Buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 UPDATE

Cadiak.id - Kemendikbud saat ini telah berhasil merancang dan menerbitkan Buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 UPDATE Revisi 2017, buku ini diterbitkan dengan konstruksi Kurikulum 2013 yang diperbaharui terakhir tahun 2017. Buku ini terbagi atas 2 versi, yaitu versi siswa dan versi guru. Buku ini tersedia PDF yang berarti dapat dibaca tanpa perlu di cetak ataupun di fotocopy, guru dan siswa dapat membaca buku ini cukup dari smartphone masing-masing.
Buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 UPDATE

Adapun dalam katalognya buku Buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 UPDATE ini diterbitkan dengan rincian sebagai berikut:
  1. Penelaah : DR. Vincentius Darmin Mbula, OFM dan Drs. Matheus Beni Mite, M.Hum
  2. Nihil Obstat : RP. FX. Adisusanto, SJ.,Lic.Th dan Kepala Dokpen KWI
  3. Imprimatur : Mgr. DR. John Liku Ada’ Pr dan Ketua Komkat KWI
  4. Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
  5. Untuk SMA Kelas XI.
Dalam laman disklaimer nya disampaikan bahwa Disklaimer: Buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 UPDATE Revisi 2017 merupakan buku siswa yang dipersiapkan oleh Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http:/./buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Pada bagian pengantar nya penulis Buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 UPDATE ini menyampaikan: Agama terutama bukanlah soal mengetahui mana yang benar atau yang salah. Tidak ada gunanya mengetahui tetapi tidak melakukannya, seperti dikatakan oleh Santo Yakobus: “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati” (Yakobus 2:26). Demikianlah, belajar bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah. Tidak sekadar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan. Begitulah Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan siswa berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan.

Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan, mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama peserta didik yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya, sesama manusia dan manusis dengan lingkungannya. Untuk itu pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter dalam pembentukan budi pekerti yang luhur. Karakter yang inginkita tanamkan antara lain: kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme, cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.

Bagi guru dapat mendownload dan membaca Buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 UPDATE melalui tautan dibawah ini:

Bagi siswa dapat mendownload dan membaca Buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 UPDATE melalui tautan dibawah ini: