Tutorial Cara Menggunakan e-Learning Madrasah LENGKAP!

Cadiak.id - Pada artikel sebelumnya kita telah memahami tentang apa itu e-learning madrasah, nah kali ini kita akan bagikan cara menggunakan e-learning madrasah LENGKAP! Seluruh Madrasah di Indonesia dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi e-Learning Madrasah yang telah disediakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Kementerian Agama.
Tutorial Cara Menggunakan e-Learning Madrasah LENGKAP!
Namun banyak dari kita masih belum memahami cara penggunaan e-Learning Madrasah tersebut. Hal tersebut tidak lagi menjadi masalah karena disini kami akan membagikan tata cara penggunaan e-learning madrasah lengkap beserta video yang dapat dijadikan sebagai referensi.
  1. Pertama silahkan menuju https://www.elearning.kemenag.go.id, kemudian madrasah anda harus melakukan autentikasi hak operator madrasah (User Authentication) terlebih dahulu, yakni konfirmasi data user atau akun operator madrasah yang akan menggunakan E-Learning Madrasah. Caranya, Operator Madrasah mengakses laman website e-learning madrasah di alamat https://elearning.kemenag.go.id/. catatan: Password untuk login ini nantinya dapat diubah;
  2. Kedua, setelah berhasil login, Operator madrasah harus mengunggah file scan SK Operator Madrasah dari madrasahnya untuk dilakukan verifikasi dan validasi oleh tim admin pusat;
  3. Setelah verifikasi disetujui, operator madrasah akan dapat mengunduh file Aplikasi E-Learning beserta panduannya yang kemudian akan dapat diinstal di komputer utama (server) milik madrasah. Operator juga akan mendapatkan token dan password untuk dapat mengakses Aplikasi E-Learning tersebut.

Setelahnya, Operator Madrasah dapat melakukan pengelolaan melalui aplikasi E-Learning Madrasah ini. Termasuk membuat akun guru, wali kelas, kepala madrasah, hingga semua siswa di madrasah tersebut.

Bagi yang masih belum paham, dapat melihat video tutorial Cara Menggunakan e-Learning Madrasah berikut ini: