81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tutorial Cara Mudah Cetak Kartu NUPTK 2020 LENGKAP BESERTA GAMBAR

Tutorial Cara Mudah Cetak Kartu NUPTK 2020 - Pada tahun 2020, sudah seharusnya semua guru memilik Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang selanjutnya disingkat NUPTK. NUPTK merupakan Nomor Induk bagi seorang Pendidik atau Tenaga Kependidikan dalam hal ini yaitu guru maupun dosen. 

NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap karena NUPTK yang dimiliki seorang PTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya.

Manfaat NUPTK:
  1. Berpartisipasi dalam sebuah proses/mekanisme pendataan secara nasional sehingga dapat membantu pemerintah dalam merencanakan berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi tenaga pendidik. 
  2. Mendapatkan nomor identifikasi resmi dan bersifat resmi dan bersifat nasional dalam mengikuti berbagai program/kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat/daerah.
Cara Cetak atau Print-out Kartu NUPTK 2020:
Step Pertama yaitu:
Buka website berikut ini:https://nuptk.opsbukal.my.id/, akan tampil seperti berikut:

Tutorial Cara Mudah Cetak Kartu NUPTK 2020
Step Kedua yaitu:
Cara Cetak atau Print-out Kartu NUPTK 2020:
  1. Isi form data pribadi anda pada website tersebut, dan jangan lupa upload foto 2x3 yang berformat .jpg;
  2. Setelah semua terisi dan foto sudah diupload kemudian tekan tombol proses;
  3. Foto yang anda upload akan muncul kemudian klik tombol Print.
NUPTK 2020

Step Terakhir:
Selamat kartu NUPTK telah berhasil dicetak.
Tutorial Cara Mudah Cetak Kartu NUPTK 2020