Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Atmosfer Lengkap! - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

6/06/2021

Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Atmosfer Lengkap!

Daftar Isi [Show]

Cadiak.id – Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Atmosfer Lengkap! - Pelajar, tahu tidak kalian bahwa ternyata bumi kita itu dilindungi dengan sebuah perlindungan yang membuat bumi kita itu bisa aman dari berbagai macam benda yang menyerang atau yang jatuh dari luar angkasa? Bagi pelajar dewasa khususnya yang fokus ke bidang Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA serta jurusan yang berkutat dengan yang namanya antariksa pastinya sudah tahu benda apakah itu yang melindungi bumi kita. Namun bisa jadi belum semua orang mengetahui benda apa itu, oleh sebab itu yuk simak informasinya dibawah ini.

Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Atmosfer Lengkap!

Jadi, pelindung yang melindungi bumi kita selama ini bernama atmosfer. Atmosfer berada di luar bumi kita, dia menjadi pelindung bumi dari segala macam mara bahaya benda-benda langit yang bisa jadi jatuh dan akan memasuki bumi kita ini. Begitu hebatnya Pencipta Alam semesta ini sehingga membuat perlindungan yang sangat hebat yang akan sangat diperlukan. Perlunya atmosfer ini pastinya salah satunya ialah agar kita bisa terlindungi dari berbagai macam benda luar angkasa yang akan jatuh ke dalam bumi kita ini. Karena jika ada benda luar angkasa lebih-lebih yang ukurannya sangat besar memasuki bumi, maka bisa jadi bumi kita akan rusak dan hancur karena kekuatan benda tersebut yang sangat hebat.

Atmosfer ini akan selalu selalu dibahas baik di jenjang dasar, menengah hingga tinggi. Hanya saja nantinya dalam prakteknya tingkat kesulitan yang akan dipelajari pastinya akan berbeda. Misalnya, jika pada jenjang dasar maka tingkat kesulitannya akan hanya sebatas pengenalan saja atau jenis-jenisnya saja. Dan sebagainya. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) sampai saat ini masih banyak diikuti oleh siswa sekolah. Materi pelajaran bisa didapat dari guru juga dari referensi lain. Bagi siswa yang sedang belajar atmosfer, berikut ini dijelaskan pengertian, fungsi, dan manfaat atmosfer. Informasi dilansir dari Rumah Belajar Kemendikbud Ristek.

Pengertian dari Atmosfer

Atmosfer berasal dari bahasa Yunani yakni “Atmos“ yang berarti “uap air atau gas” serta “Sphaira“ yang berartikan “selimut”. Jadi Atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti suatu planet, termasuk juga bumi. Dari permukaan planet itu sampai jauh di luar angkasa dengan ketebalan ialah kurang lebih 1.000 km dari permukaan bumi serta juga bermassa 59 x 1.014 ton. Di Bumi, atmosfer tersebut terdapat dari ketinggian 0 km dari permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan pada bumi. Apakah atmosfer hanya ada di Bumi? Tentu saja tidak. Beberapa planet lainnya juga dilapisi oleh atmosfer, tetapi kandungannya berbeda-beda.

Fungsi-fungsi Atmosfer

Atmosfer berfungsi mengatur proses penerimaan panas sinar matahari. Atmosfer melakukannya dengan menyerap dan memantulkan panas yang dipancarkan oleh matahari. Sekitar 34 persen panas matahari kembali dipantulkan ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan juga permukaan bumi. Kemudian sekitar 19 persen diserap oleh atmosfer dan awan, selanjutnya sekitar 47 persen sisanya mencapai permukaan bumi. Berikut fungsi dari atmosfer :

  1. Pelindung bumi, agar suhu bumi tetap stabil dan menjaga agar cuaca dan kelembaban udara di dalam bumi juga tetap stabil.
  2. Penyeimbang dan penyeimbang keadaan di dalam dan di luar bumi.
  3. Mengurangi rasa panas yang diberikan langsung oleh cahaya matahari.
  4. Melindungi bumi dari serangan meteor-meteor atau benda-benda luar angkasa.
  5. Menjaga agar grafitasi bumi tetap stabil.

Manfaat dari Atmosfer

Berikut ini manfaat atmosfer:

  1. Melindungi bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet dengan lapisan ozon. Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.
  2. Melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa yang jatuh akibat gaya gravitasi bumi.
  3. Atmosfer juga menjadi media cuaca yang bisa memengaruhi hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dan lain sebagainya.
  4. Memiliki kandungan berbagai macam gas yang diperlukan oleh manusia, tumbuhan, dan juga hewan untuk bernapas dan kebutuhan lainnya seperti oksigen, nitrogen, karbondioksida.
Demikian artikel mengenai Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Atmosfer Lengkap! semoga dapat bermanfaat!




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done