81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru

Cadiak.id - Kemendikbud saat ini telah berhasil merancang dan menerbitkan Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru, buku ini diterbitkan dengan konstruksi Kurikulum 2013 yang diperbaharui terakhir tahun 2018. Buku ini terbagi atas 2 versi, yaitu versi siswa dan versi guru. Buku ini tersedia PDF yang berarti dapat dibaca tanpa perlu di cetak ataupun di fotocopy, guru dan siswa dapat membaca buku ini cukup dari smartphone masing-masing.
Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru
Adapun dalam katalognya Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru ini diterbitkan dengan rincian sebagai berikut:
  1. Penulis : Hendriana Werdhaningsih, Wawat Naswati, Desta Wirnas, Rinrin Jamriati.
  2. Penelaah : Kahfi ati Kahdar, Ana, Djoko Adi Widodo, Samsul Hadi, Wahyu Prihatini, Rozmita Dewi, Caecilia Tridjata Suprabanindya, Latif Sahubawa, Suci Rahayu.
  3. Pe-review : Sri Utami
  4. Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
  5. Untuk SMA Kelas XII.
Dalam halaman Disklaimer disampaikan: Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan ”dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Pada bagian pengantar nya penulis Buku Paket Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru ini menyampaikan: Pada Kelas XII, peserta didik akan menjalankan proses pembelajaran yang lebih ditekankan kepada simulasi berwirausaha dengan memanfaatkan keterampilan, melihat peluang pasar, berpikir kreatif, merancang, memproduksi, mengemas, dan memasarkan dengan orientasi pasar yang lebih luas. Kegiatan pembelajaran juga menekankan kepada kemampuan bekerja di dalam kelompok, sehingga peserta didik memiliki keterampilan untuk bekerja sama. Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XII melatih sikap, memberikan pengetahuan, dan mengasah keterampilan peserta didik untuk siap menjalankan wirausaha sesuai bidang prakarya yang diminati, serta sesuai dengan potensi khas daerah masing-masing.

Buku ini membimbing peserta didik untuk melakukan kegiatan secara bertahap, sesuai tahapan yang dilakukan untuk memulai suatu usaha. Pada setiap Bab, diawali dengan pengetahuan tentang konteks dari bidang prakarya; kerajinan, rekayasa, budi daya, dan pengolahan. Proses pembelajaran selanjutnya terdiri atas kegiatan yang merupakan tahapan hingga pada tahap akhir, yaitu kegiatan simulasi wirausaha. Peserta didik dapat secara aktif memperkaya pengetahuan dengan mencari data dan informasi dari berbagai sumber lain di luar buku ini. Peserta didik juga dapat mengembangkan ide sesuai dengan ciri khas dan potensi daerahnya agar kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran menjadi nyata dan sesuai dengan peluang dan kebutuhan yang ada.

Bagi guru dapat mendownload dan membaca Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru melalui tautan dibawah ini:

Bagi siswa dapat mendownload dan membaca Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru melalui tautan dibawah ini: