81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Terlengkap! Simak Contoh Proposal Permohonan Kerjasama Untuk Perusahaan

Suatu perusahaan memerlukan kerjasama dengan perusahaan lain untuk mendapat dukungan dan sokongan untuk kemajuan perusahaannya. Berbagai perusahaan memperluas jaringannya dengan mengajukan proposal permohonan kerjasama untuk perusahaan lain. Proposal permohonan kerjasama ini menjelaskan gambaran luas mengenai perusahaan dan juga informasi lengkap mengenai kondisi perusahaan saat ini.

Proposal permohonan ini juga menjadi salah satu media untuk mempromosikan perusahaan sendiri. Dengan adanya pengajuan proposal ini, akan banyak perusahaan lain yang membaca dan memahami gambaran perusahaan milik anda. Dengan hal tersebut perusahaan anda akan semakin dikenal dan ada kemungkinan perusahaan lain tertarik bekerja sama dengan anda. Simak contoh proposal dibawah ini.

PROPOSAL PERMOHONAN KERJASAMA
PERUSAHAAN BINTARA APARTEMENT

1. LATAR BELAKANG 

Property di Indonesia memiliki perkembangan yang sangat pesat. Terlebih lagi property yang berada di lokasi perkotaan, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dll. Property di Indonesia masih tergolong kedalam property yang masih murah. Sehingga diprediksi tahun ini sektor property akan mengalami peningkatan dibanding tahun 2015 lalu.  Komposisi demografi Indonesia mendukung pertumbuhan ekonomi, termasuk sektor properti. Indonesia memiliki populasi yang besar (kira-kira 250 juta orang pada tahun 2015) yang menjadi semakin makmur, direfleksikan oleh segmen kelas menengah Indonesia yang berkembang cepat. Tiap tahun beberapa juta orang Indonesia ditambahkan dalam segmen ini. Terlebih lagi, negara ini memiliki populasi yang muda dengan sekitar 50% penduduk berumur di bawah 30 tahun, mengimplikasikan bahwa banyak orang Indonesia yang diprediksi akan membeli properti pertama mereka dalam jangka waktu dekat dan menengah.

Property di sektor apartemen saat ini juga banyak diminati oleh kalangan-kalangan menengah. Tinggal di apartemen bisa menjadi alternatif bagi kaum urban, khususnya mereka yang tinggal di daerah padat penduduk dan rawan macet. Terlebih lagi, sejalan dengan trend global, Indonesia telah mengalami proses urbanisai (yang cepat). Pada saat ini, lebih dari 50% penduduk Indonesia bertempat tinggal di wilayah perkotaan. Beberapa tahun yang lalu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa pada tahun 2050 dua pertiga dari penduduk Indonesia diprediksi akan bertempat tinggal di wilayah perkotaan. Ini berarti akan ada lebih banyak rumah, apartemen dan kondominium yang akan dibangun di wilayah perkotaan Indonesia untuk memenuhi permintaan di masa medatang (padahal Indonesia sekarang telah dibebani oleh backlog sebesar 13,5 juta unit dan karenanya Presiden Joko Widodo meluncurkan “Program Satu Juta Rumah” pada bulan April 2015). Situasi ini juga mengimplikasikan bahwa karena kurangnya ketersediaan tanah di wilayah perkotaan, harga cenderung naik cepat, sementara para pengembang perlu semakin berfokus pada pembangunan properti vertikal seperti apartemen dan kondominium. Sehingga, apartemen merupakan solusi yang paling tepat untuk mengatasi lonjakan pertumbuhan penduduk di perkotaan. Hunian ini menawarkan kenyamanan yang tidak kalah dengan rumah pribadi, namun dengan harga yang rata-rata lebih terjangkau.

Sehubungan dengan latar belakang tersebut di atas, kami ingin menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan perusahaan Bapak/Ibu sehingga kami dapat mempresentasikan produk apartemen kami yaitu Bintaro Pavilion Apartment yang berlokasi di Jl. Pondok Betung Raya, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Lokasi kami berada di samping jalan Toll, bersebelahan dengan Perumahan Bintaro Permai.

2. MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun maksud kami mengajukan proposal kerjasama ini bertujuan untuk menawarkan kerjasama dengan perusahaan Bapak/Ibu, sehingga terjalin hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Dimana dalam mengawali kerjasama ini kami menyampaikan proposal, kemudian perusahaan Bapak/Ibu bersedia membalas proposal kami, kemudian kami diberikan waktu untuk dapat mempresentasikan produk kami di perusahaan Bapak/Ibu pada ruang dan waktu yang telah disepakati. Jika terjadi transaksi, untuk setiap unitnya kami menawarkan keuntungan kepada perusahaan Bapak/Ibu berupa komisi dengan nominal sekian juta per unit.

3. DATA PERUSAHAAN

Nama Perusahaan : PT. MEGAKARYA PROPERTYNDO

Alamat Kantor Pusat : Plaza Oleos Lt. Mezzanine

               Jl. TB. Simatupang Kav. 53

Alamat Project : Jl. Pondok Betung Raya, Pondok Aren, Tangerang Selatan

Bidang Usaha      : Pengembang Property


Pengalaman kami mewujudkan ribuan impian dalam proyek-proyek terdahulu bersama pengembang lain menjadi modal kami untuk membangun Megakarya Propertyndo, sebuah perusahaan pengembang properti yang mengedepankan kualitas dengan harga yang kompetitif.


Kami percaya bahwa yang kami butuhkan untuk dapat maju dan berkarya adalah kepercayaan konsumen terhadap Megakarya Propertyndo. Saat ini, Megakarya Propertyndo  tengah mengembangkan:

a.Bintaro Pavilion Apartment,

Lokasi di Bintaro Sektor 2

b.Jakarta Pavilion Apartment,

Lokasi di Cibinong

c.Ciputat Resort Apartment,

Lokasi di Jl. Dewi Sartika, Ciputat

d.Wanakerta Residence.


Inovasi

There’s always room for improvement. Kami percaya bahwa perubahan merupakan bagian dari perkembangan dunia dan kami ingin selalu ada di depan bersama setiap generasi yang menciptakan perubahan. Oleh karena itu, Megakarya Propertyndo selalu berpikir satu langkah di depan dalam menyediakan hunian dan layananan yang dapat menciptakan kenyamanan.

Solusi

The World is there to be conquered. Tantangan untuk menjawab kebutuhan konsumen merupakan jalan dalam menciptakan proyek dan layanan yang dapat menjadi solusi bagi konsumen kami. Alasannya, kami memahami bahwa senyum kepuasan konsumen kami adalah reward yang paling berharga dalam siklus bisnis kami.

4. JENIS PENAWARAN & MEKANISME KERJASAMA

A.Jenis Penawaran (Keuntungan bagi perusahaan partner)

Kami menawarkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan ketentuan sebagai berikut:


Keuntungan bagi Perusahaan Partner

a)Keuntungan berupa persentase komisi sebesar Rp 1.000.000 per unit untuk type studio, dan Rp 2.000.000 per unit untuk type 2 Bedroom. Perhitungan komisi diberikan untuk tiap unit apartemen dari transaksi yang terjadi melalui perusahaan partner.

Contoh:


b)Keuntungan berupa hubungan kerjasama yang dapat memperluas jaringan dalam berbisnis.

B.Mekanisme Kerjasama

Adapun mekanisme kerjasama yang ingin kami tawarkan adalah sebagai berikut:

Secara ringkas mekanisme kerjasama ini adalah:

1.Proposal penawaran kerjasama

2.Perusahaan partner bersedia untuk menjalin kerjasama

Perusahaan partner mengundang Divisi Pemasaran “Bintaro Pavilion Apartment” untuk mendiskusikan penawaran kerjasama yang ditawarkan.

3.Perusahaan partner menyediakan waktu dan ruang untuk presentasi produk apartment

4.Team Pemasaran Bintaro Pavilion Apartment mengadakan presentasi pada waktu dan ruang yang telah disediakan

5.Terjadi transaksi

Calon pembeli menentukan cara pembayaran ( cash keras, cash bertahap, atau KPA)

6.Proses pembayaran

1)DP 30% dan Pencairan Komisi Penjualan

Setelah DP 30% masuk ke rekening Bintaro Pavilion Apartment (PT. Megakarya Propoertyndo), maka pencairan komisi penjualan diproses.

2)Pelunasan (Cash Keras, Cash Bertahap, atau KPA) 

7.Selesai

5. PENUTUP

Demikian proposal penawaran kerjasama ini kami buat. Adapun kesimpulan dari proposal penawaran kerjasama ini adalah sebagai berikut:

1.Kami selaku team pemasaran Bintaro Pavilion Apartment menawarkan kerjasama kepada Bapak/Ibu dalam rangka memasarkan produk apartemen kami dengan keuntungan bahwa Bapak/Ibu akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan yang terjadi.

2.Kami berharap Bapak/Ibu dapat memberikan waktu dan ruang kepada kami untuk mempresentasikan Bintaro Pavilion Apartment di perusahaan yang sedang Bapak/Ibu Pimpin.

3.Pencairan komisi penjualan diproses setelah Down Payment (DP)  masuk ke rekening Bintaro Pavilion Apartment (PT. Megakarya Propertyndo) minimal sebesar 30% dari total harga transaksi yang terjadi.

Sekian pengajuan proposal penawaran kerjasama ini kami sampaikan. Besar harapan kami untuk dapat diterima sebagai partner bisnis perusahaan Bapak/Ibu, sehingga terjalin hubungan bisnis yang saling menguntungkan.

Kerja sama dengan perusahaan lain menjadi salah satu pilihan tepat untuk dapat mengembangkan perusahaan agar lebih maju lagi. Perusahaan yang saling bekerja sama akan mendapatkan keuntungannya masing – masing. Oleh karena itu dengan adanya kerja sama, maka perusahaan akan menjadi lebih kuat. Selain itu juga perusahaan akan semakin dikenal oleh perusahaan lain.

Seperti itulah contoh dari proposal untuk kerja sama dengan sesama perusahaan. Penulisan proposal kepada sesama perusahaan diperlukan ketelitian dan detail yang lengkap, agar perusahaan lain dapat menangkap gambaran yang kita sampaikan di dalam proposal. Oleh karena itu, contoh penulisan proposal diatas dapat menjadi salah satu referensi bagi anda.

Post a Comment

Post a Comment