81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Pola, Tahapan, Dan Hasil Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum saat ini masih menjadi dilema. Pasalnya masih banyak kalangan guru yang masih belum paham dengan tujuan, pola, tahapan, serta hasil akhir yang diperoleh.

Pola, Tahapan, Dan Hasil Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Seperti yang sudah kami ulas sebelumnya, program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum merupakan program pembelajaran yang dirancang untuk membantu pada Guru, Kepala Sekolah, atau Pengawas SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat dalam memahami tujuan, konsep sekaligus bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional.


Sehingga nantinya, beberapa elemen yang sudah kami sebutkan diatas, mampu mengalanisis contoh asesmen literasi membaca dan numerisasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.


Yang menjadi pertanyaan disini, apa serunya belajar bersama di program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum? Dalam hal ini, setidaknya ada 3 poin yang bisa anda ketahui, beberapa diantaranya mencakup :

  • Lebih Fleksibel : Anda bisa mengatur waktu belajar sesuai dengan waktu luang.
  • Lebih Mudah : Anda bisa lebih mudah dalam mempelajari konten pembelajaran yang sudah dirancang sedemikian rupa menjadi unit belajar yang lebih kecil.
  • Lebih Kolaboratif : Anda bisa belajar dengan rekan yang lain, baik itu guru, kepala sekolah, pengawas, atau bahkan dari PKBM.


Apa saja tahapan program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum? Jika melansir dari situs resmi, ada dua tahapan yang harus dilalui. Beberapa diantaranya ialah :


Tahap 1 : Bimtek

Dalam tahapan ini, peserta akan lebih dulu mengikuti orientasi yang membekali peserta terkait latar belakang, tujuan umum, kebijakan dan alur program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum.


Di tahap Bimtek ini peserta akan mengikuti pembelajaran tentang konsep Asesmen Nasional, konsep Asesmen Kompetensi Minimum, butir soal literasi membaca dan numerisasi, sekaligus memnaca dan menindaklanjuti hasil Asesmen Kompetensi Minimum dalam kurun waktu selama lima hari.


Tahap 2 : Pengimbasan

Di tahap kedua ini, peserta diharap bisa menjadi bagian dari perubahan pendidikan dengan cara mengajak dan mendampingi guru lain pada satuan pendidikan peserta guna mengikuti Program Guru belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum.


Selain itu, peserta harus mendokumentasikan video pengimbasan serta mengunggah video tersebut pada kanal video berbagi (Youtube) dengan memasukkan link URL video tersebut sebagai syarat untuk mengunduh Piagam Penghargaan.


Apa yang nantinya bisa didapat oleh peserta program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum? Ada beberapa poin hasil yang bisa dipetik dari pelaksanaan program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum. Beberapa diantaranya sudah kami rangkum dibawah ini :

  • Memperoleh pengalaman belajar yang lebih seru.
  • Memperoleh pengalaman belajar bersama guru, kepala sekolah, pengawas, dan PKBM sederajat.
  • Memperoleh pemahaman terhadap Asesmen Kompetensi Nasional
  • Memperoleh Sertifikat Bimtek 32 JP dan Piagam Penghargaan.
Post a Comment

Post a Comment