Tips Agar Lulus UTBK - SBMPTN dan Bisa Diterima Di Kampus Idaman

Bisa disebut jika Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 sudah menanti. Bagi anda lulusan SMA / Sederajat, menjadi momen yang dinanti-nantikan untuk menjemput impian masuk ke PTN yang di inginkan.

Tips Agar Lulus UTBK - SBMPTN dan Bisa Diterima Di Kampus Idaman

Besarnya minat para peserta dari tahun ke tahun, menjadikan persaingan semakin ketat. Bahkan setiap tahunnya, peraturan pelaksanaan UTBK, SNMPTN, dan SBMPTN selalu berubah.

Salah satu contohnya di tahun 2020, pelaksanaan SBMPTN mengalami perubahan yang cukup signifikan dibanding dengan tahun sebelumnya. Tidak terkecuali karena pandemi yang masih bertahan hingga saat ini.

Meski begitu, adanya perubahan tersebut tidak harus menjadi celah untuk lengah. Sebab masih banyak hal yang bisa anda persiapkan dari jauh hari. Untuk lebih jelasnya, simak poin penting dibawah ini.

Mengenali Jurusan Dan Perguruan Tinggi Tujuan

Tidak sedikit peserta yang masih tidak paham dengan baik jurusan dan universitas yang dikehendaki. Dengan demikian, banyak pula yang salah langkah serta kurang memperhitungkan peluang yang ada.

Penting diketahui, berdasar data tahun lalu dilansir dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebanyak 167.653 peserta dinyatakan lulus seleksi di 85 PTN se-Indonesia melalui UTBK SBMPTN 2020.

Bersumber dari data tersebut, pastinya kita tahu bahwa persaingan sangatlah ketat untuk bisa memperoleh peluang berhasil lulus.

Oleh karena itu, anda harus lebih rajin mengumpulkan informasi terkait dengan jurusan dan universitas yang menjadi impian. Coba kenali terlebih dahulu jurusan dan universitas yang anda tuju.

Terlepas dari pemahaman jurusan, anda juga harus mempelajari beberapa syarat pendaftaran. Jangan sampai ada berkas atau dokumen yang masih ketinggalan. Pastikan pula untuk membaca syarat dan peraturan yang berlaku.

Memperbanyak Latihan Soal

Dengan memperbanyak latihan, maka akan bisa membantu untuk memberikan stimulasi tubuh agar lebih cepat tanggap.

Poin ini tentunya tidak berbeda ketika anda berlatih mengerjakan soal ujian. Saat anda sering berlatih soal, maka otak akan menstimulasi beberapa soal yang sudah sering anda kerjakan. Sehingga ketika bertemu dengan soal yang sama, anda akan lebih mudah dalam mengerjakan.

Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan fitur daring yang saat ini bisa diperoleh dengan mudah. Manfaat informasi online untuk mencari contoh prediksi soal ujian SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN.

Jaga Kesehatan Dan Daya Tahan Tubuh

Meski ada begitu banyak persiapan menjelang UTBK, jangan sampai kondisi tersebut membuat anda sakit. Sehingga anda harus tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga.

Mulai dari sekarang, anda harus membiasakan diri untuk menjaga pola hidup sehat. Khususnya di masa pendemi seperti sekarang yang menuntut anda lebih intensif dalam menjaga kesehatan tubuh.

Sudah paham dengan poin yang kami jelaskan? Mungkin hanya itu saja pemaparan dari kami dan semoga bisa membantu!