Tujuan Bimtek Lesson Studi Pengembangan Kompetensi Dosen LPTK - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

2/02/2021

Tujuan Bimtek Lesson Studi Pengembangan Kompetensi Dosen LPTK

Daftar Isi [Show]

Apa Tujuan Bimtek Lesson Studi Pengembangan Kompetensi Dosen LPTK? Seiring dengan perkembangan zaman yang serba teknologi, salah satu penggerak pertumbuhan pendidikan di Indonesia ialah menerapkan sistem daring.

Tujuan Bimtek Lesson Studi Pengembangan Kompetensi Dosen LPTK
Salah satunya diterapkan pada Bimtek Lesson Studi, yang saat ini dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Apa yang menjadi tujuan serta hasil apa yang diharap dari penerapan Bimtek Lesson Studi?

Merangkum dari situs resmi ristekdikti.go.id, setidaknya ada beberapa poin yang menjadi tujuan digelarnya Bimtek Lesson Studi secara daring. Apa saja?

Tujuan dari Bimtek Pelatihan Lesson Studi for Learning Community (LSLC) bertujuan untuk :

  • Mengenalkan pola pembinaan kompetensi dosen secara berkelanjutan menggunakan model LSLC.
  • Mengupayakan peningkatan pemahaman kalangan dosen terkait dengan kurikulum pendidikan tinggi serta implementasi yang diterapkan pada pembelajaran (kurikulum intruksional)
  • Meningkatkan kemampuan dosen dalam merancang pembelajaran (menyusu chapter dan lesson design) yang berorientasi pada SCL sekaligus pemanfaatan Teknologi Informasi (ICT). Baik itu dalam kegiatan pembelajaran tatap muka ataupun pembelajaran dalam jaringan (daring).
  • Upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan dosen dalam mengembangkan pembelajaran dengan paradigma TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge).
  • Meningkatkan kemampuan dosen dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan basis SCL, yakni dengan menempatkan dosen sebagai fasilitator belajar.
  • Meningkatkan kemampuan dosen dalam melakukan observasi sekaligus menganalisis pembelajaran melalui kegiatan ope class dan refleksi. Baik itu dalam pembelajaran tatap muka ataupun pembelajaran secara online.
  • Meningkatkan kemampuan dosen dalam menyusun serta menerapkan asesmen autentik. Khususnya dalam proses evaluasi pembelajaran.
  • Meningkatkan kemampuan dosen untuk melakukan kajian atau penelitian terkait dengan peningkatan keterampilan hidup abad ke-21 dan mempublikasikan hasil inovasi pembelajaran.
  • Meningkatkan kemampuan dosen dalam melakukan penyusunan rencana implementasi Lesson Studi dalam perkuliahan serta mengimbaskan di kampus dan di sekolah dalam bentuk aktivitas Kemitraan Sekolah – Universitas melalui Program Latihan Profesi atau sejenisnya di sekolah.
  • Meningkatkan jumlah motor penggerak dalam pengembangan Lesson Study pada perguruan tinggi.
  • Memberikan fasilitas pada terlaksananya Kemitraan Sekolah – Universitas dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran calon guru di LPTK.
Melihat daftar tujuan yang sudah disebutkan diatas, lantas apa yang diharapkan dari pelaksanaan Lesson Study LSLC?

Hasil yang diharap setelah mengikuti bimtek LSLC, tentu para dosen di tuntut untuk menggenapi beberapa tujuan yang sudah terangkum diatas. Apa saja?

  • Para dosen LPTK akan memperoleh pengalaman yang lebih baik dalam mengembangkan kompetensi pedagonis guna meningkatkan keprofesionalannya melalui sistem pemberdayaan kolegial berkelanjutan dengan basis praktik LSLC.
  • Terbangunnya suatu wadah kolaborasi antar dosen pada suatu rumpun ilmu agar bisa menunjang upaya pengembangan kompetensi dosen sekaligus kualitas pembelajaran yang diterapkan.
  • Terbangunnya sistem pemberdayaan kolegial dosen berkelanjutan dengan basis praktik di tingkat program studi (prodi).

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami bahas, semoga bisa membantu!




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done