81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Pendampingan Implementasi Digital Marketing: Upaya Mahasiswa Komunikasi Sekolah Vokasi IPB University Tingkatkan Pemasaran Produk UMKM

Cadiak.id – Mahasiswa Komunikasi Sekolah Vokasi IPB University melaksanakan program IPB Goes to Field (IGTF) dalam rangka membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah meningkatkan pemasaran produk. Program ini berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University. Mahasiswa dibagi dalam 30 kelompok yang akan membantu UMKM di lingkar kampus IPB University. IPB Goes to Field mulai dilaksanakan pada Oktober hingga Desember ini.

Pendampingan Implementasi Digital Marketing: Upaya Mahasiswa Komunikasi Sekolah Vokasi IPB University Tingkatkan Pemasaran Produk UMKM
Kunjungan Pertama Ke Lokasi UMKM


Kelompok IGTF 9 mendapatkan kesempatan untuk membantu UMKM Gapoktan Mandiri Jaya yang berlokasikan di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Pada hari Jumat (29/10/2021) kelompok IGTF 9 melakukan kunjungan pertama untuk mengetahui lokasi dan kondisi UMKM. Kedatangan kelompok IGTF 9 disambut baik oleh Bapak Ahmad Bastari. S.R selaku pemilik UMKM.

Selama berdirinya gapoktan ini sudah banyak ditawari kerjasama oleh perusahan untuk menjadi pemasok ubi, bahkan ada perusahaan luar negeri yang sempat menawarkan kerja sama pada mereka. Namun karena modal yang mereka miliki masih terbatas serta rasa khawatir akan produk yang dihasilkan tidak layak, Gapoktan Mandiri Jaya belum berani untuk mengambil tawaran tersebut. Keseriusan Bapak Ahmad Bastari dalam mengembangkan pertanian membuatnya sempat ditawari oleh pemerintah untuk mengembangkan pertanian di luar daerah, namun beliau lebih memilih mengembangkan usahanya bersama masyarakat Desa Cikarawang. Meskipun begitu beliau tidak menutup diri untuk orang-orang yang ingin belajar cara mengembangkan pertanian bersama beliau.

Produk yang dihasilkan oleh UMKM Gapoktan Mandiri Jaya, yaitu: butter cookies, brownies ubi khas bogor, teh tubi daun ubi, teh daun ubi jalar, tepung hurip, keripik singkong, keripik daun ubi jalar, keripik pangsit bawang, kacang sembunyi, dan saus sambal cap ibu jari jempol. Selain itu, UMKM Gapoktan Mandiri Jaya juga menjual ubi mentah yang ditanam di lahan sendiri.

Bapak Ahmad mengaku penjualan produk selama masa pandemi COVID-19 menurun. Selain itu, Bapak Ahmad juga memiliki kendala dalam pemasaran karena ada beberapa produk yang belum memiliki sertifikasi halal. Bapak Ahmad memiliki keinginan untuk meningkatkan pemasaran produk, khususnya produk-produk yang merupakan olahan dari tepung ubi.

Dokumentasi IGTF
Dokumentasi IGTF / Dok. Pribadi

Guna membantu Bapak Ahmad meningkatkan pemasaran produk, kelompok IGTF 9 mendampingi pengimplementasian digital marketing dalam pemasaran produk UMKM Gapoktan Mandiri Jaya. Langkah awal yang dilakukan kelompok IGTF 9 adalah memberikan edukasi kepada UMKM terkait tata cara penggunaan media digital serta kelebihan penggunaanya dalam pemasaran. Kelompok IGTF 9 juga membuatkan buku saku penggunaan e-commerce dan media sosial agar dapat dibaca dan dipelajar oleh UMKM. Setelah itu, kelompok IGTF 9 membantu dalam pembuatan akun e-commerce dan media sosial UMKM yaitu, Shopee, GrabFood, dan Instagram. Setelah pembuatan akun, kelompok IGTF 9 mengambil foto dan video produk sebagai bahan promosi pada e-commerce dan media sosial UMKM. Kegiatan pendampingan dan pengimplementasian digital marketing yang sedang terlaksana ini bertujuan agar produk UMKM Gapoktan Mandiri Jaya semakin dikenal oleh masyarakat dan dapat meningkatkan minat masyarakat dalam pembelian produk. Kelompok IGTF 9 juga membantu menjembatani UMKM dalam mendapatkan sertifikasi halal melalui IPB Halal Center.

Terlaksananya kegiatan pendampingan dan pengimplementasian digital marketing pada UMKM dalam program IPB Goes to Field ini, diharapkan UMKM yang berada di lingkar kampus IPB University khususnya UMKM Gapoktan Mandiri Jaya dapat berkembang dan semakin berkualitas sehingga dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, program IPB Goes to Field juga diharapkan dapat menjalin hubungan baik antara Mahasiswa Komunikasi Sekolah Vokasi IPB University dan masyarakat.

 

Press Contact

Atisah Raihan Fadillah

0831-8233-8400

atisaraihan11@gmail.com

Post a Comment

Post a Comment