81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Buku Paket Bahasa Jawa Kelas 6 Kurikulum 2013

Buku Paket Bahasa Jawa Kelas 6 Kurikulum 2013 ini tidak diterbitkan langsung oleh Kementerian Pendiidkan dan Kebudayaan, pasalnya buku yang dimaksud tidak berlaku pada skala naisonal. Jadi bisa dikatakan bahwa buku ini hanya berlaku pada daerah jawa yang memang merupakan bahasa sehari-hari. Namun jika hanya sekedar sebagai bahan pembelajaran, mungkin buku yang kami bagikan ini akan sangat membantu.

Buku Paket Bahasa Jawa Kelas 6 Kurikulum 2013



Dilansir dari berbagai sumber mengenai buku Bahasa Jawa “ Tantri Basa”, memang secara khusus disusun dengan memperhatikan peraturan Gubernur No.19 tahun 2014, yakni mengenai pelajaran bahasa daerah sebagau muatan wajib pada jenjang sekolah dasar atau madrasah. Pergub tersebut jga memberikan pegangan kuat bagi para guru untuk melaksanakan dengan sunguh-sungguh pembenlajaran bahasa daerah.

Sebagai tindak lanjut, buku ini juga disusun untuk menyelesaikan masalah ketiadaan buku secara fisik untuk belajar beriringan dengan terbitnya pergub. Diharapkan, buku bisa diterima dan digunakan dalam pembelajaran sekolah atau madrahasa khususnya pada wilayah Jawa Timur.

Sebelum diterbitkan, tujuan pembuatan buku ialah memperoleh bahan ajar yang lebih sempurna. Namun penulis yang juga manusia, tentu tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Maka dari itu, kritik, saran ataupun masukan dari berbagai pihak, khususnya bagi mereka yang peduli terhadap pelestarian bahasa. Diharap bisa memberikan masukan untuk pengembangan dan pemetahanan bahasa daerah, sehingga menjadi salah satu budaya bangsa yang tetap bertahan.

Buku “Tantri Basa” mempunyai hak cipta yang diterbitkan pada tahun 2016, serta dipergunakan untuk bahan pembelajaran untuk jenjang sekolah dasar ataupun madrasah. Jika simak secara ringkas, berikut beberapa rincian mengenai buku terkait :
  • Judul : Tantri Basa
  • Jenjang Sekolah : SD/MI kelas 6 (VI) – ISBN 978-602-404-016-1 (Jilid Lengkap) / 978-602-404-027-7 (Jilid 6)
  • Tim Penyusun :  Dra. Rini Muryati, Dra. Agus Windarti, M.Pd., Drs. Teguh Prasetyo Wiyono, M.Pd.
  • Editor / Penyelia Penerbitan : Drs. Bambang Purnomo, M.S, Dra. Sri Sulistiani, M.Pd., Drs. Sukarman, M.Si.
  • Desain / Lay out : Latif Nur Hasan, S.Pd, M.Pd, 
  • Desain / Lay Out Cover : Rahmat Santosa, S.Pd M.M
  • Penerbit : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur
Untuk informasi lebih lanjut, pada dasarnya bisa dilihat langsung pada link file yang sudah disediakan. Baik itu dari sisi daftar isi, dan lain-lain yang masih terkait. Pasalnya, dalam buku dengan format pdf tersebut, anda sudah bisa mengecek beberapa hal yang mungkin dibutuhkan.

Nah yang menjadi pertanyaan disini adalah tentang bagaimana cara mengunduh atau mendownload buku? Jawabannya cukup sederhana, karena anda cukup dengan mengunjungi link dibawah, kemudian bisa menyimpannya langsung pada perangkat.

Buku Paket Bahasa Jawa Kelas 6 Kurikulum 2013


Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan, pada kesempatan lain kami akan berbagai mengenai buku yang lebih lengkap. Atau bisa juga dengan melihat postingan terkait pada bawah postingan ini.