Jadwal dan Juknis KSN (OSN) Daring Jenjang SD SMP SMA Tahun 2020

Jadwal dan Juknis KSN (OSN) Daring Jenjang SD SMP SMA Tahun 2020



Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi siswa jenjang SD, SMP dan SMA di Indonesia. Kegiatan ini merupakan wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran agar lebih kreatif dan inovatif. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 45 tahun 2019 tentang organisasi dan tata kerja kementrian pendidikan dan kebudayaan, telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal. 

Berdasarkan data tahun 2016 dari Kementrian Komunikasi dan Informatika, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, menyajikan data akses rumah tangga terhadap internet untuk untuk seluruh pulau di Indonesia belum merata, namun diharapkan hal ini tidak akan menjadi hambatan dan kendala dalam pelaksanaan KSN secara Daring. 

Tujuan dari kegiatan KSN adalah untuk memaksimalkan potensi siswa dari pelosok NKRI, sehingga akan lahir juara-juara sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi untuk bertarung pada kancah internasional. 

Dengan kerjasama dari semua pihak, baik dari peserta, orang tua, panitia, dan juri, harapannya kegiatan berjalan dengan lancar dengan mematuhi protokol kesehatan. 

Pada Jenjang SD, dengan tema yang diusung “ dengan belajar secara tidak langsung, namun tetap semangat berprestasi dari rumah”, peserta akan berkompetisi di bidang Matematika dan bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dengan tujuan akan mengembangkan bakat dan minat peserta, dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan mampu mencipta teknologi di masa depan. 

Lomba akan dilaksanakan mulai dari tingkat sekolah, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Pada tingkat provinsi akan diadakan pada tanggal 28 september 2020 dan tingkat nasional pada tanggal 31 oktober hingga 5 november 2020. 

Petunjuk Teknis untuk Tingkat Provinsi : 


1. Tes dilaksanakan selama 60 menit untuk masing-masing bidang kompetensi. 

2. Soal seleksi bidang kompetensi : 

a. Matematika terdiri dari 30 soal, meliputi 15 soal pilihan ganda dengan waktu 20 menit dan 15 soal isian singkat dengan waktu 40 menit. 

b. IPA terdiri dari 60 soal pilihan ganda. 

Petunjuk Teknis untuk Tingkat Nasional : 


1. Tes Bidang Kompetensi Matematika : 

a. Tes hari pertama : 

· Tes I isian singkat 30 soal selama 90 menit. 

· Istirahat 30 menit 

· Tes II uraian 10 soal selama 90 menit 

b. Tes hari kedua 

Eksplorasi 8 soal selama 120 menit. 

2. Tes Bidang Kompetensi IPA 

a. Tes hari pertama : 

· Tes I pilihan ganda 60 soal selama 60 menit 

· Istirahat 30 menit 

· Tes II isian singkat berbasis video tematik 20 soal selama 60 menit. 

b. Tes hari kedua : 

30 peserta dengan skor tertinggi pada tes 1 dan 2 dalam bentuk tes lisan secara daring dengan waktu maksimal 30 menit per peserta. 

Untuk jenjang SMP, ada 3 bidang yang dilombakan, yaitu bidang Matematika, bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dengan tingkatan mulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi hingga tingkat nasional. 

Mekanisme Pelaksanaan Lomba : 


1. Tingkat Sekolah dilakukan dengan 2 cara yaitu seleksi berdasarkan telaah portofolio prestasi atau tes tertulis. 

2. Tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi dilakukan melalui tes tertulis. 

3. Tingkat Nasional dilakukan melalui : 

- a. Tes tertulis pada bidang matematika, 

- b. Tes teori dan eksperimen pada bidang lomba IPA 

- c. Tes teori dan keterampilan pada bidang lomba IPS. 

Waktu dan pelaksanaan lomba pada tingkat kabupaten/kota akan dilaksanakan pada tanggal 29 september 2020 dan pada tingkat nasional akan dilaksanakan pada tanggal 31 oktober hingga 5 november 2020. 

Sedangkan pada jenjang SMA, ada 9 bidang yang dilombakan, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi. 

Jadwal Pelaksanaan : 
  • 1. Seleksi tingkat sekolah (KSN-S) akan diadakan pada bulan januari 2020 di sekolah masing-masing dengan penanggung jawabnya yaitu Kepala Sekolah. 
  • 2. Seleksi tingkat kab/kota (KSN-K) dilaksanakan pada tanggal 18 februari 2020 di 51 kabupaten/kota dengan penanggung jawab yaitu Dinas Pendidikan Provinsi. 
  • 3. Seleksi tingkat provinsi (KSN-P) dilaksanakan pada tanggal 14 s.d 16 april 2020 di 34 provinsi dengan penanggung jawab Dinas Pendidikan Provinsi. 
  • 4. Seleksi Tingkat Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 17 juni 2020 di kota pangkalpinang, provinsi bangka belitung dengan penanggung jawabnya yaitu Pusat Prestasi Nasional.