81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Ebook Pdf Pendidikan Karakter Khas Pesantren KH. Hasyim Asyari

Jika anda sedang mencari Ebook Pdf Pendidikan Karakter Khas Pesantren KH. Hasyim Asyari. Sudah tepat bila anda membuka artikel ini. Pasalnya disini kami akan berbagi ebook berupa pdf yang bisa anda pelajari sepenuhnya.

Ebook Pdf Pendidikan Karakter Khas Pesantren KH. Hasyim Asyari
Membahas tentang pendidikan karakter, arti secara umum ialah bentuk kegiatan manusia yang didapalnya terdapat suatu tindakan mendidik dan diperuntukkan bagi negerasi mudah selanjutnya.

Tujuan dari pendidikan karakter sendiri, ialah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus, serta melatih kemampuan diri demi menuju pada arah hidup yang lebih baik.

Sedangkan Pendidikan Karekter menurut Nahdlatul Ulama (NU), sangat perlu mengadakan format baru alam pendidikan Islam. Khususnya dalam membentuk karakter paripurna/kamil peserta didik.

Yang menjadi tolak ukur utama ialah nilai yang bersumber dari nilai-nilai agama. Dimana, untuk bisa menumbuhkan karakter yang kuat pada peserta didik, maka perlu model yang ideal, yakni kepribadian nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya, diambil pula dari budaya lokal serta dipadukan dengan kurikulum dengan basis karakter. Artinya, nilai-nilah yang teerwujud sebagai akhlakul karimah/mahmudah.

Berperan sebagai salah satu referensi, berikut kami lampirkan preview Pendidikan Karakter Khas Pesantren KH. Hasyim Asyari. Simak baik-baik ya!


Terdapat beberapa poin yang menjadi tujuan dari Pendidikan Karakter. Mungkin tampak begitu sederhana, namun kesemuanya bisa menjadikan generasi muda lebih baik dan lebih berkarakter.

Jika dirangkum dari Wikipedia, lahirnya pendidikan karakter bisa disebut sebagai sebuah upaya untuk menghidupkan spiritual yang ideal.

Seperti yang disebutkan oleh Foerester selaku seorang ilmuwan. Menjelaskan bahwa tujuan dari pendidikan ialah untuk membentuk karakter. Pasalnya karakter merupakan suatu evaluasi seorang pribadi atau individu.

Bahkan karakter pun bisa memberi kesatuan atas kekuatan dalam mengambil sikap pada setiap kondisi dan situasi.

Selain itu, pendidikan karakter juga bisa dijadikan sebagai strategi dalam mengatasi pengalaman yang selalu berubah. Sehingga mampu membentuk identitas yang kokoh pada setiap individu.

Dalam hal ini, bisa dilihat bahwa tujuan dari pendidikan karakter ialah untuk membentuk sikap yang bisa membawa individu yang dimaksud pada arah kemajuan tanpa harus bertentangan dengan norma yang berlaku.

Terlepas dari itu, pendidikan karakter juga bisa dijadikan wahana dalam bersosialisasi karakter yang patut dimiliki oleh setiap individu. Tujuannya agar mereka bisa menjadi individu yang bermanfaat seluas-luasnya untuk lingkungan sekitar.

Beberapa manfaat pendidikan karakter secara umum ialah :

  • Lebih paham dan mengetahui berbagai karakter manusia di lingkungan sekitar.
  • Bisa mengartikan serta menjelaskan berbagai macam karakter.
  • Mampu menunjukkan contoh perilaku berkarakter dalam kehidupan sehari-hari.
  • Lebih paham akan sisi baik, khususnya dalam menjalankan perilaku berkarakter.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum tentang Ebook Pdf Pendidikan Karakter Khas Pesantren KH. Hasyim Asyari. Semoga bisa membantu!

Post a Comment

Post a Comment