Cara Menghitung Masa Benda Dengan Hukum Newton II

Bagaimana Cara Menghitung Masa Benda Dengan Hukum Newton II? Pertanyaan ini mungkin sudah terjawab saat anda membaca beberapa referensi dari internet. Tidak terkecuali artikel yang akan kami ulas ini.

Cara Menghitung Masa Benda Dengan Hukum Newton II

Tidak bisa dipungkiri jika matematika merupakan mata pelajaran yang tidak lepas dari berhitung. Dalam hal ini, banyak faktor yang hasilnya bisa diperoleh menggunakan rumus atau cara tertentu.


Dikarenakan matematika juga aktif digunakan dalam kehidupan sehari-hari, pastinya anda butuh referensi agar proses penghitungan tersebut bisa memperoleh hasil yang benar.


Seperti yang kita ketahui, gaya pada suatu benda secara umum bisa ditentukan dengan mengkalikan massa dan percepatan. Sehingga nantinya kita bisa memperoleh massa dari benda tersebut.


Dibawah ini merupakan contoh soal yang juga disertai dengan pemahasan dalam menentukan massa suatu benda, tentu dengan persamaan sesuai hukum Newton II.


Soal Dan Pembahasan

Sebuah bola dipukul dengan gaya 100 N, sehingga benda tersebut melambung dengan kecepatan 10 m/s. Pemukul menyentuh bola dalam waktu 0,2 sekon. Tentukan massa bola tersebut!


Penting diketahui, hukum Newton II berbunyi, “ Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus akan berbanding lurus dengan resultan gaya, dan berbanding terbalik dengan massa benda”.


Rumus atau bentum umum dari persamaan hukum Newton II ialah :

∑F = ma


Sedangkan menurut World of Physics, percepatan merupakan perubahan kecepatan tiap satuan waktu. Percepatan tersebut termasuk ke dalam besaran vektor yang mempunyai nilai dan arah.


Adapun persamaan dalam menentukan percepatan suatu benda ialah :

a = Δv / Δt 


Saat kita sudah mengetahui rumus persamaan, khususnya dalam menentukan suatu benda. Maka nantinya kita akan bisa menghitung massa dari benda tersebut.


Sekarang, mari kita selesaikan permasalahan pada soal yang sudah disebutkan di atas.


Diketahui :

- Gaya (F) = 100 N

- Kecepatan (v) = 10 m/s

- Waktu (t) = 0,2 s


Yang ditanyakan : Massa bola (m)


Penyelesaian Percepatan bola menggunakan rumus hukum Newton II

a = Δv / Δt 

a = (10 - 0) / (0,2 - 0) 

a = 10 / 0,2 

a = 50 m/s


Massa bola

F = ma 

100 = (m)(50) 

50m = 100 

m = 2 kg 


Dengan demikian, diketahui jika massa bola tersebut ialah 2 kg.


Secara dasar, ada begitu banyak rumus dan cara menghitung massa suatu benda. Akan tetapi, setiap individu mempunyai ciri dan cara penyelesaian yang berbeda. Sehingga langkah penyelesaian bisa dilakukan dengan cara yang paling dianggap mudah.


Demikianlah sedikit ulasan terkait cara menghitung massa benda dengan hukum Newton II. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan cek pada postingan terkait dibawah.