Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

4/12/2021

Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Daftar Isi [Show]

Apa yang dimaksud dengan Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum? Bagi anda ingin memahami lebih lanjut terkait dengan konsep dan bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional, sekaligus bisa menganalisis contoh asesmen literasi membaca dan numerisasi, maka sudah tepat jika membaca artikel ini.

Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum
Disini kami akan menjelaskan secara ringkas tentang apa yang dimaksud pada judul. Sehingga sedikit banyak, akan sedikit membantu bagi anda yang masih belum paham.

Seperti yang kita ketahui, program guru belajar dan berbagi seri asesmen kompetsni minimum merupakan program pembelajaran yang dirancang untuk membantu para Guru, Kepala Sekolah, Pengawas SD, SMP, SMA/SMK sederajat.

Khususnya dalam memahami tujuan, konsep, sekaligus bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional. Serta bisa melakukan analisis contoh asesmen literasi membaca dan numerisasi pada AKM.

Ada beberapa tujuan dibentuknya program Guru Belajar dan Berbagi Seri AKM. Beberapa diantaranya mencakup :

  • Bisa lebih paham dengan konsep Asesmen Nasional
  • Memahami lebih baik tentang bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional.
  • Bisa melakukan analisis contoh asesmen literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Minimum.
  • Bisa melakukan analisis pada contoh asesmen numerisasi dalam Asesmen Kompetensi Minimum.
  • Membaca dan menindaklanjuti laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum
  • Melakukan pengimbasan dengan mengajak pada rekan guru yang lain guna mengikuti program Guru Belajar dan berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum.

Lebih lanjut, setidaknya ada 3 pola yang menjadikan program ini menjadi seru untuk dipelajari bersama. Beberapa diantaranya terkait dengan :

  • Lebih Fleksibel : Pasalnya anda bisa mengatur sendiri waktu belajar sesuai dengan adanya waktu luang.
  • Lebih Mudah : Dalam hal ini, anda bisa lebih mudah dalam mempelajari konten pembelajaran yang sudah dirancang sedemikian rupa menjadi unit belajar yang lebih kecil.
  • Lebih Kolaboratif : Anda bisa dengan mudah belajar dengan rekan yang lain, dengan guru, kepala sekolah, serta juga pengawas. Bahkan anda bisa belajar bersama dengan PKBM.

Sedangkan dari sisi pelaksanaan atau tahapan, setidaknya terbagi dengan dua kategori. Yakni tahap 1 Bimtek dan juga tahap 2 pengimbasan.

Pada tahap bimtek, peserta mengikuti orientasi terlebih dahulu untuk bekal terkait dengan latar belakang, tujuan umum, kebijakan sekaligus alur program Guru Belajar dan Berbagi seri AKM.

Sedangkan untuk tahap dua yakni pengimbasan, maka peserta diharap sudah bisa menjadi bagian dari perubahanpendidikan dengan cara mengajak dan mendampingi guru lain pada satuan pendidikan.

Sehingga guru lain juga mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri AKM. Peserta bisa mendokumentasikan video pengimbasan serta mengunggahnya di kanal video berbagi seperti Youtube.

Jika anda membaca ringkasan singkat di atas, tentu sedikit banyak sudah bisa lebih paham dengan beberapa poin yang kami maksud.

Akan tetapi, jika dirasa masih kurang lengkap, maka bisa mengakses laman https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-asesmen-kompetensi-minimum/ untuk informasi lebih lanjut.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done