metode pembelajaran jarak jauh dari rumah dapat dilakukan dengan menggunakan media smartphone ataupun laptop. 

Hal itu menyesuaikan dari kesanggupan masing-masing para peserta didik. Sistem pembelajaran dilakukan secara online sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan oleh masing-masing pihak sekolah. Pelaksanaan BDR di rumah masing-masing juga mengharuskan anda untuk menggunakan seragam. 

Peran Dinas Pendidikan 

Dari dinas pendidikan sendiri memiliki peran dalam membentuk pendidikan, koordinasi secara daring dengan kemendikbud, melakukan pendataan di setiap daerah, melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan BDR dan memberikan fasilitas pembelajaran daring dan luring. 

Peran Kepala Satuan Pendidikan 

Kepala satuan pendidikan juga memberikan peran terhadap sistem pembelajaran dari rumah masing-masing seperti halnya membuat rencana berkelanjutan pembelajaran, melakukan pembinaan dan pemantauan kepada guru, membentuk tim siaga darurat guna mencegah terjadinya penularan Covid-19, berkoordinasi dan memberikan laporan berkala kepada dinas pendidikan dan pos pendidikan daerah. Peran kepala satuan pendidikan satuan sangatlah penting untuk sistem pembelajaran yang dilakukan secara online. 

Peran Pendidik 

Bagi pendidik juga memiliki peran yang sangat penting, dimana pendidik harus memberikan pengajaran yang efektif. 

Pendidik harus bisa memberikan fasilitas terhadap para siswa yang belajar dengan sistem daring. Salah satu fasilitas yang harus dipenuhi adalah biaya kuota yang menjadikan keberatan para siswa karena harus menghabiskannya dalam jumlah yang banyak. 

Selain itu, para pendidik juga harus berinteraksi dengan murid dan orang tua wali murid supaya efektif untuk pembelajaran yang dilakukan. 

Dengan begitu, para orang tua wali murid tidak akan keberatan dengan sistem pembelajaran yang dilakukan. 

Demikian beberapa informasi mengenai panduan belajar dari rumah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Anda harus mematuhi segala peraturan yang sudah ditentukan. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terima kasih.