81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Apa itu Aplikasi/ Plaftorm Merdeka Mengajar ?

Cadiak.id - Apa itu Aplikasi/Plaftorm Merdeka Mengajar ? Seperti yang kita ketahui bersama KEMDIKBUDRISTEK telah meluncurkan aplikasi baru untuk mendukung kinerja guru-guru di seluruh Indonesia, platform tersebut dinamakan Merdeka Mengajar!

Apa itu Aplikasi/ Plaftorm Merdeka Mengajar ?

Lantas sebagian dari kita masih belum mengetahui apa itu aplikasi/platform merdeka mengajar ? Untuk itu di postingan kali ini akan kami ulas secara ringkas!

Apa itu Platform Merdeka Mengajar ?

Platform teknologi untuk mendukung guru agar mengajar lebih baik, meningkatkan kompetensi, dan berkembang secara karier.

Siapa saja yang bisa menggunakan Platform Merdeka Mengajar ini ?

Untuk saat ini, Platform Merdeka Mengajar hanya bisa diakses dapat digunakan oleh semua guru (juga kepala sekolah) pada program Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan. Namun, jangan khawatir. Platform ini secara bertahap akan terus berkembang dan mengalami peningkatan.

Apa saja produk atau fitur yang dapat dimanfaatkan di Platform merdeka mengajar tersebut ?

Saat ini, produk yang tersedia adalah Produk Perangkat Ajar, dan Guru dapat mengakses fitur-fitur terkait modul ajar hingga buku teks di dalamnya. Namun, secara bertahap Guru akan segera menikmati produk dan fitur-fitur baru lainnya.

Apa itu produk perangkat ajar ?

Yaitu kumpulan materi pengajaran sesuai dengan mata pelajaran dan fase belajar yang diinginkan. Di sini, Guru dapat menemukan modul ajar dan buku teks yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan serta karakteristik murid.

Sudah mulai paham dengan platform merdeka mengajar rekancadiak? Lantas bagaimana car akses ke platform tersebut ya ?

Untuk mengakses platform tersebut sangatlah mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan pasang (install) aplikasinya dari Google Play Store bagi pengguna Android. Namun, nantinya Guru juga dapat mengakses Platform Merdeka Mengajar melalui komputer di https://guru.kemdikbud.go.id.;
  2. Pastikan sudah memiliki akun belajar.id untuk login;
  3. Masuk ke platform menggunakan akun belajar.id dan ikuti langkah selanjutnya.
Cukup sekian artikel mengenai Apa itu Aplikasi/ Plaftorm Merdeka Mengajar ? semoga penjelasan singkat di atas dapat bermanfaat ya rekancadiak!

Post a Comment

Post a Comment