Terlengkap! Simak Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Polusi dan Pencemaran Udara Bagi Lingkungan

Karya tulis ilmiah adalah gabungan dari teks yang mengungkap suatu permasalahan secara faktual dan objektif. Dalam penulisan karya ilmiah dibutuhkan pola susunan yang sistematis, logis dan memenuhi kaidah yang berlaku. Karya ilmiah dapat disusun berdasarkan kondisi yang nyata melalui kegiatan penelitian. Berikut adalah salah satu contoh karya ilmiah tentang polusi dan pencemaran udara bagi lingkungan. 

Pencemaran Udara Akibat Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor

ABSTRAK

Udara adalah faktor penting dalam kehidupan. Namun, di era modern, sejalan dengan perkembangan pembangunan fisik kota dan pusat industri, serta berkembangnya transportasi telah menyebabkan kualitas udara mengalami perubahan. Dari yang mulanya segar, kini kering dan kotor akibat dari terjadinya pencemaran udara karena kendaraan transportasi. Lewat penggunaan metode kepustakaan, maka tampak dengan jelas ada beberapa hal yang harus mendapatkan perhatian yang serius, diantaranya; 1. Pemberian izin bagi angkutan umum kecil lebih dibatasi, sementara kendaraan angkutan masal diperbanyak, 2. Kontrol jumlah kendaraan pribadi, 3. Pembatasan usia kendaraan, 4. Pembangunan MRT dan pembuatan Electronic Road Pricing, 5. Pengaturan lalu lintas, rambu-rambu, dan tindakan tegas terhadap pelanggaran berkendara, 6. Uji emisi harus dilakukan secara berkala pada kendaraan umum maupun pribadi, 7. Penanaman pohon berdaun lebar di pinggir jalan yang lalu lintasnya padat serta di sudut-sudut kota.

Kata Kunci: pencemaran udara, emisi gas buang, kehidupan, lingkungan

Pendahuluan

Udara merupakan factor yang penting dalam hidup dan kehidupan. Namun pada era modern ini, sejalan dengan perkembangan pembangunan fisik kota dan pusat-pusat industry, serta berkembangnya transportasi maka, kualitas udara pun mengalami perubahan yang disebabkan oleh terjadinya pencemaran udara, atau, sebagai berubahnya salah satu komposisi udara dari keadaan yang normal, yaitu masuknya zat pencemar (berbentuk gas-gas dan partikel kecil/aerosol) ke dalam udara dalam jumlah tertentu untuk jangka waktu yang cukup lama, sehingga dapat mengganggu kehidupan manusia, hewan, dan tanaman (BPLH DKI Jakarta, 2013).

Untuk selengkapnya, simak pada laman link berikut ini.

https://media.neliti.com/media/publications/112707-ID-pencemaran-udara-akibat-emisi-gas-buang.pdf

Karya tulis ilmiah di atas merupakan salah satu contoh karya ilmiah tentang polusi udara. Dimana terdapat suatu permasalahan tentang polusi udara yang terjadi di pusat kota dan pusat industri. Kondisi polusi udara yang semakin memburuk berdampak pada perubahan udara yang menjadi kering dan kotor. 

Demikian contoh dari suatu karya tulis ilmiah. Penyusunan karya tulis ilmiah memiliki pedoman berdasarkan kaidah yang berlaku. Struktur isi yang diungkap juga menunjukkan kondisi yang rasional dan fakta yang terjadi di lingkungan. Oleh karena itu, contoh karya tulis ilmiah di atas dapat menjadi referensi bagi anda.