Terbaru, Soal Latihan Soshum Ujian Mandiri Universitas Negeri Malang Beserta Pembahasannya

Universitas Negeri Malang merupakan kampus favorit yang berada di Jawa Timur. Kampus negeri yang telah melahirkan alumni-alumni berkualitas tentunya membuat siap saja ingin melanjutkan pendidikan di kampus keren tersebut. Untuk kamu yang belum lolos dalam SNMPTN atau SBMPTN janga patah semangat. Ada Ujian Mandiri yang dapat kamu coba, yuk coba kerjakan Soal Latihan Soshum Ujian Mandiri Universitas Negeri Malang berikut.

20 Soal Latihan Soshum Ujian Mandiri Universitas Negeri Malang 

Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

1. “Makmur” selama bulan September 2013 melakukan transaksi sebagai berikut:

Pencatatan ke jurnal pengeluaran kas sebagai berikut:

Pencatatan yang benar terjadi pada tanggal…

A. (3), (5), dan (7)

B. (3), (5), dan (9)

C. (5), (9), dan (13)

D. (7), (9), dan (11)

E. (7), (11), dan (13)

Jawaban: B

Pembahasan:

Analisis transaksi yang akan dicatat pada jurnal pengeluaran kas adalah sebagai berikut:

- 3 Oktober membeli perlengkapan Rp400.000,00 dan barang dagang Rp1.200.000,00 dari toko “Ria” menurut nota nomor 14 secara tunai à dicatat pada kolom serba-serbi dengan nama akun perlengkapan berjumlah Rp400.000,00; pada kolom pembelian Rp1.200.000,00; dan pada kolom kas totalnya Rp1.600.000,00. Dari soal di atas, pencatatan pada tanggal 3 Oktober sudah benar

- 5 Oktober membayar utang pada toko “Santi” Rp500.000,00 potongan 2% à dicatat pada kolom utang dagang dengan saldo Rp500.000,00; karena perusahaan mendapatkan potongan 2%, maka nilai potongan tersebut adalah 2% x 500.000 = 10.000 yang kemudian dicatat pada kolom potongan pembelian Rp10.000,00; kolom kas diisi nilai utang yang dibayar dikurangi potongan pembelian yakni Rp500.000,00 – Rp10.000,00 = Rp490.000,00. Dari soal di atas, pencatatan tanggal 5 Oktober sudah benar

- 7 Oktober tidak dicatat pada jurnal pengeluaran kas karena transaksi pembelian dilakukan secara kredit dengan adanya bukti faktur dan syarat pembayaran. Jadi pencatatan tanggal 7 Oktober salah

- 9 Oktober diambil uang oleh pemilik usaha Rp410.000,00 à dicatat pada kolom serba-serbi dengan nama akun prive berjumlah Rp410.000,00 dan kolom kas dengan saldo Rp410.000,00. Dari soal di atas, pencatatan tanggal 9 Oktober sudah benar

- 11 Oktober membayar cicilan Bank Rp1.000.000,00 à dicatat pada kolom seba-serbi dengan nama akun Utang Bank senilai Rp1.000.000,00 dan pada kolom kas senilai Rp1.000.000,00. Dari soal tersebut, pencatatan tanggal 11 salah karena tidak dicatat pada kolom kas melainkan pada kolom potongan pembelian.

- 13 Oktober dikirim kembali barang dagangan yang dibeli pada toko “Trio” Rp500.000,00 tidak dicatat pada jurnal pengeluaran kas, melainkan di jurnal umum karena pembelian tanggal 7 Oktober dilakukan secara kredit sehingga perusahaan tidak menerima kembali kas, namun perusahaan mengurangi saldo utang dagang yang akan dicatat pada jurnal umum. Dengan demikian pencatatan tanggal 13


Penelitian Sosial

2. Perhatikan tabel nilai UTS Sosiologi siswa di SMA Nankatsu berikut!

Berdasarkan data di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sangat diperlukan upaya maksimal dari guru dan siswa dalam pembelajaran sosiologi. Kesimpulan tersebut dapat ditemukan dengan menghitung menggunakan tendensi sentral yang tepat, yaitu….

A. mean

B. modus

C. median

D. simpangan baku

E. reduksi data

Jawaban : C

Pembahasan :

Mean : 77.3

Median : 71

Tendensi sentral terdiri dari mean, median, dan modus. Mean berguna untuk mengetahui rata-rata dari sebaran data, sedangkan median untuk mengetahui nilai tengah dari sebaran data tersebut, dan modus digunakan untuk mengetahui nilai yang paling sering muncul. Berdasarkan soal tersebut, dikatakan bahwa diperlukan upaya maksimal dari seorang guru dalam pembelajaran sosiologi. Artinya, terdapat permasalahan dari nilai yang didapat para siswa. Jika dilihat sekilas, terdapat kesenjangan yang cukup jauh dari sebaran nilai para siswa sehingga tidak tepat jika kita mengetahuinya melalui mean. Selain itu, nilai rata-rata yang didapat adalah 77,3 (melebihi KKM) sehingga tidak menggambarkan permasalahan (representatif). Oleh karena itu, lebih tepat setelah kita menghitung nilai tengahnya (median). Dari nilai median tersebut (71), kita bisa mengetahui bahwa nilai siswa masih di bawah KKM sehingga perlu ada perbaikan yang dilakukan guru dalam pembelajaran sosiologi agar nilai para siswa meningkat.


Perubahan Sosial

3. Bacalah teks berikut ini!

Indonesia sudah lama menerapkan kebijakan desentralisasi kebijakan daerah, termasuk tata cara pengelolaan hutan dan lingkungan hidup. Sayangnya, kebijakan ini justru menimbulkan fenomena tumpang tindih izin pengelolaan lahan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Sumber dan teks diolah dengan pengubahan: http://www.mongabay.co.id/2014/11/18/potret-pengelolaan-hutan-di-era-desentralisasi/). 

Menggunakan analisis perubahan sosial, munculnya kebijakan desentralisasi dapat dilihat dari adanya....

A. perubahan struktural yang harus muncul dengan pertimbangan kesiapan sistem pemerintahan antara daerah dengan pusat

B. perubahan struktural yang harus muncul dengan pertimbangan kesiapan mental pemerintahan antara daerah dengan pusat

C. perubahan struktural yang harus muncul dengan pertimbangan kesiapan kekuatan material pemerintahan antara daerah dengan pusat

D. perubahan kultural yang terencana dengan pertimbangan kesiapan kekuatan seimbang antara pemerintahan antara daerah dengan pusat

E. perubahan kultural yang harus muncul dengan pertimbangan besarnya wewenang yang akan dilimpahkan dari pusat ke daerah

Jawaban : A


Permasalahan Sosial

4. Jumlah pendatang di Kota Jakarta yang tinggi tidak sesuai dengan lapangan kerja yang tersedia. Masyarakat pendatang dengan modal minim cenderung memilih tinggal di kawasan padat penduduk yang murah bahkan cenderung kumuh. Kota Jakarta Barat bahkan disinyalir sebagai daerah dengan jumlah penduduk paling padat dan kawasan slum area paling kumuh di Jakarta. Masyarakat yang tinggal di slum area bersinggungan langsung dengan sungai kumuh, masalah air bersih, dan banjir pada musim hujan.

Untuk menyelesaikan masalah pendatang dan slum area di perkotaan, solusi yang diperlukan adalah....

A. memanfaatkan kebijakan struktural untuk membangun rumah susun murah bagi pendatang

B. memanfaatkan kebijakan kultural untuk membuka lapangan kerja sebesar-besarnya di perkotaan

C. memanfaatkan kebijakan struktural untuk merealisasikan pemerataan pembangunan antara desa dan kota

D. memanfaatkan kebijakan kultural untuk membuat masyarakat desa bisa bersaing di pasar kerja perkotaan

E. memanfaatkan kebijakan struktural untuk menghentikan paksa aktivitas urbanisasi

Jawaban : C

Jawaban salah normal : A, B, D  (Jawaban salah normal adalah opsi pengecoh yang masih terkait dengan materi yang ditanyakan di soal)

Jawaban salah tidak normal : E (Jawaban salah tidak normal adalah opsi pengecoh yang tidak berkaitan dengan materi yang ditanyakan di soal)


Dinamika Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

5. C4 : Analisis

Perhatikan tabel gas rumah kaca di bawah ini!

Sumber: wikipedia.com

Tabel di atas dipersingkat menjadi: 

Tabel-tabel di atas menunjukkan persentase kontribusi beberapa gas rumah kaca penyebab pemanasan global. Berdasarkan data tabel tersebut, maka pernyataan yang sesuai untuk menjelaskan penyebab pemanasan global yaitu….

A. Isi tabel tersebut kurang tepat, seharusnya uap air dan awan bukan termasuk bagian dari gas rumah kaca karena terbentuk secara alami melalui proses evaporasi oleh sinar matahari. Sehingga gas rumah kaca utama adalah emisi gas yang dihasilkan dari berbagai kegiatan manusia seperti karbon dioksida dan metana.

B. Dominasi kontribusi uap air dan awan dalam pemanasan global disebabkan karena evaporasi air di muka bumi terjadi hampir di seluruh wilayah, sedangkan emisi gas buang seperti metana dan karbon dioksida hanya terjadi di wilayah tertentu.

C. Konsentrasi uap air dan awan sebagai gas rumah kaca yang tertinggi sangat wajar mengingat komposisi gas terbanyak di atmosfer didominasi uap air.

D. Karbon dioksida merupakan gas rumah kaca yang paling utama mengingat setiap makhluk hidup di permukaan bumi mengeluarkan gas tersebut saat bernafas. Selain itu berbagai kegiatan manusia seperti pembakaran hutan, industri, dan transportasi juga turut menyumbang emisi gas karbon dioksida ke udara.

E. Perbedaan tingkat penguapan air yang sangat tinggi di berbagai belahan dunia menyebabkan kurangnya dampak yang disebabkan oleh uap air terhadap pemanasan global.

Jawaban: B

Pembahasan:

Beberapa poin penting yang dapat disimpulkan dari isi tabel yaitu:

- uap air dan awan merupakan gas dengan kontribusi efek rumah kaca tertinggi dibandingkan gas lain di udara, sehingga pilihan jawaban A, D, dan E salah;

- komposisi gas terbanyak di atmosfer yaitu nitrogen, bukan uap air, sehingga pilihan jawaban C juga salah; dan

- uap air dan awan merupakan gas yang memiliki kontribusi dominan dalam pemanasan global. Hal ini disebabkan oleh keberadaan air yang sangat melimpah di permukaan bumi dan evaporasi air yang hampir terjadi di seluruh wilayah permukaan bumi. Tingkat evaporasi air ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan emisi gas karbon dioksida atau metana yang sebagian besar dihasilkan oleh aktivitas manusia di tempat-tempat tertentu saja (tidak merata di hampir seluruh wilayah di permukaan bumi).

Jadi jawaban yang tepat yaitu pilihan B.


Dinamika Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

6. Sintesis

2. Setiap lapisan pada atmosfer bumi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Troposfer merupakan lapisan dengan kondisi udara yang tidak stabil. Pada lapisan ini banyak terjadi gerakan udara. Sementara itu, lapisan di atasnya yaitu stratosfer merupakan lapisan yang sangat stabil dengan gerakan udara yang sangat sedikit. Jika suatu saat nanti terjadi perubahan rastic pada kedua lapisan tersebut, di mana kondisi udara pada troposfer menjadi sangat stagnan dan kondisi udara pada stratosfer menjadi sangat dinamis, maka peristiwa yang dapat terjadi yaitu….

A. Hembusan rasti kencang semakin sering terjadi di permukaan bumi dan dapat menimbulkan berbagai bencana rasti di seluruh bagian permukaan bumi.

B. Aktivitas nelayan menjadi lebih mudah karena tiupan rasti darat dan rasti laut menjadi lebih kuat.

C. Pelubangan ozon berlangsung lebih cepat dan gas-gas beracun akan melayang-layang di troposfer.

D. Pesawat harus terbang di stratosfer untuk menghindari gangguan udara.

E. Hujan salju sering terjadi karena ketidakstabilan iklim.

Jawaban: C

Pembahasan:

Jika kondisi udara di troposfer menjadi stagnan (sedikit pergerakan udara), maka hal-hal yang dapat terjadi antara lain:

- distribusi udara di permukaan bumi berlangsung sangat lambat, sehingga tidak memungkinkan bagi kehidupan;

- rasti dan hujan jarang sekali terjadi karena sangat kurangnya pergerakan udara; dan

- pesawat terbang sangat aman untuk terbang di stratosfer karena tidak adanya ancaman turbulensi maupun awan tebal.

Sementara itu, jika kondisi udara di stratosfer menjadi sangat dinamis maka pelubangan ozon oleh gas CFC menjadi lebih cepat karena gerakan udara di lapisan ini menjadi lebih intensif. Selain itu, gas-gas polutan hasil akumulasi letusan gunung api dapat bergerak bebas ke lapisan di bawahnya, yaitu troposfer. Jadi jawaban yang paling memungkinkan yaitu pilihan C.


Dinamika Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

7. Evaluasi

Perhatikan isi artikel berikut ini!

Berbagai upaya dilakukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk meminimalkan bencana banjir di Ibu Kota. Salah satunya, dilakukannya operasi teknologi modifikasi cuaca di atmosfer untuk mendistribusikan curah hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Rekayasa cuaca Operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) ini merupakan kerja sama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Pesawat Hercules mulai menebar garam dapur di atas Selat Sunda, Sabtu (26/1/2013) pukul 13.32 hingga 15.40, untuk membuat hujan buatan. Hanya sekitar setengah jam setelah 4 ton garam ditebarkan, hujan lebat di atas Selat Sunda pun terjadi.  “Potensi pembentukan awan hujan terpantau radar BPPT berada di atas Selat Sunda, di sebelah barat Kabupaten Pandeglang. Karena itu, pesawat mengarah ke sana untuk menebarkan garam,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan BPPT Heru Widodo. (Dikutip dari halaman Kompas, 27 Januari 2013. Judul artikel:  “Hujan Diturunkan di Laut, Jokowi Minta Masyarakat Tetap Waspada”).

Berdasarkan isi artikel tersebut, penaburan garam pada awan yang melintas di atas Selat Sunda sebagai bagian operasi teknologi modifikasi cuaca dirasa tepat sebagai upaya untuk mencegah banjir di Jakarta. Alasan klimatis yang mendasari keputusan tersebut yaitu…

A. Selat Sunda merupakan selat sempit dengan intensitas transportasi laut yang tinggi dibandingkan selat lainnya di Indonesia.

B. Saat musim hujan bertiup rasti muson barat yang melewati Selat Sunda.

C. Kelembaban udara tertinggi di Indonesia berada di atas perairan Selat Sunda.

D. Gubernur Kabupaten Pandeglang yang letaknya tidak jauh dari Selat Sunda merupakan area dengan curah hujan tertinggi di Indonesia dan banjir yang terjadi di Padeglang dapat merambah ke Jakarta.

E. Selat Sunda merupakan selat yang lokasinya paling dekat dengan Jakarta, sehingga alokasi anggaran perjalanan untuk pesawat penabur garam dapat diminimalisir.

Jawaban: B

Pembahasan:

Implementasi operasi teknologi modifikasi cuaca yang ditempuh oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta sebagai upaya pencegahan banjir di Jakarta dengan cara penaburan garam di Selat Sunda merupakan upaya yang tepat. Saat musim hujan, di Indonesia bertiup rasti muson barat yang membawa banyak awan. Angin tersebut bertiup dari Asia ke Australia dan saat bertiup di belahan bumi selatan, rasti tersebut berbelok ke kiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tiupan rasti muson barat yang melewati Selat Sunda akan menuju rastic timur ke Provinsi Banten dan akhirnya melewati wilayah Provinsi DKI Jakarta. Jika rasti yang membawa banyak awan tersebut dibiarkan bertiup sampai ke wilayah DKI Jakarta, maka hujan lebat pun dapat melanda wilayah DKI Jakarta sehingga banjir pun tidak dapat dielakkan.

Oleh karena itu, pemerintah DKI Jakarta mengambil langkah konkrit dengan cara menaburkan garam pada awan yang melintas di atas Selat Sunda, sehingga proses kondensasi terjadi lebih cepat dan hujan pun dapat turun di Selat Sunda. Upaya ini merupakan upaya yang sangat tepat karena secara rastic dapat mengurangi jumlah awan yang lewat di atas wilayah DKI Jakarta, sehingga hujan yang turun di wilayah DKI Jakarta hanya sedikit dan banjir pun tidak terjadi.

penilaian yang sudah diberikan pada soal tentang kebijakan solusi yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengatasi masalah banjir di ibukota.


Kerja sama Negara Maju dan Negara Berkembang

8. Evaluasi

Sumber: www.tribunnews.com

Diagram batang di atas menunjukkan hasil survei tentang persepsi/pandangan masyarakat Indonesia mengenai untung-ruginya kerja sama ekonomi Indonesia dengan beberapa negara lain di dunia. Berdasarkan hasil survei tersebut, dugaan sementara yang dapat kita simpulkan yaitu…

A. Kerja sama Indonesia dan Amerika Serikat dianggap paling menguntungkan dibandingkan kerja sama dengan negara lainnya, karena Indonesia paling banyak bekerja sama dengan Amerika Serikat.

B. Kerja sama Indonesia dengan Saudi Arabia dianggap jauh lebih menguntungkan dibandingkan kerja sama antara Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok, karena faktor kedekatan identitas sosial budaya dan kunjungan Raja Saudi Arabia ke Indonesia.

C. Kerja sama Indonesia dengan negara-negara lain di Asia Tenggara dianggap kurang menguntungkan, karena seringnya terjadi persaingan antara Indonesia dengan negara-negara tetangga.

D. Masyarakat menganggap kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara di Eropa cenderung menguntungkan terutama di bidang teknologi.

E. Masyarakat menganggap kerja sama Indonesia dengan negara yang masih terletak di satu benua lebih menguntungankan dibandingan kerja sama dengan negara yang terletak di luar Asia.

Jawaban: B

Pembahasan:

Beberapa kesimpulan yang dapat ditarik dari data yang tergambar pada grafik adalah sebagai berikut:

- Kerja sama ekonomi Indonesia dengan Saudi Arabia dianggap paling menguntungkan dibandingkan dengan negara lain, disusul kerja sama dengan negara-negara di Asia Tenggara dan Rusia.

- Sementara itu, hampir seluruh kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan berbagai negara dianggap lebih merugikan, terutama kerja sama antara Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok dan kerja sama antara Indonesia dengan Amerika Serikat mendapat respon sangat negatif dari pengisi survei.

Dari hasil survei tersebut, maka kita dapat menarik dugaan sementara bahwa kerja sama Indonesia dengan Saudi Arabia dianggap jauh lebih menguntungkan dibandingkan kerja sama antara Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok, karena faktor kedekatan identitas sosial budaya dan kunjungan Raja Saudi Arabia ke Indonesia belakangan ini untuk menandatangani beberapa perjanjian kerja sama di berbagai bidang. Selain itu, terlepas dari bidang ekonomi, masyarakat mungkin melihat bahwa kerja sama Indonesia-Saudi Arabia juga berlangsung terus-menerus dan dianggap menguntungkan bagi masyarakat Indonesia, terutama kerja sama dalam hal pelaksanaan ibadah haji dan umrah.


9. Pada masa penjajahan bangsa Eropa terdapat berbagai perlawanan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia. Setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berdasarkan karakteristiknya perbedaan perlawanan rakyat Aceh dan perlawanan rakyat Maluku adalah….

A. Prinsip perlawanan jihad pada masyarakat Maluku lebih kuat dibandingkan Aceh

B. Perlawanan Aceh dipimpin oleh Kesultanan sementara perlawanan rakyat Maluku dalam bentuk suku-suku yang terorganisir

C. Perlawaman rakyat Aceh lebih terorganisir sementara perlawan rakyat Maluku tergantung pada tokoh tertentu

D. Semangat mental perlawanan rakyat Aceh yang tak mudah dikalahkan sementara rakyat Maluku meyuarakan sampai titik darah penghabisan

E. Aceh tidak mudah ditaklukan dengan politik devide et impera sementara rakyat Maluku menggunakan taktik perang gerilya

Jawaban: C

Pembahasan:

Perang Aceh (1873 - 1904)

Perang Aceh dilatarbelakangi karena adanya Traktat Sumatra (1871) yang menyebutkan bahwa Belanda bebas meluaskan wilayah di Sumatra termasuk Aceh. Hal ini ditentang oleh Teuku Cik Ditiro, Cut Mutia, Teuku Umar, Cut Nyak Dien, dan Panglima Polim. Perjuangan Aceh meningkat saat Habib Abdurrachman datang dari Turki. Belanda mendapatkan perlawanan sengit dari rakyat Aceh. Rakyat Aceh berperang dengan jihad, sehingga semangatnya untuk melawan Belanda sangat kuat selain itu perlawanan Aceh juga terorganisir oleh para ulama, sehingga Belanda sangat sulit menaklukan perlawanan rakyat Aceh.  Selain itu, perlawanan ini juga menjadi perlawanan yang paling kuat dan panjang dalam sejarah perlawanan di Indonesia. Bahkan untuk menaklukan perlawanan rakyat Aceh, Belanda mengutus Snouck Hurgronje untuk meneliti budaya dan karakter rakyat Aceh. Akhirnya Hurgronje menyarankan agar pemerintah Belanda menggempur pertahanan Aceh bertubi-tubi agar mental rakyat semakin terkikis, dan terpecah-belah menjadi beberapa kelompok. Ternyata taktik ini berhasil mengurangi perlawanan rakyat Aceh, sehingga perlahan Belanda mampu menguasai Aceh pada awal tahun 1900-an.

Perang Pattimura

Pada 1817, Belanda juga berusaha menguasai Maluku dengan monopoli perdagangan. Rakyat Maluku yang dipimpin Thomas Matulessy (Pattimura) menolaknya dan melakukan perlawanan terhadap Belanda. Pertempuran sengit terjadi di benteng Duurstede, Saparua.

Belanda mengerahkan pasukan secara besar-besaran, hingga rakyat Maluku terdesak. Hal itu diperparah dengan tertangkapnya Patimura, sehingga perjuangan rakyat Maluku melemah. Perlawanan rakyat Maluku sangat bergantung pada tokoh sentral, sehingga ketika pemimpin dapat ditaklukan maka daerah tersebut dengan mudah dikuasai. Selain Pattimura terdapat juga pejuang wanita dari Maluku yang ikut berjuang yaitu Martha Christina Tiahahu yang juga berhasil ditangkap oleh Belanda.


10. Perhatikan Peta Pulau Jawa berikut!

Sumber Peta: https://ms.wikipedia.org/wiki

Daerah simbol warna merah bulat pada peta di atas merupakan pusat dari salah satu Kerajaan Hindu-Buddha yang bercorak maritim. Pusat kerajaan tersebut terletak di tepi sungai. Berikut analisis fakta yang benar tentang kerajaan yang ditunjukan oleh simbol warna merah tersebut adalah....

A. Kerajaan tersebut dipimpin oleh seorang raja yang cakap

B. sistem ekonomi yang diandalkan oleh kerajaan tersebut adalah agraris

C. pernah dilakukan Ekspedisi Pamalayu yang bertujuan untuk melepaskan pengaruh Sriwijaya atas Melayu sekaligus memperluas wilayah

D. masyarakat pada kerajaan tersebut mayoritas beragama Hindu dan sebagian telah mendapatkan pengaruh Islam

E. Wilayah kekuasaannya kerajaan tersebut hampir meliputi seluruh Nusantara

Jawaban: C

Pembahasan:

Simbol warna merah pada peta tersebut menunjukkan pusat Kerajaan Singasari yang diperkirakan terletak di sebelah timur Gunung Kawi, di hulu Sungai Brantas Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kerajaan Singasari merupakan kerajaan yang bercorak agraris sekaligus maritim. Kondisi alam berupa sungai Brantas mampu menunjang kedua aspek ekonomi tersebut. Sungai Brantas digunakan untuk penyaluran barang-barang komoditas dari pedalaman ke daerah pesisir, lalu dipasarkan melalui kegiatan pelayaran dan perdagangan antarbangsa. Kegiatan maritim telah dirintis sejak masa pemerintahan Kertanegara. Raja Kertanegara berusaha membangun armada maritim yang kuat dengan menjadikan Hujunggaluh dan Tuban sebagai pusat kekuatan angkatan lautnya.  Pada tahun 1275, Kertanegara mengirimkan Ekspedisi Pamalayu dengan armada laut yang dipimpin Jalanesapati Mahisa Anabrang. Tujuan ekspedisi tersebut adalah melepas pengaruh Sriwijaya atas Melayu, sekaligus memperluas pengaruh Singasari dalam menghalangi invasi Mongol ke Nusantara. Ekspedisi Pamalayu berhasil pada tahun 1286, Raja Melayu Tribhuwanaraja Mauliwarmadewa mengakui kekuasaan Kertanegara, dengan begitu Singasari berhasil mendapat kawan untuk menghadapi invasi Mongol. Masyarakat Singasari yang beragama Hindu maupun Buddha hidup berdampingan pada masa Kertanegara berkuasa. Hal yang menarik dalam kehidupan masyarakat itu adalah sinkretisme antara dua agama tersebut sehingga melahirkan aliran Tantrayana.


11.Sebuah perusahaan besar mengadakan undian untuk acara amal. Nomor undian yang dibagikan terdiri atas 8 digit. Digit pertama merupakan huruf dengan huruf kecil dan kapital dibedakan. Sementara 7 digit lainnya disusun oleh angka 1, 3, dan 6. Misalkan a menyatakan banyak cara menyusun nomor undian dengan angkanya boleh berulang. Sementara b menyatakan banyak cara menyusun nomor undian dengan angka 3 dan 6 masing-masing hanya boleh berulang 4 dan 2 kali. Nilai dari a − 10b = …

A. 29.562

B. 108.264

C. 54.132

D. 16.692

E. 59.124

Jawaban: E

Pembahasan:

Diketahui:

- nomor undian terdiri atas 8 digit;

- digit pertama merupakan huruf dengan huruf kecil dan kapital dibedakan; serta

- tujuh digit lainnya disusun oleh angka 1, 3, dan 6.

Oleh karena ada 26 huruf kecil yaitu a, b, c, …, z dan 26 huruf kapital yaitu A, B, C, …, Z, maka ada 2(26) = 52 pilihan huruf untuk mengisi digit pertama.

Mula-mula, tentukan nilai a.

Oleh karena a menyatakan banyak cara menyusun nomor undian dengan angkanya boleh berulang dan ada 3 pilihan angka yang tersedia yaitu 1, 3, dan 6, maka untuk digit ke-2 sampai 8, diperoleh:

banyak perulangan = banyak digit = r = 7; dan

banyak unsur yang berulang = banyak angka = n = 3.

Dengan bantuan rumus permutasi berulang P = nr, nilai a dapat ditentukan sebagai berikut.

Selanjutnya, tentukan nilai b.

Oleh karena b menyatakan banyak cara menyusun nomor undian dengan angka 3 dan 6 masing-masing hanya boleh berulang 4 dan 2 kali, maka untuk digit 2 sampai 8, diperoleh:

n = banyak digit = 7

r1 = banyak angka 1 = 1

r2 = banyak angka 3 = 4

r3 = banyak angka 6 = 2

Dengan bantuan rumus permutasi unsur yang sama, nilai b dapat ditentukan sebagai berikut.

Ini berarti:

Jadi, nilai dari a − 10b = 59.124.


12. Di sebuah peternakan terdapat 32 sapi yang akan disembelih. Pak Anton dan Pak Budi bersedia menyembelih semua sapi dalam waktu 4 jam 40 menit. Pak Budi dan Pak Chandra siap menyembelih semua sapi dalam waktu 2 jam 48 menit. Sementara Pak Anton dan Pak Chandra siap menyembelih semua sapi dalam waktu 2 jam 20 menit. Berdasarkan informasi yang diberikan, pernyataan berikut yang benar adalah…

(1) Dalam 2 jam dapat disembelih 1 sapi jika ketiganya bekerja bersama-sama.

(2) Banyak sapi yang dapat disembelih dalam waktu 1 jam 15 menit adalah 20 ekor jika ketiganya bekerja bersama-sama.

(3) Jika dalam waktu 50 menit, selama 15 menit pertama ketiganya bekerja bersama-sama, kemudian dilanjutkan oleh Pak Anton dan Pak Budi saja, banyak sapi yang dapat disembelih adalah 16 ekor.

A. semua pernyataan salah

B. (2) saja

C. Semua pernyataan benar

D. (3) saja

E. (1) saja

Jawaban: B

Pembahasan:

Diketahui banyak sapi seluruhnya = 32 ekor.

Mula-mula, hitung waktu Pak Anton, Pak Budi, dan Pak Candra bersama-sama menyembelih 32 sapi.

Misalkan:

a = kecepatan Pak Anton menyembelih 32 sapi

b = kecepatan Pak Budi menyembelih 32 sapi

c = kecepatan Pak Chandra menyembelih 32 sapi

Pak Anton dan Pak Budi bersedia menyembelih semua sapi dalam waktu 4 jam 40 menit (4(60) + 40 = 280 menit). Ini berarti:

Pak Budi dan Pak Chandra siap menyembelih semua sapi dalam waktu 2 jam 48 menit (2(60) + 48 = 168 menit). Ini berarti:

Pak Anton dan Pak Chandra siap menyembelih semua sapi dalam waktu 2 jam 20 menit (2(60) + 20 = 140 menit). Ini berarti:

Jumlahkan persamaan (1), (2), dan (3).

Persamaan (4) berarti jika Pak Anton, Pak Budi, dan Pak Candra bekerja bersama-sama, 32 sapi dapat disembelih dalam 120 menit atau 2 jam. Dengan demikian, pernyataan (1) bernilai salah.

Selanjutnya, uji nilai kebenaran pernyataan (2) dan (3).

Untuk pernyataan (2): Banyak sapi yang dapat disembelih dalam waktu 1 jam 15 menit adalah 20 ekor jika ketiganya bekerja bersama-sama.

Oleh karena 32 sapi dapat disembelih dalam waktu 120 menit, maka dapat dicari nilai x = banyak sapi yang disembelih dalam waktu 1 jam 15 menit (60 + 15 = 75 menit) sebagai berikut.

Nilai x dapat dihitung dengan perbandingan senilai berikut.

Ini berarti, banyak sapi yang dapat disembelih dalam waktu 1 jam 15 menit adalah 20 ekor jika ketiganya bekerja bersama-sama. Dengan demikian, pernyataan (2) benar.

Untuk pernyataan (3): Jika dalam waktu 50 menit, selama 15 menit pertama ketiganya bekerja bersama-sama, kemudian dilanjutkan oleh Pak Anton dan Pak Budi saja, maka banyak sapi yang dapat disembelih adalah 16 ekor.

Misalkan: y = banyak sapi yang dapat disembelih pada 15 menit pertama jika ketiganya bekerja bersama-sama.

Nilai y dapat dihitung dengan perbandingan senilai berikut.

Oleh karena Pak Anton dan Pak Budi bersedia menyembelih semua sapi dalam waktu 4 jam 40 menit atau 280 menit, maka z = banyak sapi yang dapat disembelih pada 50 – 15 = 35 menit dapat ditentukan sebagai berikut.

Nilai z dapat dihitung dengan perbandingan senilai berikut.

Ini berarti, banyak sapi yang disembelih dalam 50 menit tersebut adalah y + z = 4 + 4 = 8 ekor.

Dengan demikian, pernyataan (3) bernilai salah.

Jadi, pernyataan yang benar adalah (2) saja.


13. Dalam asasnya, Partai Nasional Indonesia (PNI) mengemukakan bahwa syarat terpenting untuk perbaikan nasib bangsa Indonesia ialah kemerdekaan nasional. Perjuangan PNI menemukan secercah harapan ketika pada 17-18 Desember 1927 berhasil memelopori pembentukan Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) sebagai wadah bagi organisasi sosial-politik seluruh Indonesia. Hal tersebut bisa menopang keberhasilan perjuangan dari setiap bangsa yang ingin merdeka dan berdaulat karena dapat meningkatkan…

A. asimilasi sosial

B. integrasi sosial

C. keadilan sosial

D. interaksi sosial

E. invensi sosial

Jawaban: B

Pembahasan:

Pendirian Partai Nasional Indonesia (PNI) bermula dari pemikiran beberapa anggota Algemenee Studie Club di Bandung, yakni Ir. Soekarno, Mr. Sunario, dr. Tjipto Mangunkusumo, serta Iskaq Tjokrohadisurjo. PNI secara resmi berdiri pada tanggal 4 Juli 1927. Dalam asasnya, PNI mengemukakan bahwa syarat terpenting untuk perbaikan nasib bangsa Indonesia ialah kemerdekaan nasional. Oleh karenanya, semua pihak harus menyatukan tekad dan kekuatan untuk memerdekakan Indonesia. 

Perjuangan PNI menemukan secercah harapan ketika pada 17-18 Desember 1927 berhasil memelopori pembentukan Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) sebagai wadah bagi organisasi sosial-politik seluruh Indonesia. Keberhasilan perjuangan bergantung pada integrasi sosial atau persatuan dari segenap elemen bangsa. Dengan persatuan dan kesatuan, apapun hambatan dari pihak kolonial atau penjajahan akan dapat diatasi sehingga kemerdekaan dan kedaulatan yang dicita-citakan organisasi pergerakan nasional dapat lebih cepat tercapai. Terbukti kemudian, pergerakan nasional menjadi lebih terarah dan terorganisasi sejak terintegrasi dengan baik.


14. Inca memiliki wilayah yang sangat luas, meliputi wilayah Peru, Bolivia, Cile, Brazil, dan Ekuador. Selain ibu kota yang bertempat di Cuzco, bangsa Inca juga memiliki kota kuno lainnya yang sangat penting, yaitu di Manchupicu. Peninggalan bangsa Inca umumnya berupa bangunan istana megah yang terbuat dari batu dengan ukiran-ukiran besar di dalamnya. Untuk mengatur pemerintahan di wilayahnya tersebut, kerajaan Inca menerapkan sistem otonomi yang bernama Ayllu sehingga kerajaan Inca memiliki…

A. kebebasan untuk membuat keputusan sendiri

B. kewajiban daerah menyertakan upeti

C. kebebasan memperkaya daerah sendiri

D. kekuasaan yang bersifat terpusat

E. keharusan daerah menyerahkan kedaulatan

Jawaban: A

Pembahasan:

Inca memiliki wilayah yang sangat luas, meliputi wilayah Peru, Bolivia, Cile, Brazil, dan Ekuador. Selain ibukota yang bertempat di Cuzco, bangsa Inca juga memiliki kota kuno lainnya yang sangat penting, yaitu di Manchupicu. Peninggalan bangsa Inca umumnya berupa bangunan istana megah yang terbuat dari batu dengan ukiran-ukiran besar di dalamnya. Untuk mengatur pemerintahan di wilayahnya tersebut, kerajaan Inca menerapkan sistem otonomi yang bernama Ayllu. 

Otonomi bermakna adanya wewenang daerah atau wilayah untuk menyelenggarakan pemerintahan sendiri dan membuat berbagai keputusan guna mengatur daerahnya dengan tetap menghormati peraturan perundang-undangan. Dalam sistem pemerintahan modern, bidang politik luar negeri, pertahanan keamanan, peradilan, moneter, fiskal, dan agama dikecualikan dari wewenang otonomi yang dimiliki daerah.

Jadi, kerajaan Inca memiliki kebebasan untuk membuat keputusan sendiri.


15.Taman Nasional Lore Lindu (Sulawesi) membentang sekitar 217.991.18 ha dengan ketinggian mencapai 1.000 mdpl. Hutan dan pegunungan merupakan vegetasi utama yang ada di taman nasional di Provinsi Sulawesi Tengah ini. Daerah ini merupakan wilayah peralihan antara zona Asia dan Australia atau yang biasa kita kenal dengan garis Wallace itu sebabnya kawasan taman nasional memiliki jenis flora dan fauna endemik Sulawesi dan bentangan alam yang sangat indah. Agar keberadaan kawasan konservasi didukung oleh masyarakat, meminjam konsep sosiologi, sangat tepat jika mendayagunakan…

A. mekanisme arbitrase

B. alur mediasi

C. modal ekonomi

D. manajemen konflik

E. modal sosial

Jawaban: E

Pembahasan:

Taman Nasional Lore Lindu (Sulawesi) membentang sekitar 217.991.18 ha dengan ketinggian mencapai 1.000 mdpl. Hutan dan pegunungan merupakan vegetasi utama yang ada di taman nasional di Provinsi Sulawesi Tengah ini. Daerah ini merupakan wilayah peralihan antara zona Asia dan Australia atau yang biasa kita kenal dengan garis Wallace itu sebabnya kawasan taman nasional memiliki jenis flora dan fauna endemik Sulawesi dan bentangan alam yang sangat indah. Agar keberadaan kawasan konservasi didukung oleh masyarakat, meminjam konsep sosiologi, sangat tepat jika mendayagunakan modal sosial (social capital).

Salah satu definisi yang dianggap cukup mewakili dikemukakan oleh Fukuyama (1995) bahwa modal sosial merupakan serangkaian nilai-nilai atau norma-norma informal yang dimiliki bersama di antara para anggota suatu kelompok masyarakat yang memungkinkan terjalinnya kerja sama. Modal sosial diyakini sebagai salah satu komponen utama penggerak kebersamaan, mobilitas ide, saling percaya, dan saling menguntungkan untuk mencapai kemajuan bersama.


16. Perhatikan gambar berikut ini.

Fenomena yang tertera pada bentuk interpretasi pada citra tersebut sering ditemui pada…

A. wilayah hulu dari sungai induk

B. wilayah hilir dari sungai induk

C. daerah aliran sungai secara vertikal

D. wilayah dengan kemiringan lereng di atas 30o 

E. wilayah hutan lindung

Jawaban: B

Pembahasan:

Interpretasi citra adalah cara yang dilakukan mengkaji foto udara dan atau citra dengan maksud untuk mengidentifikasi objek dan menilai arti pentingnya objek tersebut. Gambar pada soal merupakan gambar yang diambil menggunakan citra satelit google earth, yang berfungsi untuk dapat melihat pertumbuhan dan perkembangan suatu wilayah dari atas untuk dapat melihat pola-pola yang terbentuk dan berkaitan dengan penentuan kebijakan dalam hal pembangunan wilayah berikutnya.

Untuk dapat menginterpretasi fenomena geosfer yang berkelok-kelok tersebut, dapat menggunakan beberapa unsur interpretasi citra berupa bentuk yang mudah terlihat dan juga unsur rona, yakni tingkat kecerahan yang muncul dari objek. Rona cerah yang timbul pada garis di foto udara sesuai dengan sifat perairan, di mana air cenderung memantulkan sinar kembali.

Fenomena yang ingin digambarkan adalah daerah aliran sungai, sedangkan DAS dengan ciri berkelok dapat dengan mudah ditemui pada wilayah hilir suatu sungai induk, karena mengalami erosi secara horizontal dengan arus yang lambat.


17. Kohesi kelompok mengacu pada adanya sejumlah faktor yang memengaruhi anggota kelompok untuk mempertahankan keanggotaannya. Kohesi amat penting guna menyatukan beragam anggota menjadi satu kelompok. Bila dihubungkan dengan bahasan psikologi sosial, ada sejumlah faktor yang memengaruhi tinggi atau rendahnya kohesi kelompok, kecuali…

A. kemampuan kelompok untuk memenuhi kebutuhan anggotanya

B. kejelasan tujuan kelompok

C. kesesuaian karakteristik kelompok dengan nilai pribadi bangsa

D. kejelasan langkah-langkah pencapaian tujuan

E. keyakinan bahwa banyak kelompok yang juga menguntungkan selain kelompoknya

Jawaban: E

Pembahasan:

Kohesi kelompok mengacu pada adanya sejumlah faktor yang memengaruhi anggota kelompok untuk mempertahankan keanggotaannya. Kohesi amat penting guna menyatukan beragam anggota menjadi satu kelompok. Bila dihubungkan dengan bahasan Psikologi Sosial, ada sejumlah faktor yang memengaruhi tinggi atau rendahnya kohesi kelompok, di antaranya, ialah kejelasan tujuan kelompok, kejelasan langkah-langkah pencapaian tujuan, kesesuaian karakteristik kelompok dengan nilai pribadi anggota, kemampuan kelompok untuk memenuhi kebutuhan anggotanya, jalinan kerja sama antaranggota, serta keyakinan bahwa kelompok bersangkutan lebih menguntungkan dibanding kelompok lainnya.

Semakin tinggi kohesi kelompok, maka anggota-anggotanya pun kian nyaman berada di dalam kelompok, menyukai anggota lainnya, lebih terbuka mengemukakan ide atau gagasan positif, dan bersedia berkontribusi maksimal bagi kelompok.

Jadi, faktor  yang tidak memengaruhi tinggi atau rendahnya kohesi adalah keyakinan bahwa banyak kelompok yang juga menguntungkan selain kelompoknya.


18. Perhatikan penggalan artikel berikut.

Para pedagang di pasar penampungan Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan meminta pemerintah memindahkan mereka ke los D. Hal ini sekaligus menolak usulan pihak koperasi Pasar Blok A sebelumnya, yakni memindahkan sementara para pedagang korban kebakaran ke kawasan Pondok Pinang, Kebayoran lama, Jakarta Selatan.

“Kami maunya malah dipindahkan di kawasan los D, kalau Pondok Pinang terlalu jauh,” ujar Turas (52), pedagang ayam potong yang menjadi korban kebakaran saat ditemui di pasar penampungan Blok A, Jumat (8/3/2019).

Sumber: https://megapolitan.kompas.com

Bila dihubungkan dengan bentuk mobilitas sosial, penggalan artikel di atas menunjukkan berlangsungnya…

A. mobilitas antargenerasi ke atas

B. mobilitas lateral

C. mobilitas sosial vertikal

D. sanskritisasi

E. mobilitas sosial horizontal

Jawaban: B

Pembahasan:

Mobilitas lateral merupakan perpindahan geografis antarlingkungan setempat, kota, dan desa. Perpindahan ini bisa mengakibatkan mobilitas sosial horizontal maupun vertikal. Contohnya, para pedagang di pasar penampungan Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan meminta pemerintah memindahkan mereka ke los D.

Jadi, penggalan artikel di atas menunjukkan berlangsungnya mobilitas lateral.


19. Pada tahun 2009, Indonesia kurang bergantung pada ekspor sehingga kemungkinan akan dapat menahan dampak krisis global 2008 lebih baik daripada negara tetangga. Tetapi karena banyak dari 240 juta warganya hidup di sekitar garis kemiskinan, membuat kelesuan ekonomi apa pun akan membawa dampak bagi Indonesia. Penurunan ekspor dan perlambatan pertumbuhan investasi sebagai sumber pertumbuhan ekonomi terus terjadi pada tahun 2009. Untuk menjaga kemerosotan pertumbuhan ekonomi, konsumsi masyarakat diupayakan untuk tetap dijaga dengan menjaga daya beli masyarakat melalui pengendalian inflasi dan berbagai program pengurangan kemiskinan. Di samping itu, efektivitas pengeluaran pemerintah juga ditingkatkan dengan program stimulus untuk menjaga daya beli masyarakat dan peningkatan investasi.

Diadaptasi dari: https://www.bi.go.id

Pengembangan kebijakan moneter yang dapat dievaluasi Bank Indonesia untuk menjaga daya beli masyarakat dan mengendalikan inflasi tersebut salah satunya ialah dengan…

A. menerapkan uang primer (base money) sebagai sasaran kebijakan moneter 

B. menaikkan nilai jual saham dan obligasi

C. menentukan kerangka kerja dalam Inflation Targeting Framework (ITF) 

D. meningkatkan tarif pajak penghasilan dan pajak bangunan

E. mengintegrasikan kebijakan moneter dengan kebijakan fiskal yang sudah ditentukan

Jawaban: C

Pembahasan:

Berpijak pada pengalaman krisis keuangan global 2008/2009, salah satu pelajaran penting yang mengemuka adalah diperlukannya fleksibilitas yang cukup bagi bank sentral untuk merespons perkembangan ekonomi yang semakin kompleks dalam memengaruhi stabilitas ekonomi makro, dalam hal ini ialah pengendalian inflasi termasuk di dalamnya menjaga daya beli masyarakat. Berdasarkan perkembangan tersebut, Bank Indonesia membentuk kerangka kerja yang dinamakan Inflation Targeting Framework (ITF) (yang kemudian diperkuat menjadi flexible ITF), dengan penggunaan suku bunga sebagai sasaran operasional.

Kerangka kerja ini diterapkan secara formal sejak 1 Juli 2005, setelah sebelumnya menggunakan kebijakan moneter yang menerapkan uang primer (base money) sebagai sasaran kebijakan moneter. ITF adalah sebuah pendekatan dalam kebijakan moneter yang ditandai dengan pengakuan eksplisit bahwa inflasi adalah tujuan utama dari kebijakan moneter.

Flexible ITF dibangun dengan tetap berpijak pada elemen-elemen penting ITF yang telah terbangun. Elemen-elemen pokok ITF termasuk pengumuman sasaran inflasi kepada publik, kebijakan moneter yang ditempuh secara forward looking, dan akuntabilitas kebijakan kepada publik tetap menjadi bagian inherent dalam Flexible ITF. Kerangka Flexible ITF dibangun berdasarkan 5 (lima) elemen pokok.

- Pertama, inflasi tetap merupakan target utama kebijakan moneter.

- Kedua, pengintegrasian kebijakan moneter dengan kebijakan makroprudensial untuk memperkuat transmisi kebijakan dan mendukung stabilitas makroekonomi.

- Ketiga, penguatan kebijakan nilai tukar dan arus modal dalam mendukung stabilitas makroekonomi.

- Keempat, penguatan koordinasi kebijakan antara Bank Indonesia dengan pemerintah baik untuk pengendalian inflasi maupun stabilitas sistem keuangan.

- Kelima, penguatan komunikasi kebijakan sebagai bagian dari instrumen kebijakan.


20. Pada tanggal 1 Januari 2018, total aset perusahaan A adalah Rp125.000.000 dan pada tanggal 31 Desember 2018 total aset perusahaan tersebut adalah Rp145.000.000. Pada tanggal 1 Januari 2019 jumlah kewajiban perusahaan A adalah Rp110.000.000 dan pada tanggal 31 Desember 2019 jumlah kewajiban perusahaan A adalah Rp115.000.000,00. Hal yang terjadi dengan perubahan ekuitas pemegang saham perusahaan A untuk tahun 2013 adalah…

A. tidak terjadi perubahan ekuitas

B. ekuitas meningkat sebesar Rp15.000.000

C. ekuitas meningkat sebesar Rp30.000.000

D. ekuitas turun sebesar Rp15.000.000

E. ekuitas turun sebesar Rp30.000.000

Jawaban: B

Pembahasan:

Dalam analisis neraca pada laporan keuangan, nilai aset harus sama dengan nilai kewajiban dan ekuitas. Artinya, untuk menentukan seberapa besar perubahan ekuitas perlu dilakukan penghitungan terhadap keseimbangan aktiva dan pasiva. Adapun penghitungannya adalah sebagai berikut.

Gimana? Pastinya bisa dengan mudah mengerjakan soal tersebut. Jika masih kesulitan menyelesaikannya kamu cukup tambah waktu belajarmu dengan mengerjakan soal latihan atau prediksi soal ujian mandiri Unversitas Negeri Malang. Dengan begitu, dijamin kamu tidak akan kesulitan lagi dan khawatir menghadapi Ujian Mandiri untuk menuju kampus impian. Jadi tetap semangat belajar dan jangan menyerah ya.