Cara Menerapkan Nilai Asesmen Merdeka Belajar

Cara Menerapkan Nilai Asesmen Merdeka Belajar



Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi salah satu pondasi penting untuk para siswa agar bisa melakukan pembelajaran secara efektif. Beberapa waktu yang lalu, Nadiem Makarim telah berpidato dalam ragka Hari Guru Nasional yang ungkapannya membuat banyak orang terbangun atau tersentuh, yakni merdeka belajar. 

Konsep merdeka belajar dan guru penggerak pun menjadi salah satu inspirasi dan dipuji. Hal itu terjadi setelah pelaksanaan upacara Bendara dalam memperingati Hari Guru Nasional. Meteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menjelaskan akan hal itu. 

“Esensi pidato hari ini ada dua sih poin yang terpenting, yang satu merdeka belajar dan yang kedua adalah guru penggerak. Apa itu artinya merdeka belajar? Itu artinya unit pendidikan yaitu sekolah, guru-guru, dan murid-muridnya punya kebebasan. Kebebasan untuk berinovasi, kebebasan untuk belajar dengan mandiri dan kreatif. Saya sadar bahwa saya tidak hanya meminta dan mengajak guru untuk melakukan hal ini. Saya PR di bagian Kemendikbud dan juga di dinas pendidikan untuk memberikan ruang inovasi” ujar Nadiem Makarim. 

Selain itu, Asesmen merdeka belajar juga diutarakan langsung oleh Program Manager Sekolah Cikal, Marsaria Primadonna. 

“Mengapa asesmen merdeka belajar? Kenapanya adalah karena disini murid memiliki peran sebagai asesor. Jadi gurunya memiliki peran sebagai fasilitator. Murid biasanya memonitor pembelajarannya sendiri, murid yang mempunyai regulasi diri dalam belajarnya” Ujar Marsaria Primadonna. 

Adanya asesmen merdeka belajar juga memiliki tujuan sendiri, yakni untuk mewujudkan pembelajaran yang berpusat kepada murid. Jika dibandingkan dengan ujian, seperti halnya ujian try out yang dilakukan selama beberapa kali, hal itu justru tidak akan membantu murid. Hal itu hanya akan membantu dalam ujian saja namun tidak dapat membantu murid untuk belajar. 

Dengan adanya asesmen belajar ini juga menjadikan banyaknya formatif asesmen dengan sesmen pembelajaran lainnya. Dimana murid akan melihat bagaimana proses yang dijalaninya sendiri dalam menjalankan sistem pembelajaran yang dilakukannya. Murid akan mengetahui seperti apa kemampuan siswa dalam belajar dan bagaimana cara meningkatkannya. Mereka harus bisa mengasah kemampuannya sendiri untuk bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya. 

Adanya sesmen belajar juga akan membantu terwujudnya profil pelajar pancasila. Perannya yang lebih banyak dan kemudian dia sendiri yang dapat menentukan proses pemebelajran yng dilakukan. Hal ini akan melatih regulasi diri pada setiap masing-masing siswa untuk mengasah kemampuannya. 


Bagaimana Cara Menerapkannya? 


Melihat adanya kebebasan dalam belajar, siswa harus bisa menerapkannya dengan baik dan dapat dilakukan secara maksimal. Jangan sampai siswa menyalahgunakan kewanangan yang sudah diberikan dalam sistem pembelajaran. Merdeka belajar ini bukan berarti memberikan kebebasan anda untuk tidak belajar. Melainkan beberapa hal harus anda bisa pelajari dengan sendirinya tanpa menggunakan bantuan dari gurunya. 

“Proses menjalankannya adalah belajar. Belajar yang mandiri, reflektif dan berdaya. Asesmen meredeka belajar, semuanya dari perspektif murid. Semua ini kitalakukan untuk murid kita dari murid untuk murid. Karena saya percaya apabila murid mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dalam belajarnya pasti akan membantu gurunya juga” ujar Marsaria Primadonna. 

Anda bisa menerapkannya langsung dalam sistem pembelajaran yang dapat anda lakukan sendiri. Anda bisa mendapatkan inovasi dengan sendirinya untuk melakukan hal-hal yang lebih efektif kedepannya. Hal ini akan sangat membantu bagaimana kepercayaan diri dan potensi yang ada di dalam diri anda untuk bisa mengembangkannya dengan baik. 

Untuk hasil yang didapatkan tergantung dari diri anda sendiri apakah mampu menerapkannya atau tidak. 

Pentingkah Asesmen Merdeka Belajar Untuk Diterapkan? 


Penting tidaknya asesmen merdeka belajar tergantung dari pribadi masing-masing dalam menerapkannya. Sangat penting untuk diterapkan dengan adanya merdeka belajar bagi para siswa. Dimana ada banyak manfaat yang bisa didapatkan bilamana asesmen merdeka belajar dapat diterapkan secara langsung. 

Siswa dapat melatih diri sendiri tanpa mendapatkan bantuan dari guru untuk menghasilkan suatu karya. Dengan adanya merdeka belajar menjadikan kreatifitas dari masing-masing siswa semakin terasah dengan sendirinya. Akan sangat penting bagi siswa bilamana menerapkan merdeka belajar. Hal ini akan bermanfaat bagi diri anda sendiri untuk kedepannya supaya menjadi lebih baik.