81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Contoh SK Pengangkatan Komite Sekolah 2020

Contoh SK Pengangkatan Komite Sekolah 2020 - Komite sekolah dibentuk sebagai bagian dari penerapan Managemen Berbasis Sekolah (MBS). Dalam MBS, sekolah mempunyai wewenang untuk mengelola dirinya sendiri. Pengelolaan sekolah ini dijalankan dengan asas partisipasi, transparansi dan akuntabilitas. Artinya dalam pengelolaan sekolah, Dewan Pendidik, khususnya kepala sekolah bekerja sama dengan masyarakat sekolah. Oleh sebab itu diperlukan wadah yang bisa dipakai oleh masyarakat sekolah untuk mengemban amanat tersebut. Wadah tersebut adalah KOMITE SEKOLAH. Dasar hukum pembentukan komite sekolah adalah Kepmendiknas Nomor 044/U/2002. Sejak Kepmendiknas tersebut diundangkan, sudah banyak komite sekolah yang didirikan.
Contoh SK Pengangkatan Komite Sekolah 2020
Berbeda dengan badan-badan dan organisasi-organisasi sejenis sebelumnya, komite sekolah mempunyai kemandirian yang lebih tinggi. Kita mengenal POM (Persatuan Orang Tua Murid), BPOM (Badan Persatuan Orang Tua Murid), BP3 (Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan) sebagai badan-badan yang membantu sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah, khususnya di bidang pendanaan. Ketiga badan tersebut bersifat membantu sekolah. Dalam arti badan ini „baru bergerak“ apabila sekolah membutuhkan. Komite sekolah berbeda dari ketiga badan yang mendahuluinya tersebut. Seperti dijelaskan dalam Kepmendiknas Nomor 044/U/2002, peran komite sekolah tak sekadar membantu sekolah dalam penggalangan dana. Komite sekolah mempunyai peran yang jauh lebih luas, yaitu (1) penasehat; (2) pendukung; (3) pengontrol; dan (4) mediator. Untuk menjalankan peran yang demikian besar, komite sekolah dibuat mandiri. Komite sekolah mandiri artinya tidak di bawah koordinasi kepala sekolah, tetapi bermitra dengan kepala sekolah dalam memajukan sekolahnya.

Mengingat dengan pentingnya Komite Sekolah tersebut, dan bagi Sekolah-sekolah yang ingin membentuk Komite Sekolah tentunya harus membuatkan Surat Keputusan Pengangkatan Anggota, dan Struktur Organisasi Komite Sekolah tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, maka berikut ini kami bagikan Contoh SK Pengangkatan Komite Sekolah tahun 2020 yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Sekolah: