81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Contoh Proposal Pengajuan Dana Untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) UPDATE

Contoh Proposal Pengajuan Dana Untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) UPDATE
Cadiak.id - Terkadang kita mengalami hambatan dalam melaksanakan usaha, yang disebabkan berbagai hal salah satunya yaitu dana. Hal ini dapat diatasi dengan mengajukan permohonan proposal pengajuan dana kepada sponsor-sponsor yang bersedia untuk mendanai. Tentu saja dengan timbal-balik yang positif untuk pendana tersebut. Pada artikel kali ini kita khususkan untuk Contoh Proposal Pengajuan Dana Untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) UPDATE.

Sebelum terlalu jauh ke Contoh Proposal Pengajuan Dana Untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tersebut pastikan anda sudah memahami arti kata dari proposal tersebut. Proposal dalam arti kata KBBI adalah proposal/pro·po·sal/n rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Dalam bahasa inggris Proposal mempunyai arti "to propose" yang berarti mengajukan. Penawaran/Pengajuan itu bisa berupa ide, gagasan, pemikiran atau sebuah rencana kerja yang di tujukan kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan, baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, dana dan lain - lain. Proposal dapat juga diartikan sebagai sebuah tulisan yang dibuat oleh penulis yang mempunyai tujuan untuk melakukan penjabaran atau menjelaskan sebuah rencana dengan suatu tujuan atau kegiatan kepada pembaca atau pihak yang menjadi target.

Adapun Contoh Proposal Pengajuan Dana Untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) UPDATE dapat dilihat, serta diunduh melalui tautan dibawah ini:


Jika kita menilik pada Contoh Proposal Pengajuan Dana Untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) UPDATE diatas, terdapat point-point sebagai berikut yang tidak bersifat kaku, dan dapat disesuaikan:
  1. Cover
  2. Latar Belakang;
  3. Survey Pasar;
  4. Peluang Bisnis;
  5. Permasalahan;
  6. Solusi Permasalahan;
  7. Perencanaan Anggaran;
  8. Analisis SWOT;
  9. Kerjasama/Sponsorship;
  10. Kesimpulan.