81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

RPP Kelas 3 SD MATPEL Tematik Bahasa Indonesia Semester 2

Cadiak.id Sehubungan dengan kegiatan belajar mengajar yang dialihkan menjadi #dirumahaja, maka mau tidak mau Pendidik harus menyiapkan dan memanfaatkan media online sebagai tempat untuk melangsungkan proses pembelajaran. 

RPP Kelas 3 SD MATPEL Tematik Bahasa Indonesia Semester 2

Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan penyesuaian pada Rancangan Program Pembelajaran, yang mungkin telah disiapkan, namun karena metode nya berubah maka harus direvisi kembali. Disini kami membantu Pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam mempersiapkan RPP Kelas 3 SD MATPEL Tematik Bahasa Indonesia Semester 2, tentu saja yang bersifat daring atau online.

Adapun Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai dari RPP Kelas 3 SD MATPEL Tematik Bahasa Indonesia Semester 2 Pembelajaran Online adalah sebagai berikut:
  1. Melaui pengamatan vidio pembelajaran tentang berbagai gambar/simbol rambu lalu lintas, siswa dapat mengidentifikasi rambu lalu lintas dengan baik dan benar.
  2. Melalui pengamatan lingkungan sekitar, diskusi dan tanya jawab siswa dapat menjelaskan berbagai arti rambu lalu lintas yang pernah di temui di lingkungan sekitar dengan baik dan benar.
  3. Melaui penugasan, siswa dapat membuat gambar sederhana beserta artinya salah satu rambu lalu lintas dengan baik dan benar.
Kegiatan Pembelajaran dari RPP Kelas 3 SD MATPEL Tematik Bahasa Indonesia Semester 2 dibagi atas 2 bagian yaitu:
Kegiatan Awal
  1. Guru menyapa orang tua siswa di WAG dengan menanyakan kedaan anak.
  2. Guru mengambil absen dengan meminta siswa mengirim emoticon tersenyum dan lambaian tangan.
  3. Guru melakukan appersepsi dengan menanyakan kepada siswa kegiatan yang mereka lakukan semenjak bangun tidur samapai saat mereka melaksanakan pembelajaran.
  4. Guru memberi apresiasi terhadap jawaban siswa, dan memotivasi siswa untuk tetap melakukan kegiatan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari
Kegiatan Inti
  1. Siswa mengidentifikasi simbol lalu lintas yang ditemukannya sepanjang perjalanan ke sekolah.
  2. Siswa mengamati vidio pembelajaran melalui link https://youtu.be/O0_82SdJ-bY
  3. Bagi siswa yang sudah selesai menonton vidio pembelajaran, diminta mengirimkan emoticon wisudawan/wisudawati, dan guru memberikan apresiasi
  4. Siswa menjelaskan kembali simbol lalu lintas berdasarkan materi yang telah mereka dapatkan dari video pembelajaran.
  5. Siswa mengamati simbol/ranbu lalu lintas yang ada di lingkungan rumahnya rumahnya masing-masing dan menceritakannya melalui voice note.
  6. Guru memberi apresiasi terhadap jawaban siswa.
  7. Siswa bekerjasama dengan orang tua di rumah membuat gambar simbol lalu lintas yang pernah ditemuinya misalnya tikungan kekanan, tanjakan, lampu lalu lintas dan sebagainya, dengan alat dan bahan diserahkan kepada siswa sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan bahan yang ada seperti : Kertas karton/ buku gambar/, penggaris, pensil, spidol, krayon.
  8. Siswa diberi tenggang waktu 30 menit untuk menyelesaikan tugasnya.
  9. Siswa memposting gambarnya simbol lalu lintas beserta artinya dan dikirim ke WAG.
RPP Kelas 3 SD MATPEL Tematik Bahasa Indonesia Semester 2 Pembelajaran Online lengkapnya dapat dilihat, serta diunduh melalui tautan dibawah ini: