81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

5 Cara Praktis Screenshot Layar Laptop atau Komputer di Windows 8 dan Windows 10

Cara Praktis Screenshot Layar Laptop atau Komputer di Windows 8 dan Windows 10 - Sebagai seorang pengajar sudah seharusnya seorang guru tidak hanya jago dalam mata pelajaran saja, namun softskill juga harus tetap diasah untuk menunjang skill utama tersebut. Salah satu soft skill yang sudah harus dimiliki masing-masing guru di era teknologi saat ini yaitu screenshot layar Laptop atau Komputer. Terkadang kita memerlukan untuk melakukan tangkapan layar laptop atau komputer, namun banyak dari kita yang masih belum tahu cara melakukan screenshot atau skrinsut atau skrinsot atau screenshoot atau screensot ataupun screenshut. Ketahuilah bahwa program Microsoft Windows 8 dan Windows 10 telah dibekali fitur-fitur dan software yang jarang kita ketahui, yang dapat kita manfaatkan untuk melakukan screenshot, lantas apa saja fitur-fitur dan software yang dapat kita manfaatkan tersebut ? Berikut ulasannya: Baca Juga: Cara Screenshot Layar Laptop atau Komputer di Windows 7
5 Cara Praktis Screenshot Layar Laptop atau Komputer di Windows 8 dan Windows 10
Screenshot di Windows 8

  1. Melalui Windows + Print Screen: Untuk melakukannya Anda cukup menekan tombol windows dan Print Screen secara bersamaan. Kemudian hasil dari screenshot akan tersimpan secara otomatis di dalam pictures library.2
  2. Menggunakan Software Snipping Tools: Untuk membuka fitur ini Anda bisa menekan tombol Start, lalu dilanjutkan dengan memilih All Programs dan dilanjutkan kembali dengan memilih Accessories serta klik Snipping tool. Anda dapat mengambil area screenshot secara spesifik ataupun keseluruhan di layar monitor menggunakan aplikasi Snipping Tool ini. Caranya adalah dengan klik new lalu save setelah selesai mengambil screenshot
  3. Cara ketiga yaitu dengan menggunakan PrtSc cara yang mungkin paling sering Anda gunakan yakni dengan menekan tombol PrtSc atau PrtScn yang biasanya terletak di pojok kanan atas. Perbedaannya dengan snipping tools adalah, pada Windows 10 jika Anda menggunakan cara kedua ini maka secara otomatis gambar yang Anda ambil akan tersimpan di dalam folder screenshots di dalam folder pictures.
  4. Menggunakan Windows + H: yang dapat Anda coba merupakan cara yang baru ada di Windows 10. Untuk mengambil gambar pada layar Anda dengan tujuan sharing, Anda dapat menekan tombol Windows berbarengan dengan huruf H. Dengan melakukan ini secara otomatis layar Anda akan dicapture dan kemudian laptop Anda secara otomatis akan membukan windows share toolbar sehingga Anda dapat segera mengirimkan file tersebut kepada teman Anda melalui berbagai media sosial yang telah dihubungkan sebelumnya.
  5. Cara kelima yaitu: merupakan salah satu cara cepat dan merupakan modifikasi dari beberapa cara diawal, yakni dengan cara menekan tombol Alt berbarengan dengan PrtSc/PrtScn di keyboard Anda. Dengan menekan kedua tombol ini Anda dapat mengambil gambar jendela yang sedang aktif. Kekurangannya sebagaimana cara kedua dan ketiga, Anda harus tetap menyimpan gambar ini secara manual dengan cara klik paste pada aplikasi-aplikasi semisal image editor.
Screenshot di Windows 10
Selain 2 cara di Windows 8 diatas, anda juga dapat menggunakan fitur-fitur tambahan yang tersedia di Windows 10 untuk melakukan tangkapan layar atau biasa disebut Screenshot:
  1. Cara Pertama yaitu dengan menggunakan PrtSc cara yang mungkin paling sering Anda gunakan yakni dengan menekan tombol PrtSc atau PrtScn yang biasanya terletak di pojok kanan atas. Perbedaannya dengan snipping tools adalah, pada Windows 10 jika Anda menggunakan cara kedua ini maka secara otomatis gambar yang Anda ambil akan tersimpan di dalam folder screenshots di dalam folder pictures.
  2. Cara Kedua yaitu: Menggunakan Windows + H: yang dapat Anda coba merupakan cara yang baru ada di Windows 10. Untuk mengambil gambar pada layar Anda dengan tujuan sharing, Anda dapat menekan tombol Windows berbarengan dengan huruf H. Dengan melakukan ini secara otomatis layar Anda akan dicapture dan kemudian laptop Anda secara otomatis akan membukan windows share toolbar sehingga Anda dapat segera mengirimkan file tersebut kepada teman Anda melalui berbagai media sosial yang telah dihubungkan sebelumnya.
  3. Cara kelima yaitu: merupakan salah satu cara cepat dan merupakan modifikasi dari beberapa cara diawal, yakni dengan cara menekan tombol Alt berbarengan dengan PrtSc/PrtScn di keyboard Anda. Dengan menekan kedua tombol ini Anda dapat mengambil gambar jendela yang sedang aktif. Kekurangannya sebagaimana cara kedua dan ketiga, Anda harus tetap menyimpan gambar ini secara manual dengan cara klik paste pada aplikasi-aplikasi semisal image editor.

    Mudah dan praktis bukan ?